Sejarah Taman Putroe Phang yang Mengesankan

Sejarah Taman Putroe Phang yang Mengesankan
info gambar utama

Taman Putroe Phang adalah sebuah taman Kerajaan Aceh Darussalam yang dahulunya didirikan oleh Sultan Iskandar Muda. Taman ini didirikan pada tahun 1607-1636 untuk permaisurinya yang bernama Putroe Phang. Permaisuri cantik ini berasal dari Kerajaan Pahang, Malaysia.

Taman yang sangat indah ini sengaja dibangun untuk Putroe Phang karena sang sultan sangat mencintainya. Taman ini dibuat agar sang permaisuri tidak pernah merasa kesepian ketika ditinggal oleh sultan, yang sering bepergian untuk menjalakan pemerintahannya.

Lokasi Taman Putroe Phang

Lokasi Taman Putroe Phang bisa kamu temukan di Sukaramai, Baiturrahman, kota Banda Aceh, dan berdekatan dengan wisata Gunongan yang juga didirikan oleh Sultan Iskandar Muda.

Putroe Phang dan Gunongan merupakan sebuah arena taman bermain dan tempat mandi pribadi untuk istri sang Sultan.

Arsitektur bangunan taman ini sangat unik karena memiliki akses masuk ke istana sultan melalui Pintoe Khop atau 'Pintu Aceh' yang hanya boleh digunakan para tamu bangsawan.

Pintoe Aceh ini yang menghubungkan langsung ke istana dengan taman berbentuk kubah. Bangunan ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi untuk anggota keluarga kerajaan lainnya selain sang permaisuri.

Taman ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluargamu, karena bisa menjadi tempat hiburan sekaligus menambah wawasan mengenai sejarah Aceh. Akan lebih menyenangkan jika kamu datang saat matahari akan terbenam.

SejarahTaman Putroe Phang

Taman Putroe Phang adalah saksi sejarah kekuatan cinta dan simbol cinta dari Sultan Iskandar Muda kepada ratu yang cantik bernama Putroe Phang atau Putri Phang yang berasal dari Pahang, Malaysia.

Suatu ketika, sang putri ini merasa kesepian ketika sang suami selaku kepala pemerintahan selalu sibuk.

Pada zamannya, wilayah istana membentang dari Gunongan hingga ke tempat Museum Aceh sekarang. Sang putri kemudian selalu ingat dengan kampung halamannya yang berada di Pahang. Sultan Iskandar Muda pun memahami apa yang dirasakan oleh istrinya.

Agar tidak mengecewakan sang istri dan tidak membuatnya merasa rindu kampung halaman di Malaysia, maka sang sultan membangun sebuah gunung kecil yang dinamakan Gunongan dan taman mini yang mengelilingi istana untuk Putroe Phang.

Dibangunnya Gunongan dan taman ini membuat sang permaisuri sangat bahagia. Ia menghabiskan hari-harinya untuk bermain bersama para dayang. Struktur bangunan ini awalnya terletak di Jalan Teuku Umara yang berhubungan dengan lokasi pemakaman tentara Belanda (Kerkoff).

Struktur bangunan taman ini memang tidak terlalu besar, berbentuk heksagonal dan dikelilingi oleh bunga. Taman ini memiliki tiga tingkat dengan tingkat utama pilar mahkota yang berdiri tegak.

Di dinding ada pintu masuk berukuran rendah yang selalu dalam keadaan terkunci. Dari pintu lorong ada tangga menuju taman langsung ke struktur tingkat ketiga.

Area ini juga dilengkapi dengan danau yang dibuat dengan membendung kanal dan dilintasi oleh beberapa jembatan gantung.

Awalnya Gunongan dan Taman Putroe Phang adalah bagian dari satu kompleks. Namun di kemudian hari dibangun sebuah jalan yang pada akhirnya memisahkan keduanya. Jalan itu itu dibangun oleh Belanda pada masa kolonial.

Taman dan Gunongan yang awalnya dibangun untuk istri Sultan Iskandar Muda ini kemudian sebagian besar digunakan oleh militer.

Daya tarikTaman Putroe Phang

taman putroe phang
info gambar
Ada beberapa hal yang membuat taman ini menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi, di antaranya :
info gambar

Tiket masuk gratis

Siapa yang tidak menyukai hal-hal yang berbau gratis? Siapapun pasti tidak bisa menolaknya.

Berwisata ke taman ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena untuk masuk ke tempat wisata satu ini tidak dipungut biaya. Kamu bisa menikmati wisata yang sangat sejuk dan ramah lingkungan ini.

Kamu bisa mengambil berbagai spot foto menarik di Taman Putroe Phang dan bisa berwisata kuliner. Ya, di taman ini tersedia berbagai penjual makanan yang enak. Ada banyak jajanan khas Aceh yang bisa Anda pilih mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Terdapat spot foto menarik

Tujuan orang berwisata pada umumnya adalah ingin menghilangkan jenuh dan ingin mendapatkan berbagai spot foto menarik untuk dibagikan ke media sosial.

Jika kamu mencari berbagai spot foto menarik, Taman Putroe Phang memiliki beberapa spot foto yang dijamin Instagramable. Ada lorong koridor yang unik, ada pintoe khop yang berkarakter, dan ada berbagai bunga yang indah.

Selain itu ada pula dua jembatan besi putih yang cocok untuk spot foto. Beberapa spot ini menjadi objek favorit para wisatawan yang ingin memburu foto.

Saksi sejarah cinta Sultan Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda merupakan raja Aceh dari tahun 1607 hingga 1636. Pada masa pemerintahnya, ia berhasil membawa Kerajaan Aceh meraih puncak kejayaannya.

Saat memerintah itulah, ia terpikat dengan seorang putri dari Kerajaan Pahang, Malaysia, bernama Putroe Phang. Sang Sultan pun menikahi Putroe Phang.

Dikarenakan sang raja yang selalu sibuk memerintah kerajaan dan sang putri merasa kesepiaan, sang raja membangun sebuah taman yang dikenal dengan Taman Putroe Phang.

Taman ini adalah persembahan dari sang raja untuk istrinya Putroe Phang di mana taman ini dilengkapi dengan mata air. Mata air ini mengalir di setiap sisi istana.

Sultan Iskandar Muda juga membangun sebuah Pintoe Khop yang menjadi salah satu bukti cintanya pada sang istri. Hingga saat ini taman wisata Putroe Phang diabadikan sebagai cagar budaya, karena tempat ini adalah peninggalan dari masa kerajaan Aceh saat dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda .

Banyak fasilitas

Berwisata ke taman ini bukan hanya membuatmu mengetahui sejarah kisah masa lalu Sultan Iskandar Muda dan permaisurinya, tapi juga bisa menikmati segala fasilitas yang ada.

Taman ini memiliki berbagai fasilitas yang membuat kamu bisa menghilangkan penat karena suasananya yang sangat sejuk dan menyenangkan.

Ada fasilitas kursi untuk menikmati pemandangan taman, ada kolam yang membuat para wisatawan bisa memancing ikan, dan ada spot foto untuk wisatawan yang mencari objek foto Instagramable.

Ada pula berbagai wahana bermain untuk anak kecil. Ya, ada permainan anak-anak berupa perosotan, ayunan, lorong dan masih ada banyak lagi fasilitas untuk anak-anak yang menyenangkan.

Tempat untuk jogging

Bagi kalian yang ingin berolahraga sambil berwisata, Taman Putroe Phang adalah tempat yang sangat ideal untuk dikunjungi. Kalian bisa jogging mengelilingi taman sambil menikmati pemandangan yang asri.

Taman ini juga dilengkapi berbagai pohon yang dijamin suasananya sangat asri dan tidak perlu takut merasa kepanasan jika kalian jogging terlalu siang.

Menariknya, kalau kamu haus dan lapar, kamu tidak perlu khawatir mencari makanan atau minuman, karena di Taman Putroe Phang tersedia beberapa penjual yang menyediakan makanan dan minuman.

Pastikan kamu tidak khilaf membeli makanan di tempat wisata ini ya, agar olahraga yang kamu lakukan tidak sia-sia!

Sumber: tementravel.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

T.
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini