Kebaya Diusulkan Menjadi Warisan Takbenda UNESCO, Keren Abis!

Artikel ini milik Indonesiabaik.id dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Kebaya Diusulkan Menjadi Warisan Takbenda UNESCO, Keren Abis!
info gambar utama

Indonesia beserta lima negara dari Asia Tenggara mengusulkan kebaya kepada UNESCO untuk dimasukkan ke dalam warisan budaya takbenda tahun 2023. Usulan ini dilakukan melalui proses nominasi bersama (joint nomination) yang telah disepakati oleh masing-masing negara selain Indonesia, yakni Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Adapun kelima negara tersebut telah membentuk hubungan budaya bersama atau shared culture.

Btw SohIB, meskipun pemilihan kebaya sebagai Intangible Cultural Heritage UNESCO ini dilakukan secara serempak, tetapi hal tersebut bukan berarti suatu negara mengakui atas hak paten atau kekayaaan intelektual warisan budaya, ya! Melainkan sebagai kontribusi negara pengusul dalam mempromosikan keberagaman budaya dan mendorong dialog antarkomunitas.

Kebaya adalah atasan yang biasa digunakan wanita di Indonesia dan beberapa negara melayu lainnya. Biasanya, pakaian ini akan dipadukan dengan batik, songket, atau kain tradisional lainnya. Kebaya digunakan untuk acara-acara formal, meskipun tidak menutup kemungkinan juga dipakai untuk keseharian.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini