Barisan Produk Digital di Bandara Soetta

Barisan Produk Digital di Bandara Soetta

Ruang tunggu di Terminal Bandara Soetta © tripzilla.id

  • Menengok apa saja produk digital yang terdapat di Bandara Soetta.
  • Selain produk, konsep digital juga diterapkan di bandara ini.
  • Produk digital ini menunjang pengoperasian infrastruktur dan pelayanan digital di Bandara Soetta.

Setelah mengetahui beragam infrastruktur digital dan deretan pelayanan digital di Bandara Soetta, kini saatnya beralih ke produk digitalnya!

Berikut adalah beberapa konsep atau produk digital yang telah diimplementasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta!

i-Millennial Airport Travel Experience Lounge (iMATE Lounge)

iMATE Lounge merupakan tempat bagi traveler untuk menikmati berbagai layanan berbasis digital mulai dari virtual assistant, digital wayfinding, informasi pariwisata, hingga berbagai kebutuhan lainnya. iMATE Lounge bekerja seperti one stop service dan one stop solution bagi traveler di bandara-bandara PT. Angkasa Pura II.

Travel Assistant System Angkasa Pura II (Tasya)

Tasya adalah layanan berbasis chat dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), yang dapat menemukan solusi atas kebutuhan, keluhan, atau pertanyaan dari traveler.

Lebih lanjut, Tasya dapat memberikan sejumlah informasi, di antaranya informasi mengenai proses check-in, mulai dari check-in island hingga Boarding Gate, cukup dengan menuliskan nomor penerbangan; fasilitas-fasilitas yang ada di bandara seperti tenant, prayer room, free charging spots, dan lainnya; informasi mengenai acara-acara yang akan diselenggarakan di Indonesia; dan menyediakan seluruh channel Contact Center Angkasa Pura II mulai dari nomor telepon, surel, media sosial dan situsweb korporasi.

Tasya ini dapat kalian jumpai di aplikasi Indonesia Airports dan E-kiosk di terminal.

BACA JUGA: Mobil Listrik Kini Bisa di-Charge di Bandara Soetta

Indonesia Airports Apps

Aplikasi ini bisa diunduh di iOS dan android, berisi tentang berbagai kebutuhan traveler semisal mobile check-in, concierge express, jadwal penerbangan, hingga informasi terkait transportasi publik, layanan Tasya, dan sebagainya.

Melalui pemanfaataan Indonesia Airports App, dalam praktiknya menjadikan pelayanan bandara ada di dalam genggaman.

Airsport Arena

Tempat khusus bermain game online yang dilengkapi kursi dan meja khusus bermain game, headset, hingga Wi-Fi berkecepatan tinggi, sehingga memastikan koneksi tetap stabil dan tidak terputus.

Digital Droid

PT. Angkasa Pura II kini juga memiliki robot bernama Dilo yang bertugas layaknya personil customer service, sekaligus menghibur traveler melalui program multimedia seperti musik, video, suara, dan lain sebagainya. Robot Dilo juga dapat bergerak mengikuti irama musik, dan memandang lawan bicara.

Sleeping Pod

Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki fasilitas sleeping pod di boarding lounge Terminal 3, yang dapat digunakan traveler untuk tidur atau beristirahat dengan nyaman dan aman di dalam pod canggih tersebut.

Capsule Hotel

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kini juga memiliki hotel kapsul yang dapat digunakan untuk beristirahat dengan hitungan jam hingga bermalam. Di setiap kapsul canggih itu terdapat hiburan tv kabel, penyejuk udara, dan fasilitas lainnya. Capsule Hotel ini dikenal juga sebagai Digital Hotel.

BACA JUGA: Digital Airport Hotel Soetta Memikat Atensi Dunia

Concierge Express

Ini adalah salah satu layanan yang paling banyak diminati oleh traveler di Soekarno-Hatta. Layanan ini dapat dipesan melalui aplikasi Indonesia Airports. Petugas Concierge Express menjadi solusi terhadap kebutuhan baggage handling di dalam gedung terminal.

Crowded Management System Display

Perangkat yang tersedia di dalam terminal ini dapat memberikan informasi mengenai berapa lama waktu tempuh bagi traveler untuk menuju ke suatu lokasi di dalam terminal dengan berjalan kaki.

Digital Way Finding

Apabila ingin cepat menuju suatu lokasi atau tenant di dalam terminal, traveler dapat mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Digital Way Finding. Perangkat ini tersedia di dalam terminal.

Digital Map

Perangkat ini menampilkan secara lengkap area, tenant, dan setiap ruangan yang ada di terminal.

Baggage Handling Monitoring System

Sistem ini dapat menampilkan status pergerakan bagasi melalui CCTV yang dimonitor langsung oleh passengers dari pesawat sampai ke break down area. Dari perangkat ini juga dapat dipantau berapa lama first bag dan last bag yang akan sampai ke belt conveyor dengan time counter display.**

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau50%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Deretan Pelayanan Digital di Bandara Soetta Sebelummnya

Deretan Pelayanan Digital di Bandara Soetta

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning Selanjutnya

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.