Ingin Rasakan Sensasi Wisata Berbeda? Datang Saja ke Madura

Ingin Rasakan Sensasi Wisata Berbeda? Datang Saja ke Madura
info gambar utama

Kawan GNFI, meski tidak setenar daerah sekitarnya seperti Surabaya, Bali, dan Lombok, Pulau Madura nyata punya potensi wisata yang tak kalah indahnya. Jika boleh dibilang, pulau ini jauh lebih asyik untuk dijelajahi karena belum sekondang tiga tempat yang disebutkan di atas. Bahkan, bujet yang dikeluarkan juga masih relatif lebih murah.

Pulau Madura, selain tenar dengan wisata budaya Karapan Sapinya, juga ternyata memiliki ragam pesona pantai, perbukitan, gunung, hingga air terjun. Sejatinya, ada sensasi dari tiga kategori tempat wisata yang bisa kawan GNFI datangi di Pulau Madura, yakni sensasi wisata telaga, perbukitan, dan tentunya sensasi wisata pantainya.

Nah, kawan, berikut beberapa objek wisata di Pulau Madura yang bisa kawan GNFI jelajahi.

1. Sensasi wisata telaga

Salah satu sensasi destinasi wisata di Madura adalah wisata telaga, baik itu yang berada di tengah hutan, di sekitar persawahan, maupun di tempat lainnya. Berikut di antaranya:

Telaga Sumber Pocong

Nama pemandiang ini memang unik, karena memang terletak di Desa Pocong, Bangkalan, Madura. Pemandian dengan air tawar sebening kristal ini adalah salah satu destinasi wisata Madura terbaik yang bisa kawan GNFI sambangi.

Meski namanya terkesan menyeramkan, nyatanya Pemandian Sumber Pocong menawarkan suaka berlibur asri, karena letaknya yang tersembunyi dan butuh usaha lebih untuk mencapainya. Namun begitu, segala upaya itu akan terbayar begitu sampai di sana.

Kawasan di sekitar pemandian ini masih alami dan dikelilingi pepohonan rimbun. Mengunjungi destinasi wisata ini, kawan GNFI bisa bersantai sambil menikmati rindangnya pepohonan atau berenang sepuasnya.

Telaga Kermata

Sensasi wisata telaga selanjutnya ada di Telaga Kermata, yang terletak di Saronggi, Sumenep. banyak yang bilang, telaga ini memiliki pemandangan yang sangat menyejukan. Tak heran, memang karena dengan air yang jernih, telaga ini kotras dengan pemandangan di sekitarnya. Konon, Telaga Kermata awalnya merupakan sumber mata air.

Pada masa penjajahan Belanda, Telaga Kermata berfungsi sebagai danau buatan yang dimanfaatkan sebagai sistem irigasi untuk sawah di sekitarnya. Sementara di masa sekarang, obyek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan memesona dengan berbagai fasilitas permainan air yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Untuk mengunjungi telaga ini, kawan GNFI harus menempuh jarak sekira 7 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Sumenep.

2. Sensasi wisata perbukitan

Setelah menikmati sejuknya sensasi wisata telaga, kawan GNFI juga bisa beranjak ke sensasi wisata selanjutnya, yakni sensasi wisata perbukitan. Berikut di antaranya:

Bukit Kapur Arosbaya

Bukit kapur Arosbaya
info gambar

Nah, jika kawan GNFI ingin menjelajah ke kawasan perbukitan di Madura, sambangi saja Bukit Kapur Arosbaya. Tempat yang juga dikenal dengan sebutan Bukit Pelalangan ini ada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura.

Jika lazimnya kawan GNFI melihat bukit kapur cenderung berwarna putih, maka tidak dengan Bukit Kapur Arosbaya yang berwarna merah kecoklatan. Bukit ini memang dulunya merupakan sebuah tambang batu kapur, tapi setelah tidak lagi beroperasi, bukit kapur ini menjadi tujuan wisata di Madura yang menarik.

Konturnya yang alami dan dan masih banyak ditumbuhi tanaman liar, membuat lokasi ini seperti lokasi pengambilan gambar film petualangan.

Bukit Geger

Sementara jika kawan GNFI ingin menikmati keindagan alam dari ketinggian, datang saja ke Bukit Geger, yang terletak di Laok Kunong, Geger, Bangkalan. Bukit Geger merupakan salah satu titik tertinggi di Madura. Di sana kawan bisa melihat hamparan pemandangan hijau pulau garam ini.

Dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan mahoni, kawan GNFI juga bisa menikmati asrinya alam dan melihat berbagai satwa-satwa liar yang hidup di dalam kawasan ini.

Bukit Jaddih

Bukit Jaddih
info gambar

Kemudian ada Bukit Jaddih, yang merupakan salah satu dari wisata perbukitan di Madura. Secara umum, Bukit Jaddih adalah lokasi bekas penambangan kapur yang sudah lama tak beroperasi. Namun pesona alamnya membuat para wisatawan betah berlama-lama di sana.

Saat mengunjungi bukit ini, kawan GNFI bisa berjalan-jalan di antara tebing tinggi berwarna putih atau bersantai di kolam berwarna biru di kawasan tersebut. Kawan juga bisa menyewa perahu rakit yang tersedia untuk mengelilingi kolam yang terbentuk dari bekas aktivitas penambangan bukit kapur tersebut.

Saking indahnya pemandangan yang disuguhkan Bukit Jaddih, tak sedikit pengunjung yang memanfaatkannya sebagai salah satu tujuan foto pre-wedding.

3. Sensasi wisata pantai

Sensasi wisata terakhir yang bisa kawan GNFI rasakan di Madura adalah di kawasan pantai atau perairan. Tak sedikit yang bilang bahwa objek wisata pantai dan perairan di Madura tak kalah elok dengan daerah-daerah lain, seperti Bali maupun Lombok. Simak ulasan berikut.

Gili Iyang

Yang pertama ada Gili Iyang, satu pulau menarik yang bisa kawan GNFI jadikan tujuan wisata saat berkunjung ke Madura. Kawasan ini tak hanya menawarkan berbagai pemandangan alam yang indah, tapi daya tarik utama dari objek wisata ini adalah udaranya yang sangat menyegarkan. Wajar saja, Gili Iyang merupakan pulau dengan kadar oksigen paling tinggi di dunia. Keren, kan!

Gili Labak

Gili labak
info gambar

Puas ke Gili Iyang, kawan GNFI bisa lanjjt ke Gili Labak, salah satu destinasi wisata yang tak kalah keren. Bahkan, dikatakan Gili Labak mampu menandingi pesona wisata terkenal Gili Trawangan, Lombok. Gili Labak merupakan pulau yang dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan perahu dari Pelabuhan Kalianget.

Meski pulaunya terbilang berukuran kecil, kawasan wisata perairan di Madura ini menawarkan keindahan pemandangan pasir putih yang kontras dengan ombak biru serta gugusan terumbu karang yang istimewa.

Jika kawan GNFI sempat mengunjungi tempat ini, maka jangan sampai kelewatan menjelajahi pemandangan bawah lautnya yang memesona.

Kapal Jodoh

Dengan latar panorama pantai utara Madura yang indah, ada sebuah kapal yang menarik perhatian wisatawan. tapi, kapal itu bukan kapal yang secara fungki akan menjelajah lautna, melainkan sebuha tempat berkumpulnya para wisatawan untuk menikmati panorama pantai, sambil menikmati hidangan makanan.

Selain berfungsi sebagai restoran, kapal ini juga tenar sebagai lokasi foto instagenic berkat bentuk bangunannya yang unik. Tak hanya itu, Kapal Jodoh merupakan salah satu tempat terbaik menikmati matahari tenggelam (sunset) di Pulau Madura.

Air Terjun Toroan

air terjun toroan
info gambar

Nah, buat kawan GNFI yang senang mengunjungi wisata air terjun, ada air terjun yang menarik di Madura, namanya Air Terjun Toroan. Terletak di Desa Ketapang, Kabupaten Sampang, Air Terjun Toroan adalah salah satu air terjun yang cukup unik, karena curahan airnya langsung mengalir ke Laut Jawa.

Dengan pesona yang unik itu, disarankan untuk menyambangi air terjun ini baiknya di sore hari, karena panorama yang kontras dengan pemandangan langit yang jingga kemerahan sehingga pemandangan Air Terjun Toroan jadi lebih menakjubkan.

Sayangnya di kawasan ini, para pengunjung tak disarankan untuk berenang, karena arusnya yang deras dan langsung mengalir ke Laut Jawa.

Nah, kawan GNFI, itulah tadi beberapa destinasi wisata di Madura yang sensasinya bisa kamu rasakan secara berbeda dari destinasi-destinasi wisata lainnya.

Selamat menjelajah!

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini