Inilah Perbedaan Reaktor Nuklir Fisi dan Fusi

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Inilah Perbedaan Reaktor Nuklir Fisi dan Fusi
info gambar utama

Prinsip Dasar Fisi dan Fusi

Tahukah sobat EBT Heroes bahwa reaktor nuklir dibagi berdasarkan jenis reaksi nuklirnya? Apakah pernah mendengar reaksi fisi dan reaksi fusi? Secara mendasar, reaksi fisi adalah proses pemecahan inti atom menjadi inti yang lebih kecil, melepaskan energi dalam bentuk panas dan radiasi. Di sisi lain, reaksi fusi merupakan proses penggabungan inti-inti atom menjadi inti yang lebih besar yang juga menghasilkan energi dalam jumlah besar. Untuk memperjelas konsep ini bagi Sobat EBT Heroes, terlampir gambar yang menggambarkan secara visual bagaimana reaksi fisi dan fusi dapat terbentuk.

Dalam reaksi fisi, inti atom terpecah menjadi inti yang lebih kecil, seperti yang diilustrasikan pada gambar (kanan) di atas. Sementara dalam reaksi fusi, dua inti atom ringan bergabung membentuk inti yang lebih berat, sesuai dengan gambar (kiri) yang tertera. Reaksi fusi memegang peranan utama dalam pembentukan sumber energi di alam semesta, dimana matahari dan bintang bersinar maupun terbentuk karena adanya proses reaksi fusi itu sendiri. Oleh karena itu, kita dapat melihat keterkaitan antara reaksi bom nuklir dengan reaksi fisi, sementara reaksi fusi sering disebut sebagai penciptaan “matahari buatan”.

Teknologi dan Bahan Bakar yang Digunakan Reaktor Nuklir Fisi dan Fusi

Setelah memahami perbedaan antara kedua jenis reaksi tersebut, ternyata reaktor nuklir memanfaatkan jenis reaksi yang berbeda. Namun, lebih banyak reaktor nuklir yang menggunakan reaksi fisi. Reaktor nuklir fisi menggunakan bahan bakar seperti uranium atau plutonium, yang memicu reaksi fisi. Sementara itu, reaktor nuklir fusi memanfaatkan bahan bakar isotop hidrogen, seperti deuterium dan tritium yang mengalami reaksi fusi dalam kondisi suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Sebagai contoh, reaktor nuklir dengan reaksi fisi biasanya memiliki beberapa tipe lain seperti PWR (pressurized-water reactor), BWR (boiling-water reactor), dan CANDU (Canada Deuterium Uranium), yang menggunakan sistem yang berbeda, tetapi mendasarkan pada konsep reaksi fisi yang sama.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini