Garuda Indonesia Tambah Jajaran Penghargaan Bertaraf Internasional

Garuda Indonesia Tambah Jajaran Penghargaan Bertaraf Internasional
info gambar utama

Di tengah situasi krisis pandemi yang melanda berbagai industri termasuk maskapai penerbangan, nyatanya upaya untuk bertahan tetap dilakukan berbagai pelaku di industri satu ini tanpa kecuali, termasuk Garuda Indonesia.

Bersamaan dengan segala upaya yang terus dilakukan hingga detik ini, maskapai milik negara tersebut baru saja meraih pencapaian baru dalam skala internasional yang seakan memberi angin segar dan harapan akan keberlangsungan Garuda Indonesia di tengah situasi pandemi yang terjadi.

Pada akhir bulan Juni 2021, Garuda Indonesia meraih penghargaan “5-Star Covid-19 Airline Safety” dari Skytrax, sebuah lembaga pemeringkatan penerbangan independen dalam skala global yang berpusat di London, Inggris.

Melansir laman resmi Skytraxratins.com, Covid-19 Airline Safety merupakan penilaian dengan sertifikasi terpercaya yang diberikan kepada maskapai di berbagai negara yang menerapkan protokol kesehatan terbaik dalam layanan penerbangan di tengah situasi pandemi.

Bukan Cuma Garuda Indonesia, Ini Maskapai Tanah Air yang Berjuang Hadapi Krisis

Adapun sertifikasi yang dikeluarkan oleh Skytrax didapuk sebagai akreditasi keselamatan Covid-19 pertama di dunia untuk industri penerbangan, yang dianggap sebagai tolak ukur global untuk menentukan jaminan perjalanan yang aman bagi para pengguna layanan maskapai.

CEO Skytrax, Edward Plaisted, menilai bahwa Garuda Indonesia memiliki uoaya yang tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang di tengah situasi pandemi yang terjadi.

“Garuda Indonesia telah menerapkan banyak pertimbangan dalam pengurangan risiko Covid-19 yang aman, praktis, dan telah berusaha meminimalisir ketidaknyamanan yang berpotensi dialami penumpang baik di bandara maupun penerbangan di dalam pesawat,” ungkap Edward dalam rilis resmi Skytrax.

Menganggapi penghargaan yang diraih, President dan CEO of Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyatakan bahwa penghargaan yang kembali diraih kali ini merupakan bukti komitmen perusahaannya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna setia layanan maskapai Garuda Indonesia.

“Garuda Indonesia akan menjunjung tinggi komitmen jangka panjang kami untuk memahami kebutuhan penumpang akan penerbangan yang nyaman dan andal,” jelas Irfan.

Sejarah Kejayaan Garuda Indonesia yang Pernah Kuasai Langit Asia

Penilaian dan maskapai dunia dengan penghargaan sejenis

Penghargaan 5-Star Covid-19 Airline Safety Skytrax
info gambar

Dalam penilaiannya, rating Covid-19 Airline Safety ini memperhatikan segala aspek dalam operasional yang diterapkan setiap maskapai selama situasi pandemi, yaitu pelaksanaan program kesehatan seperti standar jarak sosial, prosedur pembersihan di bandara dan lingkungan di dalam pesawat, serta program kesehatan lainnya.

Berdasarkan penilaian tersebut, Garuda Indonesia menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang berhasil meraih penghargaan “5-Star Covid-19 Airline Safety Rating”, setelahnya disusul oleh Vietnam Airlines dan menambah jajaran 6 negara lain yang sudah lebih dulu mendapat penghargaan tersebut.

Adapun ke-6 negara yang sejajar dengan Garuda Indonesia dalam peringkat ini yaitu Fiji Airways, Japan Airlines, Oman Air, Qatar Airways, airBaltic, dan ANA All Nippon Airways.

Pencapaian yang diraih Indonesia ini bahkan mengalahkan maskapai penerbangan dunia lain, layaknya British Airways dan Emirates, yang harus berpuas diri dengan meraih penghargaan “4-Star Covid-19 Airline Safety Rating”.

Garuda Indonesia Puncaki Klasemen Punctuality League 2020

Jajaran penghargaan internasional yang dimiliki Garuda Indonesia

Sertifikat Covid-19 Airlien Safety Rating Garuda Indoenesia
info gambar

Bukan kali pertama, penghargaan yang baru diraih ini jelas menambah daftar panjang penghargaan yang sudah dimiliki oleh Garuda Indonesia baik dari lembaga yang sama yaitu Skytrax, maupun lembaga penilaian maskapai dunia lainnya yang tidak kalah berkompeten.

Berbeda dengan kondisi industri maskapai di tengah situasi pandemi, Garuda Indonesia sejatinya sudah jauh lebih dulu didapuk sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik lewat penghargaan “5-star Airline” pada tahun 2014.

Penghargaan tersebut diraih berdasarkan penilaian dari segi pelayanan dalam berbagai aspek di masing-masing kelas penerbangan yang dimiliki, baik ekonomi, bisnis, dan first class. Penghargaan ini juga membuat Garuda Indonesia sejajar dengan maskapai dunia lain, layaknya Cathay Pacific Airways, Japan Airlines, Korean Air, dan Qatar Airways.

Adapun penghargaan lain yang berhasil diraih Garuda Indonesia dari Skytrax yaitu “World's Most Improved Airline”, “World Best Economy Class", dan "World Best Economy Class Seat" pada tahun 2013. Pada tahun 2016, penghargaan kembali diraih dengan mendapatkan predikat “World’s Most Loved Airline” dan “World’s Best Cabin Crew” yang masih diberikan oleh Skytrax.

Setahun setelahnya, penghargaan internasional kembali diraih dari lembaga nirlaba global yang juga berbasis di London, Inggris, yaitu World Branding Forum menjadikan Garuda Indonesia sebagai pemenang dalam ajang World Branding Award.

Sedangkan berdasarkan penilaian lembaga nirlaba maskapai penerbangan dunia lainnya, Airline Passenger Experience Association (APEX), turut serta mendapuk Garuda Indonesia ke dalam daftar maskapai dengan penghargaan “Five Star Global Airline” berturut-turut di tahun 2017 dan 2018, sejajar dengan Emirates, Etihad Airways, dan Qatar Airways.

Sertifikasi Internasional untuk Penanganan Delay Garuda Indonesia

Konten di atas sebagian memakai konten yang ada di Wikipedia. Untuk melihat yang lainnya, silakan klik tautan berikut Arsip Wikipedia. Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini