Pentingnya Prosesor Mumpuni dalam Industri Pengolahan Data

Pentingnya Prosesor Mumpuni dalam Industri Pengolahan Data
info gambar utama

Kawan GNFI, di era industri 4.0 seperti saat ini, data menjadi sangat penting bagi konsumen, pemerintah, dan perusahaan di berbagai jenis. Kehadiran komputer dan internet membuat dunia kini dipenuhi beragam data. Segala jenis proses digital dan pertukaran yang ada di media sosial pun menghasilkan data.

Saat ini pengguna internet di seluruh dunia mencapai 3,6 miliar penduduk atau mencapai 50 persen dari populasi dunia. Sementara di Indonesia, sekitar 150 juta penduduk (56 persen) menjadi pengguna internet. Fenomena ini tentu saja menjadi potensi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi.

Ini artinya, saat ini pencapaian perusahaan tak hanya dilihat dalam kasat mata, tetapi juga dalam bentuk data yang semakin berkembang di era komputasi ini. Karena itu, dibutuhkan inovasi terbuka bagi perusahaan untuk mulai perlu memindahkan beban kerja kritisnya ke cloud (komputasi awan) dalam melakukan optimalisasi pekerjaan yang berbasis pengolahan data.

Kongsi AMD dan Microsoft untuk industri pengolahan data

Untuk menopang industri pengolahan data yang kian berkembang dan tentunya terus dibutuhkan, produsen prosesor AMD baru saja mengumumkan dukungan pada platform Microsoft Azure Virtual Machine (VM) untuk jajaran prosesor AMD EPYC.

Kerja sama yang dijalin dengan Microsoft tersebut, diklaim dapat memberikan pengguna soal solusi dari Platform as a Service (PaaS) yang bisa dioptimalkan untuk eksplorasi data dan analisis real-time di layanan platform Azure Data Explorer.

Jajaran Azure VM berbasis prosesor AMD EPYC memungkinkan pelanggan Azure Data Explorer untuk mendapatkan performa hingga 30-50 persen lebih baik pada beban kerja analisis data dengan biaya yang sama.

Dengan performa dan efisiensi tersebut, pengguna Azure Data Explorer dapat meningkatkan analisis real-time pada streaming data volume besar yang berasal dari aplikasi, situs web, perangkat IoT (internet of things), dan lainnya.

‘’Peningkatan performa dan kapabilitas efisiensi yang diberikan oleh VM yang didukung AMD EPYC pada Microsoft Azure Data Explorer adalah bukti hebat lainnya dari kapabilitas performa prosesor kami,’’ kata SVP & General Manager, Server Business Unit AMD, Dan McNamara, dalam siaran pers yang diterima redaksi (26/10).

McNamara menambahkan, tim AMD, Azure, dan Azure Data Explorer, bekerja sama menghadirkan peningkatan performa ini untuk layanan Azure Data Explorer, memberikan penggunanya lebih banyak kemampuan untuk mengidentifikasi pola, anomali, dan tren, dalam data mereka untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Di sisi lain, pihak Microsoft pun bersemangat dengan kerjasama antara kedua perusahaan tersebut.

‘’Kami senang menghadirkan VM Microsoft Azure yang menampilkan prosesor AMD EPYC kepada pelanggan Azure Data Explorer,” kata Principle Group Program Manager, Microsoft Corp., Uri Barash.

Sebagai salah satu beban kerja terbesar yang berjalan di Azure dan penyimpanan analitik untuk layanan online Microsoft termasuk Office, Windows, dan properti internal lainnya, Azure Data Explorer adalah salah satu layanan paling menuntut kendalan kinerja prosesor.

Performa yang berpadu dengan inovasi perangkat lunak (software) pada layanan Azure Data Explorer, memberikan pelanggan mendapatkan performa dan kemampuan yang lebih banyak lagi saat mereka menjalankan analisis real-time pada volume data yang besar.

prosesor AMD EPYC
info gambar

Apa itu Azure Data Explorer?

Dalam laman Microsoft dijelaskan, Azure Data Explorer adalah layanan eksplorasi data yang cepat dan sangat skalabel untuk data log dan telemetri. Ini membantu para analis data dalam menangani banyak aliran data yang dipancarkan oleh perangkat lunak modern, sehingga para analis tadi dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data.

Sejatinya, Azure Data Explorer cukup ideal untuk menganalisis beragam data dalam jumlah besar dari sumber data apapun, seperti situs web, aplikasi, perangkat IoT, dan lainnya. Data ini digunakan untuk mendiagnosis, memantau, membuat pelaporan, pembelajaran mesin (machine learning), serta kemampuan analisis tambahan.

Azure Data Explorer diklaim akan membuat lebih sistematis untuk menyerap data-data tadi, dan memungkinkan para analis melakukan kueri ad hoc yang kompleks pada data dalam hitungan detik.

Apa yang membuat layanan ini begitu unik?

Salah satu kekuatan Azure Data Explorer adalah mampu menskalakan data dengan cepat hingga kapasitas terabyte dalam hitungan menit, serta memungkinkan kecepatan eksplorasi data untuk menemukan kesimpulan yang relevan.

Lain itu, Azure Data Explorer juga menawarkan bahasa kueri yang inovatif dan optimal untuk analisis data berkinerja tinggi yang berasal dari data heterogen bervolume tinggi (terstruktur dan tidak terstruktur).

Layanan ini juga memberikan kemampuan untuk membangun dan menerapkan apa yang perusahaan butuhkan, yakni dengan menggabungkan dengan layanan lain untuk menyediakan solusi analisis data yang menyeluruh, kuat, dan interaktif.

Kapabilitas Azure Data Explorer diperluas oleh layanan lain yang dibangun dalam bahasa kueri yang kuat, termasuk log Azure Monitor, Application Insights, Time Series Insights, dan Windows Defender Advanced Threat Protection.

Tentunya, kerjasama AMD dan Microsoft ini adalah kabar baik untuk untuk mendukung pengelolaan data yang ada pada perusahaan-prusaahan di Indonesia, sehingga data-data tersebut dapat dianalisis untuk bisa dijadikan acuan pengambilan keputusan yang tepat terkait strategi atau pemasaran, serta mampu memprediksi komponen data dalam jangka panjang.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini