Peran Platform Pendidikan untuk Mengasah Potensi Hobi dan Akademis

Peran Platform Pendidikan untuk Mengasah Potensi Hobi dan Akademis
info gambar utama

Kebutuhan akan pengembangan edukasi berkualitas kini tak lagi terlalu sulit dipenuhi, terutama jika dihubungkan dengan kecanggihan teknologi, semuanya dapat dengan mudah memanfaatkan yang sudah banyak tersedia.

Praktik yang dijalankan beragam platform pendidikan yang ada di tanah air juga bervariasi, mulai dari menyediakan sarana pembelajaran secara online melalui platformnya masing-masing, sampai layanan yang lebih kompleks seperti memposisikan diri sebagai tempat bertemunya dua sisi kalangan, baik sebagai guru maupun siswa yang membutuhkan metode pembelajaran paling tepat.

Semakin populer dan banyak dijadikan pilihan untuk mengembangkan potensi baik di bidang akademis maupun non-akademis, seperti apa sebenarnya konsep platform pendidikan yang beragam di tanah air?

Menilik Tantangan dan Masa Depan Pendidikan Berbasis Teknologi di Tanah Air

Perkembangan platform pendidikan

Kenyataannya memang harus diakui, jika keberadaan platform pendidikan baru semakin meningkat dan populer semenjak kondisi pandemi melanda, di mana membuat semuanya beralih ke konsep pelaksanaan aktivitas yang serba digital.

Padahal, di Indonesia sendiri sudah cukup lama terdapat sederet sistem yang menghadirkan konsep baru lewat platform pendidikan yang lebih mumpuni.

Awalnya kehadiran sistem pendidikan dengan konsep dan model ini bisa dibilang baru diketahui dan diminati oleh kalangan generasi muda, yang kenyataannya memang lebih melek teknologi. Lain itu, biasanya mereka juga sudah lebih memahami dan merasakan sendiri kemudahan serta manfaat yang didapat.

Bukan tanpa alasan, karena biasanya apa yang diperoleh dari platform pendidikan yang mereka pakai, tidak mereka dapat dari pembelajaran yang dilalui di jalur formal atau pendidikan di sekolah.

Hal tersebut bisa terjadi dengan sistem yang sederhana. Dalam praktiknya, kebanyakan platform bahkan menganut konsep membebaskan para pengguna atau dalam hal ini pelajar, untuk menentukan sendiri seperti apa metode pembelajaran yang mereka mau, mulai dari waktu, intensitas pelaksanaan, bahkan sampai keputusan memilih guru atau tenaga ahli yang sesuai menurut kenyamanan dan gaya belajar mereka.

Lebih dari itu, bukan hanya menyediakan solusi pendidikan untuk memperkuat pengetahuan yang bersifat akademis, kenyataannya sekarang sudah banyak berbagai platform yang menyediakan pilihan pembelajaran dan pengembangan yang bersifat non-akademis, atau menggali potensi sampingan yang lebih umum dianggap sebagai hobi.

Apa contoh hobi atau kemampuan non-akademis yang dimaksud? Jawabannya beragam, saat ini sudah cukup banyak platform pendidikan serupa yang juga menyediakan pilihan pengembangan diri untuk berbagai hobi dan bakat sampingan yang berpotensi, mulai dari kelas bahasa, musik, bahkan olahraga.

Ciptakan Solusi Digitalisasi Sekolah melalui Aplikasi di Tengah Pandemi

Memilih platform yang tepat

Ilustrasi pilihan platform edukasi
info gambar

Yang selanjutnya menjadi pertanyaan, adalah mengenai jaminan kualitas baik dari segi pelaksanaan pembelajaran sampai tenaga ahli yang ada.

Kekhawatiran tersebut tentu bukan tanpa alasan, setiap orang yang memutuskan untuk memanfaatkan layanan platform pendidikan tertentu, pasti ingin mendapat hasil dan manfaat yang berbeda dari apa yang mereka dapat di jalur pendidikan formal.

Karena itu, biasanya hampir semua kalangan cukup selektif dalam melakukan pemilihan platform yang dimaksud. Berbagai hal tentu bisa jadi pertimbangan, salah satunya menjelajah keunggulan apa yang dimiliki antara satu platform dengan platform pendidikan lainnya.

Beberapa aspek penilaian misalnya bisa dilihat dari segi riwayat platform terkait dalam memberikan pelayanannya. Lain itu, pemilihan platform pendidikan juga perlu mempertimbangkan berbagai keuntungan mulai dari akses kapan pun dan di mana pun, kemudahan dalam sistem dan penggunaan, serta fleksibilitas untuk bisa digunakan oleh siapa saja.

Yang paling penting, jangan lupakan mengenai kualitas tenaga ahli yang dimiliki oleh platform pendidikan terkait. Seperti yang sudah disebutkan, di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak tersedia pilihan platform pendidikan dengan keunggulan masing-masing, salah satunya Superprof.

Platform pendidikan satu ini menjadi salah satu contoh yang memberikan keleluasaan bagi pengguna, untuk memilih sendiri metode pengembangan akademis dan non-akademis apa yang ingin mereka lakukan.

Sama seperti misi utama serta konsep yang sejatinya harus dimiliki oleh sebuah platform pendidikan, sistem yang semakin banyak diandalkan ini memungkinkan penggunanya mampu untuk berkembang, mulai dari sesederhana menelusuri , atau bahkan belajar hal baru, dan memiliki kepercayaan diri dalam memperkuat pengetahuan.

Platform Bimbel Online Gratis dari Kemdikbud

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini