Tim Menembak Indonesia Borong 4 Medali di Kejuaraan XVII Hungarian Open 2021

Tim Menembak Indonesia Borong 4 Medali di Kejuaraan XVII Hungarian Open 2021
info gambar utama

Kabar membanggakan kembali datang dari dunia olahraga tanah air, jika pada bulan November ini terdapat deretan laga kejuaraan bertaraf internasional yang terselenggara di Indonesia sebagai tuan rumah dan beberapa di antaranya berhasil menorehkan prestasi, pencapaian serupa yang tak kalah membanggakan juga berhasil diraih oleh jajaran atlet yang berjuang di belahan dunia lainnya.

Adalah kontingen atlet menembak Indonesia yang diketahui bertolak ke Budapest, Hungarian untuk ikut berlaga dalam turnamen XVII Hungarian Open 2021 yang berlangsung pada tanggal 19-21 November kemarin.

Dalam turnamen tersebut, Indonesia diketahui mengirimkan jajaran atlet menembak yang terdiri dari Muhammad Iqbal Raia Prabowo, Arista Perdana Putri Darmoyo, Ali Nurrohman, Vidya Rafika, Khairunnisa Salsabila, Citra Dewi Resti, dan Rico Vergian Dhinatha.

Sama-sama berusaha untuk memberikan performa terbaik, kontingen Indonesia tersebut pada akhirnya berhasil membawa pulang total empat medali yang tiga di antaranya didominasi oleh prestasi yang ditorehkan atlet muda Muhammad Iqbal Raia.

Indonesia Raih 20 Medali dari Kejuaraan Dunia Kempo 2021

Lengkapi koleksi medali emas, perak, dan perunggu

Melansir BuletinSports.id, disebutkan bahwa tim menembak Indonesia berhasil membawa pulang satu buah medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu.

Lebih detail, perolehan medali emas pertama dipersembahkan oleh Iqbal yang berlaga di pertandingan nomor 10 meter air pistol junior putra. Saat sampai final, dirinya berhasil mencatatkan perolehan 238,9 poin serta mengalahkan atlet tembak yang mewakili negara Finlandia dan Skotlandia.

Tidak hanya medali emas, Iqbal juga berhasil membawa pulang medali perak di nomor 10 meter air pistol dengan perolehan 241,1 poin, sangat berbeda tipis dari catatan poin yang dimiliki oleh peraih medali emas asal Finlandia, Kallio Jonnas yang mencatat perolehan 241,7 poin.

Melengkapi koleksi medalinya, saat berlaga di nomor 10 meter air pistol beregu campuran junior bersama Arista Perdana Putri, mereka pada akhirnya berhasil mengalahkan wakil tuan rumah pada saat sampai di babak perebutan medali perunggu.

Tidak hanya jajaran medali yang dipersembahkan oleh Iqbal, atlet menembak yang juga menyumbangkan satu perolehan medali perunggu yaitu Ali Nurrohman dan Vidya Rafika yang berpasangan untuk kategori nomor 10 meter air rifle beregu campuran junior.

Di samping itu, meski belum berhasil membawa pulang medali namun perjuangan atlet lainnya yang mencatatkan performa cukup memuaskan juga dimiliki oleh Khairunnisa Salsabila yang berhasil finis di peringkat ke-empat saat berlaga pada kategori nomor 10 meter air rifle putri dengan perolehan 207,8 poin.

Kemudian ada juga Resti Citra Dewi yang finis di peringkat ke-lima untuk kategori nomor 10 meter air rifle junior putri dengan perolehan 183,9 poin.

Kepolisian Indonesia Harumkan Bangsa di Ajang Menembak Dunia

Jejak prestasi Muhammad Iqbal Raia

Muhammad Iqbal Raia
info gambar

Menjadi sosok yang menyumbang perolehan medali paling banyak, nama Muhammad Iqbal Raia cukup menarik perhatian. Atlet muda asal Jawa Tengah yang diketahui masih duduk di bangku kelas XI dan bersekolah di SMA Negeri 1 Semarang ini rupanya sudah memiliki riwayat prestasi yang membanggakan untuk cabang olahraga menembak baik dalam berbagai kejuaraan di dalam maupun luar negeri.

Dikenal sebagai pasangan beregu campuran dengan performa memuaskan bersama Arista Perdana yang juga berasal dari sekolah yang sama, keduanya juga pernah meraih medali perak dalam kejuaraan menembak Asia ke-14 (14th Asian Airgun Championships 2021) yang berlangsung di Shymkent, Kazakhstan pada bulan September lalu.

Lain itu, pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua kemarin, Iqbal diketahui berhasil mencatatkan prestasi dengan membawa pulang tiga buah medali sekaligus yang terdiri dari medali perak untuk kategori 10 meter air pistol individu putra, medali perunggu untuk kategori 10 meter air pistol beregu putra bersama Dalimin, dan medali emas untuk kategori 10 meter air pistol beregu campuran bersama Arista.

Berangkat dari sejumlah prestasi yang berhasil dicapai hingga saat ini, Iqbal dan Arista diketahui merupakan salah dua atlet muda asal Jawa Tengah yang sedang dipersiapkan oleh PERBAKIN (Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia) untuk berlaga dalam gelaran SEA Games di tahun 2022 mendatang.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Andy Hendrata, selaku Pelatih dari tim menembak Jawa Tengah saat gelaran PON XX Papua bulan Oktober lalu.

"Iqbal dan Arista merupakan atlet yang ikut program pembinaan PB (Pengurus Besar) Perbakin, yang diproyeksikan menghadapi SEA Game Vietnam," pungkasnya, mengutip Pos Kota Jateng.

Sepak Terjang Indonesia di SEA Games, dari Masa ke Masa

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini