Alasan Mengapa Toprak Razgatlioglu Wajib Coba Makan Ketoprak

Alasan Mengapa Toprak Razgatlioglu Wajib Coba Makan Ketoprak
info gambar utama

Nama pebalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu, tengah ramai diperbincangkan. Pertama, karena ia menjadi juara dunia World Superbike atau WSBK 2021 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (22/112021).

Kedua, gara-gara nama sang pebalap begitu familiar bagi masyarakat Indonesia, yaitu mirip dengan kuliner lokal, ketoprak yang juga sering disingkat menjadi toprak.

Karena adanya kemiripan nama tersebut, banyak warganet Tanah Air meninggalkan komentar di unggahan Toprak di akun Instagram pribadinya. Komentar-komentar kurang lebih bernada serupa, yaitu meminta Toprak untuk mencoba ketoprak.

Menanggapi komentar tersebut, sang pebalap pun memberikan respons. “Ya, saya tahu (namanya mirip dengan makanan lokal Indonesia). Itu ketoprak," katanya, seperti dikutip dari Kompas.com. "Saya belum mencobanya, tetapi mungkin besok."

Selain karena namanya mirip, wajar jika sebagai orang asing Toprak mencoba makanan khas Indonesia, termasuk salah satunya adalah ketoprak. Alasannya, tentu karena ketoprak memiliki rasa yang lezat dan merupakan kuliner tradisional dari negara yang sedang ia kunjungi.

Mengintip Pengolahan Dangke di Pekan Kebudayaan Nasional 2021

Salah satu kuliner lokal yang terkenal nikmat

Siapa yang tak tahu ketoprak? Nama makanan ini konon merupakan singkatan dari ketupat taoge geprak. Makanan ini umumnya dijual oleh pedagang keliling yang menggunakan gerobak dan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Ketoprak merupakan salah satu dari sekian banyak masakan Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya. Makanan ini memang sederhana, harganya pun terjangkau, tapi soal rasa berani diadu. Asal-usul hidangan ini belum jelas dan masih jadi perdebatan.

Ada yang menganggap ketoprak berasal dari Jawa Tengah, ada pula yang meyakini makanan ini awalnya dari Cirebon. Namun, ketoprak sendiri terkenal di Jakarta.

Seporsi ketoprak terdiri dari potongan ketupat, tahu goreng, bihun yang sudah direbus, taoge rebus, dan dibumbui dengan saus kacang, kerupuk, kecap, dan taburan bawang goreng. Untuk menambah kenikmatan, ketoprak juga biasa ditambahkan dengan telur rebus atau telur dadar.

Umumnya, bumbu kacang diulek mendadak saat ada pesanan. Untuk membuatnya, tinggal mencampurkan kacang tanah yang sudah digoreng, bawang putih, cabai rawit, dan sedikit air. Bagi yang suka pedas, bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

Kuliner Nikmat Khas Bangka Belitung dalam Warisan Budaya Nasional

Telah tersedia di berbagai negara

Seiring dengan banyaknya restoran atau rumah makan khas Indonesia di luar negeri, nama ketoprak pun bisa dibilang sudah mendunia. Di Seattle, Amerika Serikat, ada restoran milik pasangan asal Indonesia yaitu Waroeng Jajanan yang menyediakan menu-menu lokal seperti batagor dan ketoprak.

Masih di Amerika Serikat, ada Awang Kitchen di kawasan Elmhurst, Queens, New York yang didirikan sejak tahun 2017 dan pemiliknya adalah Awang asal Indonesia. Di restorannya, Awang memaska menu-menu Nusantara seperti ketoprak, nasi goreng ikan asin, asinan Bogor, gado-gado, dan nasi timbel.

Di Bangkok, Thailand, Anda bisa menemukan kuliner ketoprak di restoran Rasa Khas. Selain ketoprak, di sana juga ada menu-menu lain seperti nasi ayam bakar, sate ayam, ayam kremes, tempe mendoan, tahu isi, hingga nasi kuning.

Bahkan, menu ketoprak juga bisa ditemukan di Istanbul, Turki, tepatnya di Warung Nusantara. Restoran yang pemiliknya orang Indonesia tersebut membawa hidangan Nusantara seperti nasi uduk dan jajanan cilok.

Mengingat Kehangatan Keluarga Bersama Jagung Titi Kuliner Khas Flores

Ketoprak enak di Jakarta

Di Jakarta, ada beberapa tempat makan ketoprak yang terkenal lezat. Ini juga bisa jadi referensi bila Toprak ingin mencoba ketoprak enak di ibu kota. Salah satunya adalah Ketoprak Ciragil di Jalan Ciragil II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ketoprak Ciragil dikenal sejak tahun 1961 karena bumbu kacangnya yang kental dan gurih, kemudian biasa ditambahkan sebutir telur rebus.

Kemudian, ada Ketoprak Puri Kusti di Jalan Kembang Abadi Utama, Kembangan, Jakarta Barat. Keunikan dari ketoprak satu ini ada di pelengkapnya yang tidak biasa, yaitu risol yang berukuran panjang dan digoreng renyah.

Belum lama ini, ada sebuah warung ketoprak yang sedang ramai dibicarakan di media sosial karena penyajiannya cenderung tidak biasa. Ialah Ketoprak Wow, yang menjual menu-menu ketoprak dengan varian berbeda.

Di sana, Anda bisa mencoba ketoprak yang disajikan dengan mi goreng, ada pelengkap berupa bakso goreng, bahkan menggunakan mi shirataki untuk menggantikan bihun, dan untuk yang suka pedas ada menu ketoprak dengan bumbu saus samyang.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini