Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Terbaik untuk Remote Working 2022 di Asia Pasifik

Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Terbaik untuk Remote Working 2022 di Asia Pasifik
info gambar utama

Remote working memang bukan merupakan sesuatu yang baru, bagi beberapa perusahaan yang memang menerapkan sistem kerja fleksibel jarak jauh sebelum pandemi melanda, kebijakan satu ini telah menjadi tradisi yang sudah melekat dalam keberlangsungan perusahaan.

Meski nyatanya selama ini--khususnya sebelum munculnya pandemi, sistem kerja di Indonesia mayoritas masih menerapkan sistem baku yakni bekerja dari kantor dengan durasi waktu tertentu, tak heran jika prinsip remote working awalnya belum dipakai secara umum, sehingga biasanya lebih familiar bagi mereka yang bekerja dengan status pekerja lepas.

Pemahaman dan praktik dari remote working itu sendiri pada akhirnya memunculkan tren digital nomad, yakni aktivitas bekerja secara profesional yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan berpindah-pindah, atau jika bicara lebih spesifik tepatnya bekerja sambil traveling ke berbagai tempat baik lintas kota bahkan negara.

Dengan adanya istilah tersebut yang belakangan kian populer, menariknya Indonesia ternyata masuk ke dalam daftar negara terbaik untuk dijadikan tempat atau tujuan bagi mereka yang ingin melakukan remote working.

Kupas Tuntas Tren Digital Nomad, Alias Bekerja Sambil Liburan

Posisi ke-5 di kawasan Asia Pasifik

Travel agensi daring asal Amerika Serikat yakni Kayak, baru saja merilis daftar negara terbaik dan direkomendasikan bagi mereka yang barangkali sedang mencari destinasi tempat untuk melakukan remote working.

Dalam laporan bertajuk Best Countries to Work From Based on 22 Factors, Indonesia menempati posisi ke-5 untuk peringkat di kawasan Asia pasifik, mengungguli Korea Selatan, Australia, dan Singapura. Serta peringkat ke-20 dalam cakupan global mengungguli Belanda, Turki, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan masih banyak lagi.

Sesuai judulnya, peringkat ini diperoleh berdasarkan penilaian menggunakan 22 faktor berbeda dengan membandingkan sebanyak 111 negara serta meneliti kondisi bekerja di suatu negara, dan kesempatan bagi para pekerja untuk menjelajahi negara tersebut di luar jam kerja.

Lebih detail, berikut peringkat 10 besar negara terbaik untuk remote working tahun 2022 di kawasan Asia Pasifik, beserta penilaian yang diberikan oleh Kayak:

  1. Jepang - 90/100
  2. Sri Lanka - 80/100
  3. Taiwan - 80/100
  4. Thailand - 79/100
  5. Indonesia - 74/100
  6. Australia - 74/100
  7. Malaysia - 72/100
  8. Singapura - 59/100
  9. Filipina - 67/100
  10. Selandia Baru - 52/100
Jaringan OYO Hotel Bali Tangkap Peluang di Tengah Tren Bekerja Remote

Cuaca, biaya hidup, dan pariwisata penyumbang skor tertinggi

Remote working
info gambar

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa peringkat di atas disusun dengan mempertimbangkan enam aspek penilaian yang terdiri dari biaya hidup, kesehatan serta keamanan, kehidupan sosial, fasilitas untuk remote working, cuaca, dan pariwisata.

Dari keenam indikator penilaian tersebut, perolehan skor 74/100 yang dimiliki Indonesia jika ditelisik lebih dalam dipengaruhi oleh skor tertinggi dari segi pariwisata, biaya hidup, dan cuaca.

Penilaian cuaca di Indonesia mendapat skor 80/100 yang dilihat berdasarkan rata-rata temperatur cuaca dalam kurun waktu satu tahun. Skor yang sama juga diperoleh untuk penilaian pariwisata, di mana hal yang mempengaruhi terdiri dari aksesibilitas, rata-rata harga hotel, rata-rata harga penyewaan mobil, dan harga bensin untuk mobilitas bagi mereka yang ingin melakukan remote working.

Sementara itu skor paling tinggi diperoleh dari aspek biaya hidup (local prices), yang berada di angka 93/100. Penilaian ini didapat dengan memperhitungkan biaya sewa apartemen per bulan untuk jangka waktu panjang dan jangka pendek, biaya transportasi, biaya makan sederhana, dan biaya makan di restoran.

Meski ada tiga indikator yang memiliki skor penilaian tinggi, Indonesia masih belum memiliki penilaian memuaskan dari segi kesehatan serta keamanan, kehidupan sosial, dan fasilitas untuk remote working itu sendiri.

Penilaian aspek kesehatan serta keamanan di tanah air masih ada di angka 27/100 yang dipengaruhi oleh kondisi stabilitas politik, polusi udara, dan tingkat kecelakaan kendaraan. Skor yang sama juga diperoleh dalam hal kehidupan sosial yang mengukur indeks kemahiran berbahasa Inggris, jumlah teater, museum, serta galeri seni yang ada.

Sementara itu dari segi fasilitas untuk remote working, skor yang diraih berada di angka 47/100 yang meliputi hal cukup penting dari kegiatan bekerja secara digital itu sendiri, yakni kecepatan internet untuk mengunduh serta mengunggah data, visa untuk remote working, serta jumlah co-working space yang ada.

Yang Tau Tau Aja, Co-working Space Asik di Jawa!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini