Atlet BMX Gunakan Sepeda Buatan Gresik di Olimpiade Tokyo 2020

Atlet BMX Gunakan Sepeda Buatan Gresik di Olimpiade Tokyo 2020
info gambar utama

Meski tidak ikut mengirimkan atlet untuk cabang olahraga sepeda di Olimpiade Tokyo 2020, masyarakat Indonesia patut berbangga hati. Sebab, sepeda buatan Tanah Air yaitu Thrill Bicycle digunakan oleh dua atlet BMX di olimpiade.

Atlet yang menggunakan sepeda karya anak bangsa tersebut ialah Vineta Petersone dari Latvia dan Axelle Etienne dari Prancis. Keduanya sama-sama berlaga dalam cabang olahraga balap sepeda BMX. Diketahui Axelle finis ketiga di Heat 2 dan Vineta finis keenam di Heat 3.

Vineta merupakan pesepeda BMX dengan rangking UCI empat dunia per Juni 2021 dan mengoleksi 586 poin UCI. Sedangkan Axelle menduduki peringkat 12 dunia dengan kumpulan poin sebanyak 395. UCI ialah Union Cycliste Internationale, induk organisasi internasional olahraga sepeda yang diakui oleh Komite Olimpiade Internasional.

Kilas Balik Prestasi Atlet Angkat Besi Indonesia Sepanjang Ajang Olimpiade

Sepeda asal Gresik

Thrill Bicycle yang digunakan kedua atlet tersebut merupakan jenama sepeda asal Gresik, Jawa Timur, di bawah naungan PT Indonesia Bike Works yang didirikan tahun 2021. Mereka fokus memenuhi permintaan sepeda high-end dan memiliki merek sendiri, yaitu Thrill dan Tabibitho. Meski terbilang baru, sepeda-sepeda mereka disambut baik oleh masyarakat Indonesia hingga ke pasar global.

Menurut Nita Yuliana, Marketing Promotion Thrill Bicycle, sepedanya memang merupakan hasil karya anak bangsa. Mulai dari desain sampai produksi pun dilakukan di Indonesia oleh tim dalam negeri.

Bukan hanya di Olimpiade Tokyo 2020, Thrill Bicycle juga pernah eksis di kejuaraan dunia bergengsi seperti BMX International Championship 2021, Asian Games 2018, dan Olimpiade Rio 2016.

PT Indonesia Bike Works diketahui memiliki visi dan misi untuk menempatkan semangat mereka dalam menghasilkan produk berkinerja tinggi dan membangun komunitas Thrill di seluruh dunia. Tak lupa mendorong dan menginspirasi orang-orang untuk hidup aktif dan menghargai alam.

Manfaatkan Limbah Elektronik, Ini Detail Pembuatan Medali Olimpiade Tokyo 2020

Mengutip situs resmi Indonesia Bike Works, pihaknya ingin memposisikan diri tidak hanya sebagai barang komoditas, tetapi lebih pada produk berkinerja tinggi dan citra merek yang sporty dengan nilai tambah ketika konsumen mendapatkan sepeda Thrill. Produk-produknya dirancang untuk pengendara penggunaan tertentu dan dengan mempertimbangkan geometri dan selera konsumen yang tepat.

Untuk spesifikasi sepeda, dijelaskan di situs resminya bahwa desain frame mengacu pada geometri tubuh pengendara, khususnya Asia. Mereka pun memiliki banyak geometri spesifik per tipe sepeda sesuai kebutuhan pengguna. Produk sepeda menggunakan frame aluminium dengan proses 6016 sesuai standar industri sepeda dunia dan ini menjadikan frame Thrill lebih ringan tetapi tidak mengurangi kekuatannya.

Harga sepeda Thrill cukup bervariasi dan punya banyak tipe, dijual mulai harga Rp2 juta hingga Rp26 jutaan. Pada setiap pembelian sepeda, semua produk Thrill memiliki garansi hingga lima tahun untuk frame dan fork (grid) dengan pemakaian normal, tidak termasuk frame berbahan carbon dan fork bersuspensi.

Medali Pertama untuk Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Sepeda unggulan Thrill Bicycle

Dari sekian banyak tipe sepeda Thrill Bicycle, ada beberapa yang bisa Anda pertimbangkan jika tertarik memilikinya. Mulai dari Thrill Vanquish Elite dengan material alloy. Tipe ini cocok untuk kebutuhan sehari-hari, daya kayuhnya bisa mencapai 30 speed dan menggunakan disk brake, rem yang pakem.

Kemudian ada Thrill Volare 1.0 dengan spesifikasi yang mumpuni, seperti ban tipe semi-slick, percepatan hingga 10 speed, dan memiliki varian warna yang menarik. Tipe ini memiliki pengereman disk brake dengan hardtail suspension.

Ada pula Thrill Vanquish 3.0 dengan harga terjangkau, sekitar Rp3 jutaan dan didominasi warna hitam serta oranye. Termasuk memiliki harga murah, spesifikasinya sebanding dengan harganya. Frame yang digunakan bermaterial alloy dengan percepatan 24 speed.

Bila menginginkan sepeda dengan banyak keunggulan, Thrill Ardent 2.0 mungkin bisa dipertimbangkan. Tipe ini dijual dengan harga Rp10 jutaan dan bagian frame sudah dilengkapi aluminium premium dengan smooth welding. Kursi yang digunakan pun tipe ultra-fine yang memberikan kenyamanan ekstra. Juga dilengkapi ban Schwalbe Lugano 700 x 25C.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini