Indonesian Weekend 2018 Suguhkan Kekayaan Indonesia ke Penduduk London

Indonesian Weekend 2018 Suguhkan Kekayaan Indonesia ke Penduduk London
info gambar utama

Indonesian Weekend 2018 ditargetkan kenaikan 30% pengunjung dari tahun lalu. Pengunjung ditargetkan mencapai 39.000 orang. Pagelaran ini adalah festival tahunan yang digelar Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di Inggris.

“Setiap tahun, acara Indonesian Weekend dipadati pengunjung. Pada tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 30.000 orang, sementara pengunjung tahun ini diproyeksikan meningkat hingga 30% sekitar 39.000 wisman,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya.

Penyelenggaraan Indonesian Weekend 2018 adalah pagelaran yang ketiga. Berlangsung di Potters Fields Park, tepat di sebelah Tower Bridge pada 8 – 9 September 2018.

Pada tahun 2017 lalu, acara ini sukses mendatangkan 30.000 pengunjung. Dari seluruh pengunjung 72,4 % adalah warga negara Inggris yang tinggal di London. Sisanya sebesar 24,7% adalah non-Inggris, dan 2,9% adalah orang Indonesia.

Selain untuk mempromosikan Wonderfull Indonesia, Indonesian Weekend 2018 juga sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan dari Inggris dan negara Eropa lainnya.

“Acara Indonesian Weekend menamplkan apa yang Indonesia punya. Dalam hal ini, kami juga menyasar penjualan. Kami menggandeng airlines untuk menyediakan paket wisata. Pada pameran sebelumnya, panitia menyebarkan kuesioner kepada pengunjung pameran untuk mengetahui tingkat ketertarikan mereka untuk datang ke Indonesia, dan hasilnya adalah 62% pengunjung pameran tertarik datang ke Indonesia”, kata Nia.

Nia Niscaya menambahkan bahwa ajang ini juga untuk menarik kembali wisatawan mancanegara untuk datang ke Bali. Diketahui bahwa 2018 ini Indonesia kehilangan banyak wisatawan akibat erupsi Gunung Agung.

“Indonesian Weekend 2018 ini juga sebagai recovery Bali. Kita kehilangan sekitar 1 juta wisman karena erupsi Gunung Agung, diharapkan ajang ini ikut membantu memulihkan Pulau Dewata,” ujar Nia dalam rilis resmi Kemenpar.

Penyelenggaran Indonesian Weekend disemarakkan dengan gelaran musik, tari, serta sajian kuliner. Acara yang digelar selama dua hari ini juga menampilkan seni bela diri Indonesia yang diisi pesilat Cecep Arif Rahman. Bintang The Raid dan Star Wars ini akan unjuk kemempuan di depan masyarakat Inggris.

Indonesian Weekend tahun ini menonjolkan tema warm destination yang ditampilkan dalam dekorasi pesta pantai. Chef Degan salah satu juri di Masterchef Indonesia akan menyajikan kuliner Indonesia. Lidah pengunjung juga akan dimanjakan dengan kopi dari daerah di Indonesia.


Sumber: kemenpar.go.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini