Ikan Belida Chitala lopis Kembali Ditemukan di Pulau Jawa

Artikel ini milik Greeners.co dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Ikan Belida Chitala lopis Kembali Ditemukan di Pulau Jawa
info gambar utama

Jakarta (Greeners) – Ikan belida Chitala lopis (C. lopis) muncul kembali di Pulau Jawa. Padahal, ikan tersebut sempat dinyatakan punah pada tahun 2020. Penemuan ini memperluas sebaran keberadaan C. lopis di tiga pulau, yakni Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Penemuan ikan belida Chitala lopis tersebut merupakan hasil dari penelitian antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Food and Agriculture Organization (FAO), dan sejumlah pihak lainnya. Kolaborasi riset tersebut telah menjawab persoalan taksonomi genus Chitala di Indonesia. Sebab, spesies belida ini terakhir ada di pulau Jawa 172 tahun yang lalu (tahun 1851).

Peneliti dan Kepala Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat BRIN, Arif Wibowo mengungkapkan, spesies yang termasuk Famili Notopteridae dan Ordo Osteoglossiformes adalah ikan purba. Ikan tersebut memiliki bentuk sirip seperti kipas.

BACA JUGA: Penemuan Spesies Baru Dorong Peneliti Gali Keanekaragaman Hayati

“Secara intraspesifik, jarak genetik C. lopis, C. hypselonotus, dan C. borneensis sangat rendah. Sehingga, pembeda gen mitochondrial antarspesies tidak identik.  Karakter morfologi C. lopis memiliki tinggi tubuh posterior dan panjang pre-dorsal lebih dominan daripada C. bornensis. Perkiraan evolusi C. lopis terjadi sejak 1.200 tahun yang lalu,” ungkap Arif melalui siaran pers.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini