Bikin Betah, Ini Ragam Tempat Wisata di Garut

Bikin Betah, Ini Ragam Tempat Wisata di Garut
info gambar utama

Kawan GNFI, Jawa Barat memang memiliki ragam destinasi menarik dan menawan, salah satunya ada di wilayah Garut dan sekitarnya. Selain kotanya tak terlalu ramai, wilayah Garut memiliki ragam destinasi wisata yang cukup variatif. Pegunungan, pantai, pemandian air panas, air terjun/curug, bahkan situs candi kuno.

Nah, jika kebetulan kawan GNFI sedang berada di sekitar Bandung, Sumedang, dan lokasi yang berdekatan dengan wilayah Garut, berikut kami pilihkan beberapa destinasi wisata di Garut dan sekitarnya yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata pantai

Pantai Santolo
info gambar

Jika kawan dan keluarga menyukai wisata pantai, ada beberapa lokasi wisata pinggir laut di Garut. Tercatat ada sembilan wisata pantai yang dapat kawan GNFI kunjungi.

Salah satunya adalah Pantai Santolo yang terletak di wilayah kecamatan Cikelet, Garut. Lokasi pantai ini sebetulnya lebih dekat ke kawasan Pameungpeuk, karena jaraknya dari pusat kota Garut kurang lebih 88 kilometer, atau sekitar tiga jam perjalanan.

Sarana jalan menuju lokasi pantai pun cukup bagus, hanya di sebagian kecil jalan saja yang masih bergelombang. Udara yang sejuk dengan hamparan pasir putih membuat pantai ini cocok jadi titik menikmati matahari terbit dan terbenam.

pantai Sayang Heulang
info gambar

Kemudian ada Pantai Sayang Heulang, yang juga merupakan salah satu wisata pantai yang cukup populer di Garut. Terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, untuk mencapainya kawan harus menempuh jarak kurang lebih sama dengan Pantai Santolo dari pusat kota Garut.

Memiliki garis pantai berpasir kecokelatan sepanjang kurang lebih dua kilometer, kawan pun dapat bermalam di sana karena sudah tersedia fasilitas penginapan sederhana dengan kisaran harga Rp100-500 ribu semalam.

Lau yang tak kalah elok ada dan populer dari pantai lainnya adalah Pantai Rancabuaya, yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Pantai Rancabuaya merupakan kawasan wisata unggulan di Garut yang lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Wisata danau

situ bagendit
info gambar

Objek wisata lain di wilayah Garut yang tak kalah asik adalah objek wisata danau. Tercatata beberapa nama yang cukup tenar untuk kawasan wisata tersebut, seperti Situ Bagendit dan Situ Cangkuang. Lokasinya di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Situ bagendit terletak sekira 4 kilometer dari pusat kota Garut. Kawan GNFI dapat mengelilingi danau sejuk ini dengan menggunakan perahu atau rakit, melakukan kegiatan rekreasi keluarga, serta menikmati pemandangan dengan bersepeda air, dan kereta mini.

Situs yang memiliki pemandangan alam yang memukau ini juga terkenal dengan cerita rakyat yang dipercaya secara turun temurun.

Menurut cerita yang telah melegenda itu, Situ Bagendit tercipta akibat Nyai Endit yang merupakan hartawan di wilayah tersebut mendapatkan kutukan dari seorang pengemis yang mencabut tongkat hingga keluar air dari dalam tanah dan menenggelamkan harta Nyai Endit.

Situs Candi Cangkuang
info gambar

Sementara Situ Cangkuang yang terletak di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut memiliki keunikan lain, yakni terdapat situs candi kuno dan sebuah desa kecil tengah Danau Cangkuang. Situs candi kuno itu disebut sebagai Candi Cangkuang serta desa kecil yang dimaksud adalah Desa Pulo.

Kawan bisa menuju ke lokasi tersebut dengan menyewa perahu yang saban saat bakal melayani pengunjung. Sayangnya, Desa Pulo termasuk Desa Keramat yang tak boleh ditinggali sembarang orang. Tak heran, tak ada fasilitas penginapan di kawasan itu.

Wisata pemandian air panas

Puncak Darajat
info gambar

Jika kawan GNFI ingin menyegarkan mata sambil mandi di sumber air panas, kawan bisa datang ke Puncak Darajat yang berjarak 25 kilometer dari pusat kota Garut.

Sesuai dengan namanya, area ini berada pada ketinggian yang memungkinkan kawan bisa menikmati panorama alam di sekitarnya. Bagi Anda yang datang saat pagi atau sore hari, maka akan disuguhi dengan pemandangan alam seputaran Garut.

Jajaran pegunungan tinggi yang cukup kontras dengan dataran kota Garut di tengahnya, boleh jadi cocok untuk lokasi penginapan dengan bonus suguhan sunrise nan memesona saban paginya.

pemandian cipanas garut
info gambar

Sementara objek pemandian air panas lainnya ada sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Garut. Namanya pemandian Cipanas. Air Panas alami yang mengalir dari pegunungan dengan panorama alam cukup kontras dengan udara yang sejuk.

Lokasi yang terletak di kaki Gunung Guntur ini diklaim cocok untuk kawan yang ingin memanjakan tubuh, melepas penat, serta menghilangkan pegal di tubuh. Karena sumber air panas ini mengandung berbagai jenis mineral, berendam di dalamnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit lain.

Anda juga dapat menjajal taman wisata air serupa Waterboom. Di sini juga terdapat fasilitas hiking dan paralayang.

Wisata air terjun

Air terjun Sanghyang Taraje
info gambar

Lalu bagi kawan GNFI yang meyukai objek wisata air terjun/curug, di Garut juga ada. Namanya Curug Sanghyang Taraje, atau dalam bahasa sunda berarti air terjun tangga.

Curug ini memang tampak seperti tangga yang membentuk dua jalur air terjun, dengan ketinggian hampir 100 meter. Lokasinya di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, yang berjarak 50 kilometer atau dua jam perjalanan dari kota Garut.

Curug Nyogong
info gambar

Selain itu ada pula Curug Nyogong, yang terletak di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Untuk mencapainya, kawan bisa menebusnya dengan tiga jam perjalanan dari kota Garut.

Setibanya di sana, kawan dapat memarkir kendaraan di Balai Desa, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak kurang lebih 2 kilometer.

Curug Nyogong memiliki ketinggian yang relatif rendah, mempunyai debit air yang besar dan lebar dan cukup besar, sehingga membuat Anda bisa menikmati air yang jatuh langsung dari curug ini.

Wisata kebun mawar

Kebun bunga Situhapa
info gambar

Nah, yang tak kalah menarik dari objek-objek wisata di Garut lainnya adalah taman bunga Situhapa yang terletak di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Lokasinya persis di pinggir jalan utama dari kota Garut menuju tempat wisata Kampung Sampireun.

Kebun bunga tersebut sebenarnya merupakan penginapan yang memiliki area taman bunga mawar seluas 5 hektare, udaranya cukup sejuk karena lokasinya di ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut. Cocok bagi kawan GNFI yang menyukai bunga dan pesona alam di pagi hari. Lain itu, lokasi ini juga cukup tenar sebagai lokasi yang instagenic.

Nah, itulah kawan beberapa destinasi wisata di Garut yang boleh dibilang cukup komplet, cocok untuk wisata di akhir pekan.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini