Ini Dia Calon Bendungan Tertinggi di Indonesia!

Ini Dia Calon Bendungan Tertinggi di Indonesia!

Sungai Bogowonto yang akan dibendung Bendungan Bener © Mongabay

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Purworejo akan memiliki bendungan tertinggi di Indonesia. Bendungan Bener namanya, dan dalam janga waktu lima tahun ke depan akan diselesaikan.

Bendungan Bener nantinya akan berdimensi 159 meter untuk tingginya, dan 543 meter untuk lebarnya. Sementara lebar bawah berkisar sekitar 290 meter. Selama 60 bulan atau 5 tahun ke depan, bendungan ini dibangun di lahan seluas 590 hektare, atau setara 4.300 bidang. Pembagiannya, 3.096 bidang masuk di wilayah Purworejo, dan sisanya masuk Kabupaten Wonosobo.

Untuk manfaatnya, air di Bendungan Bener akan digunakan untuk mengairi area irigasi seluas 15.519 hektare. Kemudian untuk suplai airnya, sebesar 1.500 liter/detik untuk Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Kulonprogo. Fungsi lain dari Bendungan Bener adalah PLTA yang menghasilkan daya listrik sebesar 6 megawatt (MW).

“Bendungan juga akan menjadi lokasi wisata, area perikanan dan konservasi DAS Bogowonto bagian hulu. Pembangunan ditargetkan akan dimulai akhir tahun 2018 ini, tetapi bergantung kecepatan tim pembebasan tanah,” imbuh Kepala Satker Bendungan Bener, Amos Sangka, disadur dari Detik.com.

Megaproyek Bendungan Bener sudah direncanakan sejak lama. Pada 2013 dilakukan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), dan di tahun 2015 mengambil contoh tanah di Wadas. Untuk biayanya, proyek ini membutuhkan dana tak kurang dari Rp 4 triliun.

Jika sudah selesai dibangun, Bendungan Bener akan mengalahkan Bendungan Cirata yang saat ini tertinggi di Indonesia. Terletak di Kabupaten Purwakarta, Bendungan Cirata menjulang setinggi 125 meter. Di bawahnya ada Bendungan Wadas Lintang di Kabupaten Kebumen setinggi 122 meter.

Namun Bendungan Bener belum bisa mengalahkan Bendungan Jatiluhur sebagai yang terbesar di Indonesia. Bendungan yang juga terletak di Purawakarta itu memiliki kapasitas tampungan 2.556.000.000 m3 air, sedangkan Bendungan Bener diprediksi tak sampai menampung air sebanyak itu.


Sumber: DetikFinance,

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga58%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang16%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau11%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Hubungan Pernikahan Dini Dengan Timbulnya Stunting Sebelummnya

Hubungan Pernikahan Dini Dengan Timbulnya Stunting

Ikon Baru Perguruan Tinggi N.U yang Berumur Tujuh Tahun Selanjutnya

Ikon Baru Perguruan Tinggi N.U yang Berumur Tujuh Tahun

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.