7 Destinasi Wisata di Kepri yang Bikin Betah

7 Destinasi Wisata di Kepri yang Bikin Betah
info gambar utama

Kawan GNFI, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki wilayah yang strategis sebagai pertemuan tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Tak heran jika wilayah ini mampu menjadi daya tarik pariwisata bagi para pelancong dari tiga negara tersebut.

Secara umum, wilayah seluas 8.201,72 km persegi itu didominasi sekitar 96 persen lautan, dan hanya sekitar 4 persennya daratan. Tak heran jika Kepri didominasi oleh pulau-pulau, seperti pulau Batam, Anambas, dan Bintan, yang di setiap pulaunya memiliki pesona pariwisata tersendiri.

Nah, kawan, Kepri yang memiliki 2.408 pulau besar dan kecil yang 30 persennya belum memiliki nama dan penduduk itu nampaknya memang asyik untuk disambangi.

Berikut beberapa destinasi wisata menarik yang bisa kawan GNFI kunjungi jika meginjakkan kai di kepualuan ini.

1. Batu Lepe

Jika ingin melihat sunset indah di Kepulauan Riau, kawan GNFI bisa sambangi tempat ini. Pelancong umumnya melihat sunset sebagai latar belakang pemandangan laut Natuna yang langsung berbatasan dengan tiga negara, yakni Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Sementara, arti kata Batu Lepe adalah batu datar yang berdiameter 35 meter, dan kerap dijadikan tempat untuk bersantai atau pun memancing.

Batu Lepe secara resmi dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Anambas, Kepri yang bekerja sama dengan SKK Migas dan Medco EP Natuna serta Premier Oil Natuna, sebagai salah satu ikon wisata laut baru di perbatasan Laut China Selatan.

2. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh
info gambar

Provinsi Kepri juga memiliki satu pulau yang dikenal dengan hamparan pasir pantainya yang bersih, yakni Pulau Ranoh yang terletak di Pulau Batam. Tak jarang, wisatawan datang ke pulau ini untuk bersantai dan bermain pasir.

Nah, bagi kawan GNFI yang menyenangi snorkeling atau diving, akan disuguhkan dengan pemandangan jernihnya air laut serta aneka terumbu karang dan abneka ragam ikan hias nan cantik. Pendek kata, jika ke Pulau Batam, tempat inii tentu tak boleh dilewatkan.

3. Kepri Coral

Tempat wisata yang juga wajib dikunjungi selanjutnya jika mengunjungi Kepri adalah Kepri Coral. Tempat ini merupakan destinasi wisata populer karena memiliki kolam renang dengan akuarium bawah laut yang memesona.

Wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut di Kepri Coral, tanpa harus berenang. Pelancong hanya cukup masuk ke dalam akuarium, maka sudah bisa melihat ikan dan terumbu karang yang indah.

Ada juga ragam aktivitas menarik yang tentunya bisa dilakukan di kawasan itu, seperti bermain jet ski, perahu kano, dan sepeda air, atau hanya sekadar menikmati keindahan pantai.

4. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang
info gambar

Salah satu lokasi menikmati sore yang tak kalah asik di Kepri, atau lebih tepatnya di Kota Batam adalah kawan GNFI bisa mengunjungi jembatan Barelang (Barelang Bridge) yang merupakan ikon dari Kota Batam. Jika dilihat dari kejauhan, jembatan ini akan mengingatkan kita pada jembatan Golden Gate di San Fransisco, AS.

Dari jembatan ini, kawan akan dengan santai menikmati suasana sore hari menjelang matahari terbenam yang ditemani pemandangan laut berwarna biru dan pulau kecil di sekelilingnya.

Secara fungsi, jembatan Barelang juga masih berfungsi sebagai jembatan penghubung banyak pulau, seperti Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang, dan Galang Baru.

5. Pulau Mubut

Nah, jika kawan GNFI ingin menikmati liburan ala ''sultan'' pemilik pulau, bisa datangi Pulau mubud, di Batam. Wajah saja kawan bisa bebas di sana, karena memang pulau ini tak berpenghuni, alias pulau kosong. Tapi jangan salah kawan, meski tak berpenghuni, pulai ini tetap diawasi oleh penduduk untuk menjaga keasriannya.

Di dalamnya, kawan bisa menjelajah hutan pohon kelapa yang masih rimbun ditemani semilir angin udara tropis. Jika lelah, kawan bisa menikmati sunset sambil menyesap kopi atau meinum air kelapa segar dari pantainya yang elok. Dijamin bakal bikin betah.

6. Pulau Bawah

Pulau Bawah
info gambar

Bergeser kembali ke Pulau Anambas, kawan bisa bersantai ria di salah satu tempat tersembunyi di sekitaran pulau tersebut, yakni di Pulau Bawah. Sebuah pulau yang digarap menjadi resor yang ramah lingkungan dan berbasis konservasi.

Karena memang bikin betah, di sana kawan bisa menginap di beberapa bungalo yang tersedia. Kawan bisa memilih bungalo Tent Villa atau Water Villa. Karena kawasan ini menjadi salah satu destinasi dengan infrastruktur lengkap, maka wajar saja banyak beragam fasilitas menarik, seperti kolam renang, bar, perpustakaan, hingga spa.

7. Gurun Telaga Biru

Jika bosan dengan wisata pantai dan pulau, kawan GNFI bisa sambangi salah satu spot wisata yang unik dan eksotis, yakni Gurun Telaga Biru. Sebuah tempat bekas pertambangan yang menjelma menjadi telaga dengan air berwarna biru yang di sekelilingnya terdapat gumuk pasir, alias gurun kecil.

Lokasi tempat yang konon menjadi favorit pelancong untuk dunggah di media sosial Instagram ini ada di Desa Busung, Kabupaten Bintan, Kepri.

Soal kenapa airnya yang berwarna biru toska itu adalah diakibatkan dari cekungan kawasan tambang yang terisi air hujan secara terus menerus. Sementara untuk gurun pasirnya adalah bekas tambang yang mengeras pasir.

Nah, kawan, itu;ah tadi beberapa destinasi yang bisa kamu sambangi di Kepri untuk mengobati kepenatan kawan dari aktivitas keseharian. Memang, tentu masih banyak tempat-tempat lainnya yang dapat kawan eksplorasi di sana.

Jadi, tunggu apalagi?

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini