Ketika Bule Argentina Menjajal Makan ala Liwetan

Ketika Bule Argentina Menjajal Makan ala Liwetan
info gambar utama

Di tiga meja besar yang beralaskan daun pisang terdapat nasi putih dilengkapi rendang, ayam goreng, tahu dan tempe goreng, telur puyuh, teri goreng, kerupuk, abon, lalapan serta tidak lupa, sambal. Sekitar 30 orang memenuhi meja – meja yang ada, berhadapan dengan makanan yang disebar dalam porsi besar di atas daun pisang. Tanpa sendok dan garpu, secara perlahan mereka dipandu oleh juru masak untuk menikmati makanan tersebut dengan tangan. Ya, bule – bule Argentina sedang menjajal makan liwetan ala Indonesia.

Liwetan, siapa yang tidak tahu. Sebuah tradisi makan bersama yang sangat kental di Indonesia yang mana dan lauk pauk disajikan di atas daun pisang berukuran besar, lalu dinikmati secara bersama – sama. Tidak hanya unik, Liwetan pun kaya akan filosofi dan merepresentasikan nilai budaya masyarakat Indonesia. Hal inilah yang dilihat oleh pemerintah sebagai salah satu medium untuk mengenalkan Indonesia ke mata dunia. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Buenos Aires, Argentina menjadikan Liwetan sebagai salah satu bentuk diplomasi makanan dalam sebuah acara bertajuk “Cena de Indonesia.”

(kemlu.go.id)
info gambar

Acara yang digelar pihak Kedubes RI di Argentina bekerja sama dengan Asosiasi Penjelajah di Amerika Selatan, “La Boussole” serta agen wisata perjalanan Argentina, Avolar.com.ar bertujuan untuk mempromosikan wisata kuliner Indonesia di mata publik Argentina. Dilansir dari portal kemlu.go.id, para undangan yang terdiri dari penggiat wisata, pecinta kuliner, dan akademisi di Buenos Aires tersebut tertarik untuk mengenal masakan Indonesia yang mana sulit untuk ditemukan di negeri tersebut.

Kepala Kanselerasi KBRI Buenos Aires, Emil H. Dewantara dalam pernyataannya menyampaikan bahwa makanan adalah budaya yang sangat mudah dinikmati dan keunggulan ini yang menjadikan makanan sebagai jembatan budaya, dan hal tersebut sangat positif untuk memperkenalkan masyarakat Argentina akan uniknya budaya Indonesia.

Acara Cena de Indonesia cukup berhasil memukau para bule Argentina dengan tradisi makan Liwetan (kemlu.go.id)
info gambar

Cena de Indonesia rupanya menuang respon positif dari publik Argentina. Dalam rilis yang dimuat, diungkapkan bahwa tidak sedikit undangan yang meminta agar KBRI kembali mengadakan event makan ala Liwetan ini. Sebagai jembatan budaya, liwetan cukup berhasil untuk memukau masyarakat Argentina agar lebih mengenal khazanah budaya dan kuliner Indonesia.

Sumber: kemlu.go.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini