Say No To Monday Blues, Siap Produktif Hadapi Senin

Say No To Monday Blues, Siap Produktif Hadapi Senin
info gambar utama

I Hate Monday. Istilah tersebut tentu tak asing lagi bagi kita yang harus berjuang untuk kembali memulai aktivitas di hari senin. Bagi beberapa orang, hal tersebut sangat berat untuk kita lakukan karena mau tidak mau mereka harus menyudahi akhir pekannya.

Jika Goodmates merasa takut atau berat untuk kembali memulai aktivitas di hari Senin, hati-hati, ya. Bisa jadi itu salah satu tanda kalau kamu mengalami sindrom monday blues. Lantas, apa arti sindrom monday Blues itu?

Monday blues atau senin kelabu merupakan istilah yang menggambarkan rasa ketakutan dan kemalasan yang muncul saat menghadapi hari Senin. Hal ini biasanya terjadi karena perubahan suasana yang kamu rasakan dari euphoria di akhir pekan dan setelahnya harus kembali melanjutkan rutinitas yang sama.

Apalagi untuk para pekerja yang harus sibuk dengan padatnya pekerjaan yang menjenuhkan. Siklus inilah yang bisa membentuk sindrom monday blues. Jika terjadi berulang-ulang, ini tentu bisa membawa dampak negatif bagi tubuh dan produktivitas kerja.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi monday blues. Siapa tahu bermanfaat untuk mengembalikan semangat kamu, ya, Goodmates.

1. Tidur Lebih Awal pada Hari Minggu

Tidur hari Minggu | Foto: Pexels
info gambar

Hindari kebiasaan begadang di hari Minggu. Pastikan kebutuhan tidur kamu benar-benar terpenuhi, ya.

Menjaga kualitas tidur menjadi kunci dari mood kita di keesokan harinya. Dengan tidur yang cukup, konsentrasi dan metabolisme tubuh dapat kembali bekerja secara optimal. Jadi, Goodmates bisa menjalani awal pekan dengan penuh semangat.

Baca juga: Kenali Generation Gap untuk Atasi Kesenjangan di Dunia Kerja

2. Putar Lagu Favorit

Mendengarkan musik kesukaan | Foto: Pexels
info gambar

Mendengar lagu favorit juga menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan mood untuk mengawali rutinitas. Buat playlist musik kesukaanmu yang bisa membangkitkan semangat dalam menjalani hari.

Musik menjadi salah satu obat pengusir kemalasan yang cukup ampuh, lo. Namun, jangan lupa untuk pilih lagu-lagu yang ceria dan kalau bisa hindari lagu-lagu mellow. Harus yang upbeat pokoknya!

Baca juga: Peluang Kerja Menjanjikan yang Tidak Perlu Datang ke Kantor

3. Pilih Outfit yang Nyaman

Outfit bersama teman | Foto: Fauxels
info gambar

Tidak hanya musik musik, kamu juga bisa menggunakan pakaian kesukaan guna menghadirkan mood positif. Pilih pakaian yang paling nyaman dan meningkatkan rasa percaya diri kamu Goodmates.

Selain itu, tak ada salahnya untuk mencoba gaya outfit baru yang colorful supaya lebih bersemangat. Tidak ada salahnya mencoba outfit, dengan begitu kamu akan nyaman menjalankan hari.

4. Jadwalkan Pekerjaan Satu Hari

Weekly planner | Foto: Pexels
info gambar

Banyak yang membenci hari Senin karena biasanya ada pekerjaan yang belum terselesaikan di minggu sebelumnya. Nah, untuk mengatasinya, pastikan tidak menunda dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat catatan aktivitas atau pekerjaan yang harus kamu lakukan tiap harinya selama seminggu ke depan.

Tujuannya agar tenggat waktu pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Cara ini bisa menghindarkan kamu dari stress di hari Senin akibat menumpuknya pekerjaan yang tertunda.

Baca juga: Pusing Belajar? Kanal Youtube Berikut Bisa Bangkitkan Semangat Belajar

5. Rencanakan After Work Chill

Santai setelah kerja | Foto: Pexels
info gambar

Membuat rencana setelah seharian berhadapan dengan padatnya pekerjaan bisa jadi pilihan. Tentu saja agar kamu tetap bisa mempertahankan semangat dan produktifitas kerja hingga seminggu ke depan.

Buat list film favorit yang akan kamu tonton sepulang bekerja, atau rencanakan berkumpul dengan teman-teman setelah jam pulang kantor. Hal itu bisa menjadi penambah semangat menjalani hari Senin.

Semoga tips tadi bisa menjadi pegangan untuk menghadapi Senin kamu, ya. Selalu tanamkan mindset positif bahwa hari Senin tidaklah seburuk yang kamu bayangkan.

Jadi, hari apapun itu harus terus kamu jalani dengan penuh semangat. Mulai sekarang, awali Senin kamu dengan kalimat ”I Love Monday”, ya, Goodmates!

Referensi:CNN | greatdayhr | Alodokter

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini