Kemenkes dan GIPA Dukung Profesional Luar Negeri Berkontribusi di Tanah Air

Kemenkes dan GIPA Dukung Profesional Luar Negeri Berkontribusi di Tanah Air
info gambar utama

Sebuah forum virtual bertajuk Global Boardroom Series diselenggarakan oleh Global Indonesia Professionals Association (GIPA). GIPA sendiri adalah sebuah organisasi non-profit yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia Tanah Air, serta hubungan investasi dengan negara asing.

Forum yang diselenggarakan pada 11 April 2021 tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin (BGS), Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, dan jajaran petinggi Kementerian Kesehatan.

Tak hanya itu, para pimpinan hub asosiasi profesional Indonesia yang tersebar di Inggris, Denmark, Swiss, Amerika Serikat, Hong Kong, Singapura dan berbagai negara G20 dan ASEAN lainnya juga hadir di forum tersebut.

Banyak dokter WNI di luar negeri yang ingin kembali ke Indonesia

Rangkaian acara dalam forum Global Boardroom Series bertujuan untuk menghubungkan para pimpinan hub di G20 dan ASEAN dengan para pembuat keputusan di Indonesia sekaligus bertukar pikiran mengenai kepemimpinan dalam berbagai bidang di Tanah Air.

Dengan dukungan Kementrian Kesehatan, GIPA juga mengusung mengusung tema terkait dengan tantangan global saat ini yakni dalam menghadapi pandemi Covid-19. Terkait tantangan tersebut, GIPA sebelumnya telah melakukan sebuah riset yang diberi nama “Gagasan GIPA” dengan tujuan mempercepat proses adaptasi dokter Indonesia lulusan luar negeri supaya dapat praktik di Indonesia.

Menurut hasil riset “Gagasan GIPA” disebutkan bahwa ada sebanyak 91% dari dokter WNI yang menetap di luar negeri mengatakan bahwa mereka tertarik untuk kembali ke Indonesia. Namun, hanya 16 persen responden yakin bahwa mereka memahami tahap-tahap proses adaptasi untuk kembali ke Indonesia.

Penghambat kepulangan pekerja Indonesia ke Tanah Air disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain kurangnya akses kepada informasi untuk publik, dan juga proses penundaan.

Kemenkes dukung para professional kesehatan untuk berkontribusi di Indonesia

Dalam forum tersebut Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin juga berkesempatan membagikan pengalaman karirnya hingga dipercaya menjadi Menkes oleh Presiden Jokowi. Mantan Wamen BUMN tersebut mengaku bahwa ia tidak datang dari latar belakang dunia kesehatan.

Meskipun begitu, ia yakin dalam menghadapi krisis seperti yang terjadi saat ini rasa kepemimpinan dan entrepreneurial-nya berperan penting untuk memahami bahwa sistem kesehatan di Indonesia tidak hanya bergantung pada aspek kesehatan saja, tetapi juga pada koordinasi sistem kesehatan yang optimal.

Beliau mengatakan bahwa saat ini adalah “momentum bagi para profesional Indonesia yang bergerak dalam bidang kesehatan di luar negeri, untuk mengambil posisi terdepan untuk berkontribusi dalam sektor kesehatan di Indonesia”.

Presdir Bank Mandiri periode 2013-2016 itu juga berharap GIPA bisa terus memfasilitasi kontribusi teman-teman profesional Indonesia yang bekerja di luar negeri terlebih kemenkes juga akan memulai reformasi di bidang kesehatan terutama di bagian SDM.

Sebagai penutup Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono juga menyampaikan keterbukaan dan kesiapan pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Kesehatan RI untuk membantu WNI yang berprofesi di bidang kesehatan di luar negeri yang ingin kembali ke Indonesia dan berkontribusi dalam pembangunan sistem kesehatan negeri.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini