Deretan Konser Musik yang Diselenggarakan Offline Sepanjang Tahun 2022

Deretan Konser Musik yang Diselenggarakan Offline Sepanjang Tahun 2022
info gambar utama

Selama pandemi, semua kegiatan yang melibatkan keramaian ditiadakan demi alasan kesehatan bersama, termasuk acara-acara musik. Padahal biasanya jadwal menonton konser musik setiap tahun saja bisa dibilang cukup padat, dari festival yang memang rutin diadakan tahunan, festival-festival baru, konser musik musisi dalam negeri, hingga acara musik yang menampilkan musisi mancanegara.

Memang beberapa perhelatan musik tetap diadakan secara virtual. Namun, pengalaman tersebut tentu berbeda jika dibandingkan dengan menonton secara langsung.

Untuk melepas kerinduan menonton acara musik, tahun 2022 ini ada beberapa gelaran yang rencananya akan dilaksanakan secara luring. Namun, mengingat pandemi belum usai, dibutuhkan inisiatif dari diri sendiri untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. Lebih ketat dari konser sebelum pandemi, kini penonton harus lebih ekstra mengikuti berbagai aturan, dari mulai vaksinasi, tes Covid-19, menggunakan aplikasi PeduliLindungi, dan sebagainya sesuai peraturan penyelenggara.

Bagi yang ingin kembali merasakan suasana konser musik secara langsung, berikut empat acara musik yang digelar tahun 2022:

Genjrang-Genjreng Musik, Kemeriahan yang Diharapkan Membawa Kesejahteraan

Mandalika Tropical Fest

Untuk memeriahkan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia yang diadakan di Mandalika, pada tanggal 19-20 Maret 2022 juga diselenggarakan acara musik Mandalika Tropical Fest (MTF). Konser musik ini menyuguhkan penampilan dari sederet musisi papan atas Tanah Air.

Acara ini menampilkan God Bless, Jamrud, Diskoria, Shaggydog, Superman Is Dead, Edane, Iwa K, Rocket Rockers, Diskoria, hingga The Hydrant, dan Oomleo Berkaraoke. Adapula penampilan dari band lokal asal Lombok seperti Sundancer, The Dare, The Gokil Boys, dan Amtenar.

MTF sendiri diadakan di area Lapangan Parkir Cadangan Timur 1 (PCT1), Tanjung Aan, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk tiketnya dijual dengan harga Rp125 ribu.

Destinasi Wisata Musik Indonesia, dari Museum Hingga Konser di Alam

Joyland

Joyland merupakan festival musik dan seni yang biasa diadakan di Lapangan Panahan Senayan, Jakarta. Namun, tahun ini Joyland akan diselenggarakan di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Bali. Acara ini akan berlangsung pada 25-27 Maret 2022 dan menampilkan tiga hari konser musik, pertunjukan komedi, hingga aktivitas lokakarya.

Beberapa musisi yang dikabarkan akan memeriahkan Joyland antara lain Raisa, Isyana Sarasvati, Maliq & D'Essentials, White Shoes & The Couples Company, The SIGIT, The Adams, Pamungkas, Danilla, Kunto Aji, Diskoria, Nadin Amizah, Grrrl Gang, The Panturas, Lomba Sihir, Soulfood, Basboi, dan Agrikulutre x Rock N Roll Mafia.

Kemudian, akan ada pertunjukan komedi dari beberapa komika Tanah Air seperti Adjis Doaibu, Abdel Achrian, Arif Brata, Marshall Widianto, Randhika Jamil, Oza Rangkuti, Erwin Wu, Dicky Difie, Yudha Ilham, Ate, Guntur Pratama, David Nurbianto, Muhamad Al Jupri, dan Dany Beler.

Tak hanya itu, Joyland juga akan menayangkan film-film dari sutradara lokal di bioskop terbuka. Beberapa judul film yang akan ditayangkan antara lain “Boncengan”, “Laut Memanggilku”, “Kesurupan Erotik”, “Tampias”, dan masih banyak lagi. Kemudian juga ada area Lily Pad yang dikuratori oleh Rave Pasar dan akan menampilkan live performance, DJ set, visual, dan instalasi.

Menyaksikan Kemeriahan Musik Nusantara dalam Relief Candi Borobudur

Prambanan Jazz Festival

Prambanan Jazz Festival (PJF) yang sudah rutin diadakan sejak tahun 2015 kini akan kembali digelar secara luring pada 1-3 Juli mendatang di Lapangan Rama Shinta, Candi Prambanan, Yogyakarta. Untuk tiketnya dijual dengan harga Rp500-750 ribu dan Rp50 ribu untuk konser virtual.

PJF merupakan acara musik tahunan berskala internasional yang memadukan kemegahan antara Candi Prambanan dengan penampilan dari para musisi jazz. Selama beberapa tahun diadakan secara rutin, PFJ pernah menghadirkan beberapa musisi legendaris dunia seperti pemain saksofon Kenny G, Boyz II Men, Rick Price, Sarah Brightman, Boyzone, Diana Krall dan banyak lagi.

Tahun ini, PFJ akan dimeriahkan oleh sederet musisi Tanah Air seperti Andien, Diskoria feat Fariz RM, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Maliq & D'Essentials, Pamungkas, Sore, Iskandar Widjaja feat Erik Sondhy, Kunto Aji, Orkes Sinten Remen, Tulus, Fiersa Besari feat Bemandry, Kahitna, serta Mus Mujiono x Deddy Dhukun x Everyday.

Menilik Kondisi dan Tren Industri Musik Nasional Saat Ini

Java Jazz Festival

Setelah absen tahun lalu, Java Jazz Festival (JJF) akan kembali diselenggarakan tahun ini, tepatnya pada 27, 28 dan 29 Mei 2022 di iExpo Kemayoran, Jakarta. Kabar ini diumumkan di akun Instagram @javajazzfest.

“Kami berharap dengan diselenggarakannya JJF pada tahun ini, akan menjadi awal baru bagi kelangsungan industri musik tanah air," kata Dewi Gontha, Direktur Utama Java Festival Production, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

"Kembalinya JJF pada tahun 2022 tidak luput dari dukungan pecinta musik setia serta kesempatan yang diberikan pemerintah kepada kami sebagai penyelenggara.”

Hingga berita ini dimuat, belum ada informasi mengenai musisi yang akan tampil di JJF 2022. Namun, di laman resminya sudah tersedia informasi mengenai pembelian tiket yang dijual Rp575 ribu per hari.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini