Menapaki Keindahan Ganapus yang Masih Aktif

Menapaki Keindahan Ganapus yang Masih Aktif
info gambar utama

Gunung Api Banda merupakan salah satu gunung berapi aktif di Maluku. Gunung Api Banda ini memiliki nama asli Ganapus. Ganapus memiliki ketinggian 656 diatas permukaan laut.

Gunung Api Banda menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi pertualang yang berkunjung ke Kepulauan Banda. Puncak Ganapus bisa dicapai dalam waktu 3 – 4 jam. Meski tidak terlalu tinggi, namun sudut elevasinya mencapai 45 derajat. Perjalanan menuju puncak akan diiringi kerikil dan batu hasil erupsi.

Kepulauan Banda menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki keendemikan satwa yang tinggi. Terutama dari jenis burung. Terdapat 23 jenis burung endemik di Pulau Gunung Api Banda.

Selain jenis burung, juga terdapat fauna – fauna lain. Beberapa jenis fauna khas seperti Kus – kus (palanger orientalis), Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), dan Lumba – lumba (Dolphinidae).

Mendekati puncak gunung sudah tidak ada lagi pepohonan, hanya ada semak dan rerumputan. Pepohonan hanya memenuhi setengah tubuh gunung.

Meskipun aktivitas vulkanik Ganapus tidak terlalu agresif, wisatawan harus tetap waspada ketika berada di sekitar gunung. Dapur magma dengan kerucut yang hampir sempurna ini terus berproduksi.

Mendekati puncak, bau belerang akan tercium sangat kuat. Dari puncak gunung, asap yang mengepul dari dasar kawah dapat terlihat.

Menurut catatan Badan Geologi, Kemneterian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Ganapus merupakan generasi keempat dari gunung api purba Gunung Lonthor. Selama empat abad, telah terjadi 24 letusan.

Catatan letusan memang tidak terlalu mengerikan. Kebanyakan hanya letusan – letusan kecil. Letusan yang cukup besar dan mengakibatkan korban jiwa terjadi pada 1598, 1615, 1690, dan 1988.

Seperti letusan gunung lainnya, material yang dikeluarkan memberi berkah bagi alam dan manusia. Laut yang berada di kaki gunung menjadi salah satu surga bagi penyelam. Aliran lava Gunung Ganapus menjadikan terumbu karang di area itu tumbuh lebih pesat dibanding perairan lain.

Spot menyelam favorit di Kepulauan Banda itu disebut Magma Flow. Letaknya di pantai utara kaki gunung Ganapus.


Sumber: pesona.indonesia.travel | bksdmaluku.org

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini