Ilmuwan UI Buat Interior Otomotif dari Serat Rami, Inovatif!

Artikel ini milik Greeners.co dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Ilmuwan UI Buat Interior Otomotif dari Serat Rami, Inovatif!
info gambar utama

Guru Besar Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI), Tresna Priyana Soemardi sukses membuatinterior otomotif ramah lingkungan dari bahan dasar serat rami. Inovasiini merupakanyangpertamadi Indonesia.

Lewat inovasinya, Tresna berhasil mengembangkan material Pre-Impregnated (Prepreg) ramah lingkungan dengan nama Ramie Fiber Reinforced (RFR)–PolyLatctic Acid (PLA). Inovasi tersebut merupakan hasil kolaborasi bersama Laboratorium Komposit Université Paris Nanterre, Ville DAvray, Paris, Prancis dengan Laboratorium Perancangan Mekanikal, Biomekanik dan Sub-Lab Komposit, Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik UI.

Prepreg merupakan bahan komposit setengah jadi dalam proses pembuatan bahan. Komponennya terdiri dari matriks polimer alam (PLA) dan serat penguat alam dari pohon rami. Mulai 2020, penelitian ini hadir sebagai solusi bagi kebutuhan komoditas pasar Prepreg konvensional yang umumnya menggunakan serat sintetik seperti carbon, glass, dan kevlar.

BACA JUGA: Ilmuwan Unand Ciptakan Tinta Pemilu 2024 dari Daun Gambir

“Jika dibandingkan dengan Prepreg yang menggunakan fiber sintetik, Prepreg RFR-PLA memiliki harga yang lebih terjangkau. Bahkan, lebih ramah lingkungan, ringan, serta emisi yang lebih rendah,” ungkap Tresna lewat keterangan tertulis.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini