Sri Mulyani Kembali Masuk dalam Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Sri Mulyani Kembali Masuk dalam Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia
info gambar utama

Sri Mulyani yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia masuk ke dalam daftar The World’s 100 Most Powerful Women 2019 Versi Majalah Forbes. Sri Mulyani menjadi satu-satunya perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat ini memasukkan Sri Mulyani dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia 2019 karena kiprahnya yang dapat dalam menambah penerimaan negara melalui reformasi pajak. Cara yang ditempuh wanita yang menjabat sebagai Menteri Keuangan semenjak Kabinet Indonesia Kerja ini adalah dengan pelaporan surat pemberitahuan pajak (SPT Pajak) secara online melalui e-filling dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. Selain itu dikutip dari tempo.co, Sri Mulyani juga menggunakan platformnya untuk mempromosikan gender equality atau kesetaraan gender saat ia menjabat sebagai Dierktur Pelaksana di Bank Dunia.

Peringkat pertama dalam daftar 100 Perempuan yang Paling Berpengaruh di Dunia sepanjang tahun 2019 adalah Angela Merkel seorang Konselir Jerman | Foto : YouTube
info gambar

Sosok Sri Mulyani adalah salah satu Srikandi Indonesia yang kerap meraih prestasi atas kinerjanya, baik pengakuan di level dalam negeri hingga di tingkat internasional. Wanita kelahiran Tanjung Karang, Lampung 58 tahun yang lalu ini pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia pada tahun 2010 hingga 2016 yang mana saat itu Sri Mulyani merupakan wanita pertama dan orang Asia pertama yang pernah menduduki jabatan tersebut. Selain itu, Sri Mulyani juga pernah menerima penghargaan sebagai Menteri Terbaik pada World Government Summit 2018 yang diberikan atas usahanya mendorong sejumlah reformasi di Indonesia.

Sri Mulyani telah beberapa kali masuk dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia, tahun ini ia menempati peringkat 76. Sebelumnya, yakni tahun 2018 Sri Mulyani juga merupakan salah satu perempuan dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Majalah Forbes dengan menempati peringkat 78.


Catatan kaki: tempo.co | kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini