Terbaru! Inilah 5 Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Terbaru! Inilah 5 Dompet Digital Terbaik di Indonesia
info gambar utama

Dompet digital (e-wallet) adalah layanan aplikasi yang diciptakan guna memberi kemudahan pada penggunanya untuk melakukan berbagai pembayaran. Dengan menggunakan e-wallet, penggunanya dapat melakukan berbagai transaksi jual beli secara elektronik dengan cepat dan juga aman.

Fungsi dompet digital sebenarnya hampir sama dengan dompet saku yang Kawan GNFI pegang. Namun, bedanya dompet ini berbentuk virtual sehingga tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung.

Dompet elektronik hanya bisa digunakan untuk transaksi non tunai. Transaksi yang bisa dilakukan dengan e-wallet belakangan ini semakin banyak dan berkembang serta menjadi tren bagi masyarakat. Penggunaannya yang praktis ditambah dengan promo yang banyak membuat masyarakat perlahan beralih ke dompet digital.

Berikut 5 Dompet Digital Terbaik di Indonesia 2020 Berdasarkan Rating Pengguna di Google Playstore

1. Dana (Rating 4,5)

Secara mengejutkan Dana mampu menjadi e-wallet dengan rating tertinggi di Google Playstore. Perusahaan yang dikelola oleh PT Espay Debit Indonesia ini berhasil mendapatkan rating 4.7 (dalam skala 0-5). Tidak hanya itu, Dana juga mendapat banyak sekali ulasan positif dari penggunanya.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membayar tagihan dan berbelanja di berbagai merchant, bahkan terhubung dengan ATM Bersama serta BPJS Kesehatan.

Yang menarik dari Dana adalah aplikasinya terhubung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga mampu mempermudah urusan administrasi kependudukan

Aplikasi ini juga beberapa kali menawarkan promo yang menarik seperti pemberian voucher 50% untuk pembayaran tagihan listrik, air dan berbagai cicilan. Tak hanya itu, Dana juga menawarkan potongan sampai 50% bagi pengguna yang belanja di Ramayana dan Robinson di seluruh Indonesia.

2. Sakuku (Rating 4,4)

Dompet digital terbaik di Indonesia berikutnya adalah Sakuku. Sakuku memiliki fitur-fitur pembayaran belanja, isi pulsa atau paket data, beli voucher game, dan transaksi perbankan lainnya. Aplikasi ini dikeluarkan oleh salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA).

Hanya dengan mengaktifkan fitur Quick Response (QR), Kawan GNFI langsung bisa membayar belanjaan di gerai merchant Sakuku. Dengan memindai kode QR ini, Kawan GNFI juga bisa melakukan transfer ke pengguna Sakuku lainnya gratis tanpa biaya adminisitrasi.

Ada banyak transaksi perbankan yang bisa kamu lakukan dengan Sakuku, seperti top up di ATM BCA, KlikBCA Individual, dan BCA mobile, mengirim uang ke rekening BCA, penarikan uang tunai di ATM BCA, dan lain-lain.

3. GoPay (Rating 4,3)

Pengguna aktif Gojek tentu tidak asing dengan GoPay. GoPay adalah layanan pembayaran berbasis aplikasi yang merupakan bawaan dari aplikasi Gojek. Gopay merupakan salah satu dompet digital paling populer dan memiliki basis pengguna yang cukup banyak.

Tidak hanya digunakan untuk transaksi layanan Gojek, GoPay juga dapat digunakan untuk transaksi non-tunai di berbagai merchant. Dengan GoPay Kawan GNFI juga bisa melakukan pembayaran untuk pulsa dan data, bayar tagihan seperti BPJS, PLN, WiFi, cicilan kredit, Indihome, PDAM, TV berbayar, pembayaran toko online bahkan toko offline, dan masih banyak lagi.

GoPay juga sering memberikan beragam promo menarik dan diskon bagi penggunanya. Yang lebih penting, GoPay telah mendapatkan lisensi uang elektronik atau e-money dari Bank Indonesia.

4. iSaku (Rating 4,3)

Dompet digital yang dimiliki oleh konglomerat Indonesia, kelompok Salim, ini berhasil mendapat rating 4,3 dari para penggunanya. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi dengan fasilitas token dan kode OTP melalui smartphone.

iSaku dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk setor tunai, belanja, maupun tarik saldo dengan basis token. Semua transaksi tersebut bisa dilakukan melalui sekitar 14 ribu gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berbagai jenis promo dan program loyalitas untuk pelanggan Indomaret kini juga mulai diintegrasikan ke dalam aplikasi tersebut. Selain itu para pengguna iSaku juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan saldo, karena aplikasi ini telah mendapat izin uang elektronik dari Bank Indonesia.

5. LinkAja (Rating 4,2)

LinkAja mulai beroperasi 21 Februari 2019 untuk menggantikan aplikasi TCash milik Telkomsel. LinkAja sendiri didirikan oleh Telkomsel bersama anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya, yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, Pertamina, Asuransi Jiwasraya dan Danareksa.

Melalui LinkAja, pengguna bisa melakukan berbagai macam transaksi non-tunai seperti transfer uang ke sesama pengguna LinkAja, membeli pulsa atau paket data internet semua operator, membayar tagihan listrik atau token PLN, membayar biaya transportasi seperti tiket pesawat dan kereta api. Meskipun dompet digital ini tergolong baru, namun LinkAja mampu menawarkan layanan yang cukup lengkap.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini