Maskapai berbiaya rendah terbaik tanah Air, Citilink, berencana akan memasang wifi di pesawat-pesawatnya. Maskapai yang baru saja meraih gelar "4-star Airlines" dari Skytrax ini  menggandeng PT Mahata Aero Teknologi (MAT) dan Lufthansa Technik serta Lufthansa System untuk memasang koneksi internet nirkabel (wifi) untuk penumpang Airlines dan maskapai Citilink. 

"Sekitar 85 juta penumpang menggunakan jasa angkutan udara setiap tahunnya, dan sekitar 12 juta atau 15 persen adalah penumpang Citilink. Jadi kami berpikir ini prospek bisnis yang bagus untuk memajukan teknologi WiFi di pesawat Citilink karena sebagai anak bangsa kami ingin mengembangkan teknologi untuk dinikmati oleh masyarakat, jangan sampai dikuasai asing," kata Managing Director PT Mahata Aero Teknologi, Iwan Setiawan di Jakarta, Kamis 8/2/2018. 

Layanan WiFi di pesawat Citilink ini adalah layanan WiFi on Board gratis pertama di Asia. Dengan demikian, pelanggan Citilink dapat menikmati akses internet untuk layanan video, game, e-commerce, atau terkait pekerjaan yang terkoneksi internet, tambahnya. 

Citilink | pilootenvliegtuig.nl
Citilink | pilootenvliegtuig.nl

"Ini gratis, dan memang kita bersama Citilink membuat bisnis model yang berbeda, tetapi ini memungkinkan untuk dijalani," jelasnya.

Rencananya, layanan WiFi gratis ini akan terpasang di semua maskapai Citilink yang saat ini berjumlah 50 pesawat dengan nilai investasi mencapai USD 40 juta.  Direktur Utama PT Citilink Indonesia (Citilink), Juliandra Nurtjahjo mengatakan, rencana pengadaan layanan WiFi on Board gratis ini telah direncanakan sejak lama. Dia berharap, akan semakin banyak pengguna jasa maskapai Citilink. 

Pada tahap awal, layanan wifi gratis dalam pesawat akan tersedia di rute-rute yang paling diminati oleh penumpang. Seperti, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Bali. Untuk penumpang yang menginginkan internet kecepatan tinggi, Citilink juga menyediakan layanan internet berbayar di dalam pesawat. 

Sumber : Kompas.com | Merdeka.com | citilink.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu