Pertama Kalinya, Jenama Parfum Indonesia Melenggang di Paris Fashion Week 2022

Pertama Kalinya, Jenama Parfum Indonesia Melenggang di Paris Fashion Week 2022
info gambar utama

Pencapaian besar kembali dimiliki oleh jenama dari produk dalam negeri yang membuat nama Indonesia semakin besar, lewat kepastian pengenalan sekaligus peluncuran produk lokal di salah satu panggung pertunjukan fesyen paling bergengsi di dunia, yakni Paris Fashion Show 2022 mendatang.

Jika sebelumnya kabar membanggakan serupa kerap datang dari sejumlah desainer atau jenama fesyen lokal yang belakangan banyak mencuri perhatian, kali ini keberhasilan yang sama didapatkan oleh sebuah jenama parfum lokal yang terbilang cukup baru namun mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, yakni HMNS (humans).

Harus diakui bahwa bersamaan dengan semakin gencarnya digaungkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI), geliat berbagai produk lokal semakin digemari dan diperhitungkan di dalam negeri sendiri, termasuk untuk produk yang berada di kelas tersier salah satunya parfum.

Bagaimana awal mula hadirnya keberadaan parfum lokal HMNS hingga bisa sampai ke pasar internasional?

Satu Lagi Jenama Fesyen Lokal yang Siap Melantai di New York Fashion Week

Penjualan berbasis online hingga ke panggung Paris Fashion Week

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keberadaan HMNS memang dapat dikatakan masih sangat baru. Pertama kali hadir pada pertengahan tahun 2019, sama seperti usaha rintisan lainnya kala itu pemasaran dari produk parfum ini sendiri masih memanfaatkan penjualan secara online baik melalui media sosial atau berbagai platform eCommerce.

Berangkat dari keresahan berbagai parfum berkualitas terutama dengan merek global yang selama ini memang selalu identik dengan harga terbilang tinggi bahkan mencapai jutaan rupiah, seorang pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) bernama Rizky Arief mulai memiliki hasrat untuk menghadirkan parfum berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, namun tetap memiliki harga yang terjangkau bila dibandingkan dengan parfum bermerek yang selama ini banyak beredar.

“Sejak masih kuliah, saya seringkali mempertanyakan mengapa harga sebuah parfum berkualitas bisa sangat mahal. Setelah mencari tahu, ternyata bukan karena harga produksi yang mahal tapi karena kebanyakan produk tersebut berasal dari negara-negara luar,” jelas Rizky, mengutip geometry.id

“Hingga akhirnya muncul gagasan untuk membuat produk parfum lokal dengan kualitas yang sama dengan keluaran luar negeri. Salah satu cara untuk mengurangi biaya produksi adalah dengan memangkas biaya distribusi dengan menjualnya secara online,” tambahnya.

Sementara itu berdasarkan penjelasan resmi, dalam mengembangkan serta meracik berbagai parfum keluaran HMNS yang dirilis ke pasaran, mereka mengaku telah melakukan konsultasi langsung dengan pihak yang ahli dan diketahui telah berpengalaman dalam dunia parfum selama 20 tahun.

Mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia dan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat hingga saat ini, kabar membanggakan yang belakangan banyak diberitakan datang setelah HMNS sendiri mengumumkan bahwa mereka secara resmi akan memperkenalkan produknya di panggung Paris Fashion Week di tahun 2022 mendatang.

“Kami akan menjadi brand parfum Indonesia pertama yang akan meluncurkan produk di Paris Fashion Week…” tulis pengumuman tersebut.

Jalan Panjang Jenama Indonesia hingga Dikenal Dunia

Bersaing di antara jenama global di pasar dalam negeri

Tentu keberhasilan ini tidak serta merta terjadi tanpa adanya pembuktian kemampuan bersaing di pasar dalam negeri terlebih dahulu. Faktanya, dalam salah satu laporan riset pangsa pasar parfum dalam negeri yang dilakukan oleh Compas--lembaga survei bisnis berbasis platform eCommerce--, HMNS terbukti mampu bersaing di antara keberadaan berbagai merek parfum yang berasal dari luar negeri.

Pangsa pasar parfum dalam negeri
info gambar

Berdasarkan laporan 10 produk parfum terlaris periode 1 hingga 15 Agustus 2021 di eCommerce terbanyak digunakan yakni Shopee dan Tokopedia, HMNS berada di posisi ke-5 dengan pangsa pasar sebesar 3,5 persen mengikuti jejak merek parfum ternama YSL, Dior, Bvlgari, dan Chanel, serta mengungguli produk parfum dari The Body Shop, Victoria Secret, dan Zara.

Sementara itu jika bicara lebih jauh mengenai pengakuan dan dukungan, beberapa pihak yang juga sempat menyampaikan apresiasi atas keberhasilan daya saing yang dimiliki oleh jenama satu ini salah satunya sempat disampaikan oleh Erick Thohir selaku Menteri BUMN.

“Apresiasi saya yang setinggi-tingginya bagi ide kreatif anak bangsa yang menciptakan produk-produk lokal membanggakan. Tumbuhkan optimisme atas kemampuan Indonesia dalam membuat produk yang dapat bersaing, di pasar dalam negeri maupun internasional,” ungkapnya.

Sementara itu tidak jauh berbeda, ungkapan senada juga disampaikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki. Menurutnya, pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan penggerak bagi para pelaku usaha penghasil produk lokal lainnya untuk dapat melakukan pencapaian serupa.

“Saya percaya HMNS bisa bersaing di pasar internasional serta menjadi percontohan bagi UMKM Iainnya,” ujar Teten.

Hadirkan Kearifan Lokal pada Perhiasan, Jenama Lokal Ini Masuki Dunia Internasional

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini