Banjir Cashback, ShopeePay Tumbuh Paling Pesat dalam Menarik Pengguna

Banjir Cashback, ShopeePay Tumbuh Paling Pesat dalam Menarik Pengguna
info gambar utama

Transaksi elektronik dengan menggunakan aplikasi dompet digital semakin meningkat dalam dua tahun terakhir. Selain dianggap praktis, aman, cepat, dan menawarkan banyak keuntungan; transaksi e-wallet juga dianggap lebih aman dan sesuai dengan kondisi pandemi covid-19 yang belum usai.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, dompet digital semakin menjadi pilihan utama konsumen dalam melakukan pembayaran di gerai-gerai belanja online dan offline. Untuk mengetahui trend perilaku ini, Snapcart telah melakukan survey online selama 3 bulan (Juni, Juli, dan Agustus) pada 2020, yang mencakup pengguna e-wallet seluruh Indonesia.

E–Wallet dengan pengguna terbesar dan transaksi tertinggi

Hasil survey menunjukkan dalam 3 bulan terakhir ini, ShopeePay menjadi aplikasi dompet digital dengan user atau pengguna terbesar di Indonesia, angkanya mencapai 68%. Padahal, ShoopePay merupakan pemain baru di dunia e-wallet tanah air.

Saat ini, dibanding kompetitornya, ShopeePay bisa dibilang paling gencar menawarnkan promo.

Gelontoran promo berupa cashback atau potongan harga berhasil memikat pengguna baru di Indonesia.

Tak tanggung-tanggug, cashback layanan ShopeePay hampir tersebar di seluruh merchant, baik itu makanan, kosmetik, paket data hingga barang elektronik.

Catatan tersebut menjadikannya sebagai dompet digital dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia sekaligus berhasil menyalip OVO yang beberapa periode sebelumnya selalu mencatatkan pertumbuhan pengguna yang signifikan.

Selain menjadi e-wallet dengan jumlah pengguna terbesar, ShopeePay juga tercatat memiliki pangsa pasar jumlah transaksi paling tinggi, yakni 32% dari total jumlah transaksi e-wallet di Indonesia, disusul OVO (25%), GoPay (20%), kemudian DANA (16%) dan LinkAja (8%).

Bukan hanya itu, ShopeePay juga mencatatkan pangsa pasar total nilai transaksi terbesar, yakni 34% dari total nilai transaksi e-wallet di Indonesia, diikuti oleh OVO (25% dari total), kemudian oleh GoPay dan DANA yang bersaing ketat di angka masing-masing 16% dan 17%, dan LinkAja (9%).

Baca juga: 5 Dompet Digital Terbaik di Indonesia 2020

E–Wallet dengan frekuensi tertinggi dan paling direkomendasikan oleh pengguna

Hal yang mendukung ShopeePay bisa melejit menjadi e-wallet dengan total jumlah transaksi terbesar tidak hanya karena jumlah pengguna yang paling banyak, melainkan juga tingginya frekuensi pemakaian ShopeePay, dibanding dengan pemain e-wallet lainnya. Frekuensi transaksi bulanan ShopeePay di 9,1 kali per bulan, jauh di atas 2 pesaing terdekatnya, OVO (8,6 kali per bulan), GoPay (6,9 kali per bulan).

Tingginya frekuensi penggunaan ShopeePay juga menunjukkan kenyamanan para pengguna dalam menggunakan e-wallet ini. Pengalaman belanja online yang seamless dan menawarkan cara bertransaksi non-tunai secara aman, efektif, dan efisien membuat para pengguna ingin merekomendasikan ShopeePay. Hal ini tercermin dari hasil survey, di mana 33% responden pun lebih memilih ShopeePay sebagai merek e-wallet yang paling direkomendasikan, diikuti OVO (26%), Dana (20%), GoPay(16%), dan LinkAja (5%).

Baca juga: Shoope, Tokopedia dan Bukalapak Bersaing Keras Memperebutkan Pengunjung Situs Web

Kelebihan ShoopePay

Beberapa contoh cashback pembayaran melalui ShopeePay © Shopee.co.id
info gambar

ShoopePay menawarkan beberapa fitur dan kelebihan diantaranya:

  • Banyak promo berupa cashback terutama di gerai atau merchant baru yang bekerja sama dengan sistem pembayaran ShopeePay, cashback tersebut mulai dari 5% sampai 60%. wow menarik bukan!
  • Pengguna bisa mendapatkan voucher yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan barang di Shopee hingga voucher gratis ongkos kirim yang menguntungkan.
  • Pengguna bisa mendapatkan cashback berupa penambahan saldo dari transaksi yang dilakukan. Selanjutnya, cashback bisa digunakan untuk membeli token listrik hingga membeli pulsa, dan lain sebagainya.
  • Pengisian saldo alias top up yang mudah dilakukan.
  • Adanya fitur password yang akan membuat keamanan belanja online semakin terjaga
  • Transaksi yang dilakukan tidak hanya lebih mudah, namun juga cepat.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, maka tidak heran jika akhir-akhir ini banyak pengguna e-wallet yang tertarik melakukan pembayaran menggunakan ShopeePay.

Sebagi informasi, sebentar lagi Shopee akan menutup tahun 2020 dengan menghadirkan Festival 12.12 Birthday Sale bagi para penggunanya. Pembayaran melalui aplikasi ShopeePay menjadi pilihan yang menarik karena diprediksi bakal ada potongan harga besar-besaran.

==

Referensi: Snapchart | Shopee.co.id

Baca Juga :

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini