Siswa SMK Asal Temanggung Dipercaya Garap Animasi untuk Stasiun TV Malaysia

Siswa SMK Asal Temanggung Dipercaya Garap Animasi untuk Stasiun TV Malaysia
info gambar utama

Bidang animasi tanah air kembali membawa prestasi, kali ini kabar membanggakan datang dari para calon animator yang masih mendalami pendidikan sesuai bidang terkait di sebuah SMK asal Temanggung, Jawa Tengah, yaitu SMK Bhumi Phala Parakan.

Belakangan diketahui, jika SMK yang memiliki fokus jurusan multimedia tersebut dipercaya untuk menggarap sebuah tayangan animasi 2D pesanan Serawak TV Malaysia (TVS). Proyek pesanan didapat melalui perusahaan animasi asal Yogyakarta yakni Funymation Studio, yang mempercayakan sebagian proses penggarapan berupa detail dan pewarnaan.

Menurut pihak perusahaan animasi, dipilihnya SMK Bhumi Phala Parakan sendiri telah ditetapkan dengan melalu proses pemilihan atau seleksi yang ketat, dengan mempertimbangkan kualitas yang dihasilkan.

Sabda Alam, Animasi Karya Siswa SMK Asal Kudus dengan Kualitas Kelas Dunia

Dikerjakan oleh 16 orang siswa

Sejumlah siswa jurusan multimedia menyelesaikan pembuatan film animasi berjudul
info gambar

Membahas mengenai jajaran siswa dan siswi yang terlibat, diketahui jika dalam penggarapan animasi yang dipercayakan pada SMK tersebut ada sebanyak 16 orang murid yang berpartisipasi, dengan bimbingan guru dan staf dari Funymation.

Lebih detail, animasi yang digarap akan hadir dalam bentuk film dengan judul Kunci Galaksi. Rupanya proyek ini sendiri merupakan langkah permulaan bagi SMK terkait, karena kedepannya mereka berencana untuk menggarap sebuah tontonan animasi yang mengangkat latar kearifan lokal Kabupaten Temanggung, termasuk dubbing dengan dialek Temanggungan.

Salah satu siswa yang terlibat menuturkan, meskipun bagian pengerjaannya terbilang cukup mudah namun tetap dibutuhkan waktu lebih untuk bisa melakukan pengerjaan terhadap detail satu tokoh animasi secara sempurna.

Susilo Dwi Nurwanto, selaku direktur Funymation menjelaskan, jika dirinya mempercayai kualitas dan hasil kerja yang dimiliki oleh para siswa SMK tersebut.

"Ternyata ada di Temanggung itu yang anak mudanya keren-keren dan semangat, punya kemampuan di bidang multimedia yang bisa mengangkat nama besar Temanggung juga, di luar bidang pariwisata, bisnis, dan lain-lain" pungkasnya.

Ingin Berkarir Menjadi Animator? Ini Deretan Studio Animasi Ternama di Indonesia

Bukan kali pertama

Keyakinan pihak Funymation mempercayakan sebagian proses pengerjaan animasi kepada jajaran siswa di SMK Bhumi Phala Parakan rupanya bukan tanpa alasan, karena rekanan penggarapan ini bukan baru terjalin untuk pertama kalinya.

Diketahui bahwa pada tahun 2016 dan 2018, murid jurusan multimedia di SMK terkait juga pernah terlibat dalam penggarapan film animasi pesanan perusahaan Animasi Silver Corp asal Singapura.

“Waktu itu kita mengerjakan satu mini movie panjangnya 64 menit untuk media corp Singapura,” jelas Susilo.

"Jadi, memang sudah cukup lama dan cukup tahu kualitas anak-anak dan guru pendamping dalam membuat animasi," tambahnya, mengutip Medcom.

Lain itu, dirinya juga mengakui jika SMK Bhumi Phala merupakan satu-satunya sekolah di Temanggung yang mempunyai jurusan multimedia, khususnya yang berkonsentrasi pada dunia animasi.

Susilo juga meyakini dengan adanya proyek ini, para siswa yang terlibat nantinya akan cukup menghadapi industri dan sudah memiliki bekal serta gambaran akan dunia industri kerja di bidang terkait.

"Jadi, ketika nanti mereka masuk ke industri animasi, mereka sudah siap secara mental karena sudah pernah terlibat di industri profesional.”

Sementara itu hal serupa juga disampaikan oleh Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, yang mengungkap jika kesempatan ini sangat membanggakan bagi masyarakat Temanggung, khususnya keluarga besar SMK Bhumi Phala termasuk siswa-siswinya.

Terlebih, kesempatan ini juga diyakini dapat menjadi wujud pembuktian dari pengembangan industri kreatif yang ada di Temanggung.

Khadziq tak menampik, jika sebenarnya cukup sulit bagi Temanggung untuk mengejar pariwisata di Magelang yang punya Borobudur atau semisal Wonosobo yang menjadi lokasi Dieng.

Namun, dirinya menilai jika Temanggung mempunyai nilai lebih dari sumber daya manusia yang mampu meningkatkan kesejahteraan lewat kemampuan kreatif.

“Ini menandakan, bahwa sumber daya kreatif masyarakat Temanggung sesungguhnya adalah sumber daya yang unggul. Kita melangkah ke tingkat internasional dan karya-karyanya nanti ditonton, disaksikan oleh orang-orang tidak hanya di Indonesia, juga di negara tetangga,” pungkasnya.

Bangga! Inilah 6 Animasi Karya Anak Bangsa Indonesia yang Mendunia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini