Wow Pertamina Ekspansi, Garap Blok Migas di Negara Ini

Wow Pertamina Ekspansi, Garap Blok Migas di Negara Ini
info gambar utama
PT Pertamina (Persero) yang selama ini dikenal sebagai produsen minyak dan gas di Indonesia ternyata tidak hanya beroperasi secara lokal. Seperti yang yang belum lama ini terjadi, Pertamina dan Sonatrach perusahaan tambang hidrokarbon sepakat untuk mengelola migas di Aljazair.

Sebagaimana diberitakan detikFinance (20/12) kontrak kerjasama kedua perusahaan kali ini merupakan amandemen revisi Memorandum of Understanding yang telah dilakukan pada September 2016 yang lalu. Lewat kesepakatan baru ini, Sonatrach membuka peluang bagi Pertamina untuk mengekploitasi migas baru di Aljazair. Potensi eksploitasi tersebut bisa mencapai tingkat produksi hingga 20.000 - 30.000 barrel per hari.

Direktur Utama Pertamina Elia Mass Manik menyatakan MoU ini akan membuka peluang memanfaatkan usaha baru migas dari hulu maupun hilir. Produk migas yang dimaksud adalah LNG hingga LPG.

"MoU ini menjadi bukti kepercayaan mitra kami, dimana Pertamina dinilai serius menggarap lapangan di luar negeri, khususnya 3 lapangan di Aljazair. Upaya ini sekaligus menunjukkan keseriusan Pertamina dalam memperluas operasi bisnis hulu di luar negeri untuk menambah cadangan dan produksi migas nasional," jelas Massa

Sementara CEO Sonatrach Abdelmoumen Ould Kaddour mengungkapkan kepercayaannya untuk bekerja sama dengan Pertamina. Sonatrach pun ingin terus melanjutkan kerja sama dengan Pertamina untuk memperkuat hubungan baik yang telah terjalin selama ini. Menurutnya Pertamina adalah perusahaan yang berpengalaman dan berasal dari negara yang memiliki karakter seperti Aljazair.

Pertamina sendiri saat ini memiliki tiga lapangan di Aljazair. Tiga lapangan tersebut dikerjakan oleh anak perusahaan Pertamina International EP (PIEP) dengan hak kelola mencapai 65% di lapangan MLN. Sementara dua lainnya berada di lapangan EMK 16,9% dan OHD 3,7%.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini