Deretan Lagu Indonesia yang Sukses Menggema di Mancanegara

Deretan Lagu Indonesia yang Sukses Menggema di Mancanegara
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Kawan, sudah tahu belum kalau beberapa musik pop ciptaan musisi Indonesia banyak yang dikenal sampai kancah internasional? Indonesia patut berbangga karena berbagai genre lagu yang diciptakan oleh musisi asal tanah air, bisa dikenal di mancanegara. Ini menjadi sebuah prestasi di bidang musik.

Hadirnya YouTube dan Instagram memberikan keuntungan tersendiri bagi dunia musik. Dua media digital tersebut mampu membuat beberapa lagu ciptaan musisi tanah air dikenal luas hingga menggema di dunia.

Tak hanya karena memiliki alunan musik indah, tapi juga penggalan liriknya yang mempunyai arti cukup dalam. Seperti halnya lagu "Mungkin Nanti" karya Peterpan atau yang kini dikenal sebagai Noah.

Untuk itu, berikut sejumlah lagu dari musisi Indonesia yang naik daun hingga ke mancanegara. Mulai dari lagu tahun 2000-an hingga lagu masa kini.

Baca Juga: Industri Musik Indonesia dari Masa ke Masa hingga Royalti

Lagu "To The Bone" Pamungkas

Lagu "To The Bone" ciptaan Pamungkas berhasil memecahkan rekor paling lama menduduki tangga lagu Indonesia Top 50, dalam layanan musik streaming Spotify. Lagu ini telah menduduki Indonesia Top 50 selama tujuh pekan berturut-turut, mengalahkan lagu "Lathi" milik Weird Genius feat. Sara Fajira yang hanya mampu bertahan selama enam pekan.

"To The Bone" sendiri mulai berada di posisi tangga lagu Indonesia Top 50 Spotify sejak 9 Maret 2021. Setelah itu, lagu berdurasi lima menit lebih ini konsisten ada di puncak sampai 27 April 2021.

Tak sampai di situ, lagu yang viral di TikTok ini juga berhasil menduduki puncak tangga lagu Spotify lainnya, termasuk tangga lagu Viral 50 global. Kini, sampai tulisan ini diterbitkan, lagu "To The Bone" sudah didengarkan lebih dari 62 juta sejak dirilis.

Lagu "I Love You 3000" Stephanie Poetri

Lagu "I Love You 3000" merupakan lagu pertama milik Stephanie Poetri yang mampu mendongkrak kariernya. Lagu yang dirilis tahun 2019 ini pernah berada di posisi teratas Global Viral 50 Spotify.

Selain itu, lagu "I Love You 3000" juga masuk daftar lagu Top Hits Indonesia, Thailand Viral 50, Malaysia Viral 50, Singapore Viral 50, dan Taiwan Viral 50 di Spotify. Bahkan, lagu ini juga heboh dibicarakan di internet. Hingga akhirnya, lagu "I Love You 3000" dinyanyikan lagi oleh Jackson Wang, anggota grup K-pop GOT7 versi bahasa Mandarin.

Atas dasar itulah, akhirnya Stephanie dan Jackson berkolaborasi di lagu tersebut dan dirilis oleh label rekaman 88 Rising, yang diproduseri oleh Joji. Keren, ya!

Lagu "Lathi" Weird Genius ft. Sara Fajira

Lagu "Lathi" yang dirilis tahun 2020 telah berhasil mengharumkan nama tanah air lewat kancah musik internasional. Eka Gustiwana, Gerard Liu, dan Reza Arap yang terlibat dalam Grup Weird Genius telah sukses terkenal di seluruh dunia lewat lagu "Lathi", yang dinyanyikan oleh Sara Fajira.

Baca jugaDigandeng Label Musik Internasional, Weird Genius Sepayung dengan Musisi Internasional

Bahkan, poster Weird Genius terpampang besar di papan iklan di kawasan Times Square, New York, Amerika Serikat pada Juli 2020 lalu. Kini, saat tulisan ini diterbitkan, lagu 'Lathi' telah ditonton lebih dari 109 juta kali di YouTube sejak diunggah pada 26 Maret 2020.

Lagu "Lagi Syantik" Siti Badriah

Lagu "Syantik" yang dinyayikan Siti Badriah telah diunggah di Youtube sejak 9 Agustus 2018. Hingga saat ini, musik video lagu Syantik di Youtube telah ditonton lebih dari 641 juta kali.

Bahkan, lagu ini sempat tranding di Youtube. Ditambah lagi, lagu "Syantik" juga sukses menarik perhatian GTI, salah satu boyband asal Korea. Wah, keren!

Lagu "Sephia" Sheila On 7

Lagu "Sephia" yang dinyanyikan band Sheila On 7 telah rilis sejak tahun 2000-an. Lagu ini adalah lagu yang paling banyak mendapatkan penghargaan dari berbagai kategori musik.

Lagu "Sephia" juga sukses di Taiwan setelah dinyanyikan ulang oleh Qi Qin. Fakta lain dari lagu "Sephia" adalah sering dikaitkan dengan cerita mistis.

Lagu "Cari Jodoh" Wali

Lagu "Cari Jodoh" ciptaan Wali banjir apresiasi dari para penikmat musik dalam dan luar negeri. Lagu bergenre pop ini pertama kali diliris pada 2009 dengan memiliki lirik yang jenaka, hingga akhirnya membuat Fabrizio Faniello, penyanyi asal Jerman, menyanyikan ulang lagu ini.

Fabrizio Faniello menyanyikan lagu ini saat Euorovision Song Contest tahun 2001 dan 2006 mewakili negaranya pada Euorovision Song. Ia telah membayar hak cipta kepada Faank dan kawan-kawan.

Meski begitu, Faniello telah mengubah judul lagu "Cari Jodoh" menjadi "I No I Can Do" dengan penggunaan musik yang tetap sama.

Lagu "Mungkin Nanti" Peterpan

Lagu "Mungkin Nanti" yang diciptakan oleh Peterpan atau kini telah berubah nama grup musiknya menjadi Noah, dirilis pada tahun 2004 lalu. Lagu begenre pop ini merupakan salah satu lagu dari album "Bintang Surga".

Lagu "Mungkin Nanti" dikenal di mancanegara karena memiliki versi bahasa inggrisnya dengan judul "One Day". Lagu "One Day" memiliki beat yang lebih tinggi dan cepat daripada lagu "Mungkin Nanti".

Lagu "Sempurna" Andra and The Backbone

Lagu "Sempurna" Andra and The Backbone pertama kali rilis pada tahun 2007. Lagu bergenre pop rock dan rock ini memuat komposisi musik dari Andra Ramadhan dan Stevi Item.

Seperti judulnya, lagu "Sempurna" terasa sempurna di hati pendengarnya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sejumlah musisi Indonesia hingga internasional yang menyanyikannya kembali. Seperti halnya Gita Gutawa pernah menyanyikan ulang lagu ini.

Selain Gita Gutawa, musisi asal korea bernama Nicholas hingga band asal jepang Shiroi Iro Wa Koibito No Iro juga pernah menyanyikan lagu "Sempurna" lagi dengan versi yang berbeda. Nicholas telah memasukkan lagu ini ke dalam album "The Moment of Silence".

Lagu "Bengawan Solo" Gaesang

Baca juga Kisah Pak Dal dan Mahakarya Lagu "Bintang Kecil"

Indonesia sangat bangga dengan kehadiran lagu "Bengawan Solo" ciptaan Gaesang. Tidak hanya karena makna lagunya, "Bengawan Solo" juga familiar di mancanegara.

Hingga saat ini, lagu tersebut telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa. Salah satunya bahasa Inggris yang dinyanyikan oleh Mona Fong musisi asal Britania.

Nah, itu dia beberapa lagu karya musisi Indonesia yang dinyanyikan ulang ke dalam bahasa asing. Di antara semua lagu di atas, mana lagu kesukaan Kawan?*

Referensi: Tirto.id | IDN Times | Kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini