Liburan ke Banten Selatan yuk..

Liburan ke Banten Selatan yuk..

Tulisan di pantai Sawarna © id.wikipedia.org

Akhir minggu merupakan waktu yang sangat tepat untuk liburan, baik dengan mencoba wahana wisata atau hanya bersantai menikmati pemandangan. Berwisata pun memerlukan persiapan, salah satunya yaitu memilih tujuan yang cocok untuk didatangi. Destinasi yang menjadi favorit para traveller yang menukai liburan santai yaitu pantai. Anda bisa berlibur di pantai yang satu ini, pantai Tanjung Layar Sawarna.

Pantai Tanjung Layar adalah objek wisata di kawasan Desa Wisata Sawarna Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Nama pantai ini berasal dari gambaran dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Di sisi timur pantai ini terdapat gugusan karang yang berbentuk seperti jejak kaki sebelah kiri berukuran dua kali satu meter yang dinamai Jejak Kaki Kabayan. Kabarnya, jejak kaki kakaknya ada di daerah Jampang, Sukabumi. Saat ini, Pantai Tanjung Layar dan pantai lainnya di kawasan Desa Wisata Sawarna dikelola oleh BUMdes Sawarna.

Karang yang mirip layar | sumber: pantainesia.com

Pantai Tanjung Layar Sawarna ini adalah salah satu pantai alami dan disukai karena keunikannya, pantai ini banyak diminati sebagai tempat favorit. Letaknya sekitar 150 kilometer dari Rangkasbitung. Keunikan pantai Tajung Layar adalah adanya sebuah batu yang mirip dengan layar perahu yang konon adalah dari kapal milik Sangkuriang.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak menetapkan tiga objek wisata unggulan di Lebak, salah satunya adalah Desa Wisata Sawarna yang mencakup objek wisata lainnya di kawasan ini, termasuk Pantai Tanjung Layar. Bahkan, Rano Karno menyebutkan, perputaran uang di Pantai Sawarna mencapai Rp. 5 Miliar per tahun. Terlebih hanya dalam dua hari, perputaran di kawasan wisata ini mencapai Rp. 1,5 Miliar pada musim libur Lebaran tahun 2015.

Pantai Sawarna | sumber: pantaipedia.com

Objek Wisata Tanjung Layar

Pantai yang dijadikan sebagai wisata alam andalan desa Sawarna Banten ini ternyata memiliki aneka pesona dan obyek wisata yang berbeda. Alamnya pun dikelola dengan baik sehingga anda akan menyaksikan pantai yang aman, bersih, dan nyaman.

1. Pemandangan Alami Khas Pantai

Bayangkan sebuah pantai yang menakjubkan mata dan jarang dijamah tangan manusia. Anda bisa menemukan pantai tersebut di pantai Tanjung Layar ini. Pantai Tanjung Layar menyuguhkan pesona unggulan kota Banten dengan aneka keindahan yang menawan.

2. Karang Raksasa yang Unik

Adanya sebuah karang raksasa di tengah laut membuat pantai ini ramai wisatawan. Karang itu disebut-sebut sebagai layar sebuah kapal yang berubah menjadi batu. Di sisi lain dari pantai ini juga terdapat sebah karang unik yang oleh masyarakat disebut sebagai bekas pijakan kaki raksasa berukuran sekitar dua meter. Karang ini disebut sebagai jejak kaki Kabayan.

3. Camping Ground

Menikmati pemandangan unik berupa batuan karang raksasa yang dibalut cerita legenda akan lebih seru jika sambil bermalam di pantai tersebut. Ada lahan yang cukup untuk didirikan tenda-tenda perkemahan. Pemandangan matahari tenggelam merupakan pesona alam yang indah dan menakjubkan. Terlebih lagi jika anda menikmatinya di pantai.

5. Spot Foto Menarik dan Melimpah

Liburan seru harus diabadikan dengan berfoto untuk diupload atau disimpan. Di pantai Tanjung Layar Sawarna ini anda dapat memotret gambar dan foto berlatar pemandangan yang unik di sana. Dijamin anda akan merasa puas dengan segala keindahan alam yang anda potret. Oleh karena itu, persiapkan peralatan berlibur sebelum menuju ke pantai ini.

Catatan kaki: Pantai Tanjung Layar | ^"Nikmati 5 Pantai Eksotis dalam Sehari di Sawarna" | Objek Wisata Tanjung Layar

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Warisan Budaya Dunia; Tambang Batu Bara Ombilin di Sawahlunto Sebelummnya

Warisan Budaya Dunia; Tambang Batu Bara Ombilin di Sawahlunto

Robot-robot Mulai Gantikan Pekerjaan Manusia di Bandara Ini Selanjutnya

Robot-robot Mulai Gantikan Pekerjaan Manusia di Bandara Ini

Fikri Abdul Karim
@fikriabdulkarim

Fikri Abdul Karim

Panggil aja Zaqi, kalau mau tau lebih Follow Instagram, Twitter, dan Facebooknya gaes. Hobby ku Nge Game. Terutama PUBG di Invite ya : SVR | Akagami

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.