Pertamina Masuk Daftar 50 Merek Minyak dan Gas Paling Berharga 2021 Versi Brand Finance

Pertamina Masuk Daftar 50 Merek Minyak dan Gas Paling Berharga 2021 Versi Brand Finance
info gambar utama

Pertamina, sebagai perusahaan pengelola pertambangan minyak, gas bumi, dan sederet lini pengelolaannya di tanah air, semakin membuktikan eksistensi sebagai perusahaan yang diakui dunia.

Entitas bisnis yang menyandang status Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, berhasil diperhitungkan secara global setelah masuk ke daftar 50 Merek Perusahaan Minyak dan Gas Paling Berharga atau Top 50 Most Valuable Oil & Gas Brands 2021 versi Brand Finance, sebuah konsultan penilaian merek independen terkemuka di dunia, yang berbasis di London.

Lebih detail, dalam peringkat tersebut Pertamina berada di posisi ke-37, dan berhasil mengungguli sejumlah perusahaan serupa khususnya yang berasal dari beberapa negara maju, seperti Baker Hughes dari Amerika Serikat (AS) yang berada di peringkat ke 38, dan Idemitsu Kosan asal Jepang yang berada di peringkat ke-39.

Menariknya posisi tersebut juga berhasil menunjukkan peningkatan yang signifikan, karena jika merujuk pada laporan yang sama di tahun sebelumnya atau 2020, Pertamina masih berada di peringkat ke-41, yang artinya berhasil naik langsung sebanyak empat peringkat.

Apa yang membuat pencapaian ini berhasil dimiliki?

Dari Chevron ke Pertamina, Ini Fakta Pengelolaan Wilayah Penghasil Minyak Blok Rokan

Keuntungan tiga tahun mencapai 6,1 miliar dolar AS

Kantor Pertamina
info gambar

Keberhasilan Pertamina mencatat keuntungan yang tinggi dalam kurun waktu tiga tahun mulai dari 2018-2020, bisa dibilang menjadi salah satu catatan positif yang memengaruhi penilaian dari peringkat di atas.

Fajriyah Usman, selaku Vice President Corporate Communications Pertamina, mengungkap jika dalam kurun waktu yang dimaksud, perusahaannya telah mencatatkan total keuntungan sebesar 6,1 miliar dolar AS, atau setara Rp85,4 triliun (kurs Rp14.000).

Meski nyatanya 2020 menjadi tahun yang berat bagi berbagai pihak tanpa terkecuali, namun Fajriyah menyatakan jika keuntungan yang diperoleh di tahun tersebut setidaknya menyumbang 1,1 miliar dolar AS dari total keuntungan tiga tahun yang disebutkan sebelumnya.

Selain itu, di tahun 2020 Pertamina juga mencatatkan penyelesaian tiga hutang perusahaan dengan nilai total sebesar 549 dolar AS, yang dilanjut dengan pembayaran hutang bond sebesar 391 juta dolar AS pada tahun 2021.

“Saat ini, Pertamina merupakan salah satu perusahaan Indonesia yang sehat, produktif, dan efisien di tengah terpaan pandemi Covid-19,” tegas Fajriyah.

Wow Pertamina Ekspansi, Garap Blok Migas di Negara Ini

Sandang status layak investasi dari Moody’s

Predikat baik dan bisa dibanggakan yang diperoleh Pertamina rupanya bukan hanya dimiliki sebagai perusahaan paling bernilai saja, seakan mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan yang layak diperhitungkan untuk menjadi sasaran investasi oleh para investor global, Pertamina juga kembali berhasil menyandang status investment grade atau layak investasi dari Moody's, sebuah perusahaan analisis keuangan dan analisis atas lembaga usaha dan lembaga pemerintah yang beroperasi di AS.

Menurut penilaian Moody's, Pertamina dianggap telah menjaga pertumbuhan bisnis intinya dengan kehati-hatian, serta melakukan diversifikasi ke energi yang lebih bersih. Lain itu, perusahaan yang pertama kali didirikan pada tahun 1957 ini juga dinilai memiliki bisnis yang terintegrasi dalam skala signifikan baik dari hulu hingga hilir.

Masih menurut keterangan Fajriyah, hal lain yang menurutnya patut dipertimbangkan dan membuat para investor dapat percaya untuk menaruh investasi besar di Pertamina adalah karena rasio hutang mereka yang terjaga dengan baik, serta masih kompetitif jika dibandingkan dengan perusahaan migas baik skala nasional maupun internasional lainnya.

“Saat ini rasio hutang Pertamina terhadap ekuitas dari sisi keuangan masih dalam batas wajar sebagai perusahaan yang sehat. Begitu pula mekanisme yang dilakukan tetap mengacu pada regulasi yang ada,” pungkasnya.

Gelontorkan Dana Fantastis, Ini Negara dengan Investasi Terbesar di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini