Lonely Planet Rilis Daftar Destinasi Wisata Terbaik untuk Melancong Solo 2022

Lonely Planet Rilis Daftar Destinasi Wisata Terbaik untuk Melancong Solo 2022
info gambar utama

Kegiatan melancong umumnya dilakukan bersama orang-orang terdekat, baik itu teman, keluarga, atau pasangan. Namun, tak ada salahnya pula bila ingin mencoba sensasi melancong solo. Ide untuk bepergian seorang diri mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang, tetapi ini bisa memberikan pengalaman baru yang menyenangkan.

Menukil Forbes, ada beberapa alasan kenapa Anda harus mencoba melancong solo, setidaknya sekali seumur hidup. Pertama, yaitu keluar zona nyaman dan membantu meningkatkan kepercayaan diri untuk melihat dunua. Kedua, dengan mendengarkan naluri, merenungkan keputusan, dan menghabiskan waktu sendirian akan menuntun Anda untuk memulai perjalanan menemukan diri sendiri.

Melancong solo juga bukan berarti Anda harus seorang diri sepanjang perjalanan. Jika ingin, Anda bisa berteman dengan pelancong lain yang bertemu di perjalanan, tempat makan, atau destinasi wisata. Pastinya perjalanan ini akan memberikan Anda kebebasan untuk bepergian sesuka hati, tanpa harus terganggu dengan teman yang membatalkan perjalanan atau mengikuti rencana perjalanan yang kurang Anda sukai.

Baru-baru ini, Lonely Planet merilis daftar destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi para pelancong solo. Salah satu faktor utama dalam menguasai seni melancong solo adalah memilih tujuan yang tepat. Ini bisa disesuaikan dengan apa yang Anda sukai, apakah itu jalan-jalan di kota, wisata kuliner, petualangan, relaksasi, atau mungkin berpesta?

Ubud, destinasi terbaik untuk refleksi diri

Dalam keterangannya, Lonely Planet menggambarkan Ubud, Bali, sebagai pusat artistik dan spiritual. Ubud merupakan tempat yang cocok untuk pelancong solo yang ingin bersantai, merenung, dan memulihkan energi. Terletak di antara sawah yang dikelilingi pegunungan serta diselimuti kabut, Ubud telah menarik perhatian banyak pelancong solo.

Anda bisa bepergian dengan nyaman ke restoran vegetarian atau mengikuti kelas yoga seorang diri. Ubud juga dikenal sebagai pusat penyembuhan dan Anda bisa mengikuti programnya di beberapa retret kesehatan.

Untuk pengalaman perjalanan solo yang epik, Anda bisa bangun pagi hari untuk bergabung dengan kelas holistik, mempelajari yoga dan meditasi, kemudian menikmati sensasi pijat di tempat spa.

Bukan di Cappadocia, Sensasi Menaiki Balon Udara Juga Bisa Dinikmati di Subang

Amerika Selatan, destinasi terbaik untuk petualangan solo

Bagi yang suka petualangan, Amerika Selatan bisa jadi pilihan destinasi liburan Anda berikutnya. Tujuan petualangan utama yang menarik antara lain mendaki gunung, menyusuri sungai, dan menjelajahi hutan. Musim panas adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Pegunungan Andes, Patagonia, dan Machu Picchu.

Melancong solo di Amerika Selatan, Anda bisa mencoba bersepeda gunung menyusuri Death Road yang terkenal di Bolivia dan berbincang-bincang dengan sesama pengendara sambil menikmati segelas bir setelahnya.

Berlin, destinasi terbaik untuk hiburan malam

Berlin, Jerman, adalah tempat yang ramah bagi pelancong solo. Bahkan, orang-orang sudah terbiasa bepergian seorang diri untuk mengunjungi klub malam paling terkenal. Berlin juga merupakan salah satu tempat terbaik di Eropa untuk berpesta sepanjang malam. Di sana ada banyak pilihan klub yang bisa dikunjungi untuk bersenang-senang.

Untuk mengikuti tur bir dengan pemandu, Anda bisa bergabung dengan Brewer's Berlin Tours atau Berlin Craft Beer Experience.

Jika menginginkan perjalanan yang lebih santai, Anda bisa menuju kafe-kafe unik, pasar loak akhir pekan, mencicipi kuliner yang dijual di food truck, hingga wisata sejarah ke dari Gerbang Brandenburg hingga Memorial Holocaust.

Belajar Membuat Batik Khas Keraton di Kampung Batik Giriloyo

Portland, destinasi liburan kota terbaik

Portland merupakan kota di negara bagian Oregon, Amerika Serikat, yang menawarkan pemandangan daerah metropolitan besar dengan keintiman khas kota kecil. Orang-orang di sana cenderung ramah sehingga pelancong solo akan lebih nyaman berkegiatan dan mudah berteman.

Beberapa destinasi wisata terkenal di Portland antara lain Washington Park, The Rose Test Garden, Forest Park, Taman Jepang Portland, Portland Art Museum, Oregon Zoo, dan Taman Rhododendron Crystal Springs.

Selain mengunjungi museum-museum dengan koleksi unik, seperti penyedot debu dan ribuan topi, Anda juga bisa menikmati makanan ala street food sebagai cara bersantap yang lebih ramah. Selama di Portland, Anda bisa menjelajahi Alberta Arts District yang wajib dikunjungi bagi penikmat seni.

Singapura, destinasi terbaik untuk persinggahan

Singapura juga merupakan negara yang ramah untuk pelancong solo. Di sana ada banyak hostel dan wisma dengan harga terjangkau, banyak pula tempat-tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi, dan memiliki sistem transportasi umum terbaik.

Di Singapura, wisatawan bisa berjalan-jalan di Orchard Road, melihat Gardens by the Bay, bersantai di kafe, mengunjungi kawasan Chinatown, berkeliling museum, atau bergabung dalam pesta jajanan Singapura di Newton Food Centre yang ditampilkan dalam film “Crazy Rich Asians”.

Menyusuri Kota Lama Semarang, Little Netherland dengan Beragam Bangunan Khas Eropa

Roma, destinasi terbaik untuk wisata budaya

Roma, Italia, identik dengan ikon-ikon kuno seperti Colosseum dan Roman Forum, hingga mahakarya arsitektur Renaisans yang menjulang tinggi yaitu Basilika Santo Petrus. Lanskap kota Roma begitu artistik dengan kemegahan arsitektur bangunan-bangunan bersejarah yang mengagumkan.

Tak perlu khawatir melancong solo ke Roma karena selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara sepanjang tahun. Untuk pengalaman perjalanan solo yang epik, Anda bisa berkunjung ke Basilika Santo Petrus dan berjalan dari aula penuh karya seni.

Pantai Timur Australia, destinasi terbaik untuk jalan-jalan

Kawasan Pantai Timur Australia begitu menarik untuk dikunjungi para pelancong solo dari berbagai negara. Di sana, wisatawan bisa menikmati keindahan alam, pesta sepanjang malam, dan banyak tur yang bisa diikuti secara berkelompok.

Anda bisa mengunjungi Pantai Bondi yang ikonis di Sydney dan menjelajah Hutan Hujan Daintree. Untuk menambah pengalaman, Anda bisa mengikuti tur yang dipimpin oleh komunitas Aborigin yang akan menunjukkan sisi lain dari Pantai Timur Australia.

Chiang Mai, destinasi terbaik untuk wisata kuliner

Chiang Mai, Thailand, adalah destinasi wisata kuliner terbaik yang bisa jadi tujuan melancong solo. Di Chiang Mai, wisatawan juga tentunya dapat menikmati paket liburan lengkap, mulai dari jajanan-jajanan lezat, wisata budaya, kehidupan malam yang santai, dan pemandangan alam.

Bagi yang ingin fokus menjelajahi makanan, bisa menyusuri restoran-restoran di kota hingga pergi ke pasar malam yang ramai. Bahkan, di sana banyak sekolah memasak bagi Anda yang tertarik pada makanan Thailand, kegiatannya termasuk berbelanja bahan ke pasar, mengenal bumbu dan rempah yang digunakan dalam masakan lokal, dan ini adalah kesempatan untuk belajar memasak pad thai atau tomyum dari ahlinya.

Caye Caulker, destinasi terbaik untuk menyepi di pulau

Caye Caulker di Belize, Laut Karibia, menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan mencari ketenangan. Anda bisa berenang, menyelam, dan melihat keindahan terumbu karang. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Caye Caulker Marine Reserve yang dipenuhi penyu dan hiu kecil.

Untuk berinteraksi dengan sesama pelancong, Anda bisa menghabiskan waktu sore hari di bar reggae lokal dan pada malam harinya pergi mencicipi jajanan lokal.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini