Suasana mudik tak hanya dirasakan oleh warga Indonesia. Jumat (23/06) kemarin, Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama tiba di tempat tinggalnya semasa kecil. Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Indonesia pada 2010 lalu, Obama sempat berikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI). Ia menyebut kunjungan resmi kenegaraan tersebut sebagai pulang kampung. "Pulang kampung, nih!" begitu serunya dalam Bahasa Indonesia, yang mengundang tepuk tangan gemuruh dari 6.000 peserta yang hadir.

Tak berlebihan jika Obama menyebut dirinya pulang kampung. Ia dan ibunya pernah tinggal di Jakarta, mengikuti pekerjaan ayah tirinya yang merupakan seorang berkewarganegaraan Indonesia. Selama 1967 hingga 1970, ia tinggal dan menimba ilmu di bangku sekolah lokal di kawasan Menteng, Jakarta.

Selain masih dapat berbahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari dengan baik, ia rasakan ikatan yang kuat dengan Indonesia. "Indonesia bagian dari diri saya," jelasnya dalam pidato di UI. Meski tak memiliki darah Indonesia, kenangan masa kecilnya ketika tinggal di Jakarta begitu membekas. Sebagaimana yang ia catat dalam bukunya "The Audacity of Hope".

"Ketika saya memikirkan pulau itu dan semua pulau Indonesia, saya dihantui oleh kenangan--rasanya berjalan di lumpur dengan kaki telanjang saat menelusuri sawah; pemandangan pergantian hari dari balik pegunungan vulkanik; suara azan di malam hari dan aroma kayu bakar; tawar-menawar di lapak buah sepanjang jalan; suara hiruk pikuk orkestra gamelan dalam cahaya temaram.

Saya ingin mengajak Michelle dan anak-anak untuk berbagi bagian dari hidup saya, untuk menjelajahi reruntuhan candi ratusan tahun di Prambanan atau berenang di sungai tinggi di perbukitan Bali."

Keinginannya untuk kembali rasakan "aroma" Indonesia itu, akhirnya kini terwujud. Bersama istrinya Michelle dan dua putrinya Malia dan Sasha, selama sembilan hari ia akan menyusuri persawahan di Bali, menyaksikan kemegahan Prambanan dan mengunjungi sekolahnya di Jakarta.

Warga Indonesia turut menyambut meriah kedatangannya. #WelcomeMrObama pun menjadi topik yang paling banyak dibahas di media sosial selama dua hari ini.

Pak Obama pulang kampung lagi, nih! Selamat mudik, selamat sampai tujuan dan semoga bertemu dengan seluruh keluarga yang dirindukan di tanah air.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu