Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak bergantung pada hasil pertanian dan perkebunan di pedesaan. Itu sebabnya transportasi logistik untuk pedesaan menjadi sebuah kebutuhan. Sehingga pemerintah Indonesia berusaha untuk menyediakan inovasi karya anak bangsa berupa mobil desa.

Diberitakan detikFinance (17/8) Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan bahwa peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus merupakan momentum untuk mendorong penciptaan karya anak bangsa. Salah satunya adalah Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau disebut juga angkutan pedesaan.

"Tentu 17 Agustus kan hari kemerdekaan, hari yang paling penting buat bangsa Indonesia. Tentu di peristiwa 17 Agustus juga kita mendorong karya-karya anak bangsa," katanya.

Menurutnya AMMDes akan menjadi kendaraan yang dibutuhkan masyarkat. Kendaraan itu sudah diluncurkan di GIAAS ( Gaikindo Indonesia International Auto Show) dan akan diluncurkan tahun depan.

Mobil desa sendiri merupakan mobil yang nantinya diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia. Rencananya mobil ini akan diproduksi mulai 3.000 unit per tahun dengan target jangka panjang menjadi 15.000 unit per tahun.

Di Indonesia selama ini telah ada beberapa mobil desa lainnya. Seperti mobil Fin Komodo buatan PT Fin Komodo Teknologi asal Cimahi.

Kemunculan AMMDes tentu saja akan turut meramaikan pasar mobil pedesaan. Semoga saja mobil-mobil karya anak bangsa untuk pedesaan tersebut mampu untuk mendorong produktifitas desa di Tanah Air.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu