Penyanyi Muda Indonesia Raih Juara Dunia Kompetisi Menyanyi di Italia

Penyanyi Muda Indonesia Raih Juara Dunia Kompetisi Menyanyi di Italia
info gambar utama

Tak henti memperoleh prestasi dari berbagai bidang, kali ini pencapaian membanggakan kembali datang dari bidang seni tepatnya dunia tarik suara. Seorang penyanyi perempuan Indonesia kembali membuat harum nama bangsa setelah berhasil memenangi kompetisi menyanyi tingkat dunia, yang berlangsung di Italia selama tanggal 1-8 Mei 2022 kemarin.

Yang membuat istimewa, penyanyi perempuan yang memberikan prestasi masih sangat muda, karena diketahui masih berusia 14 tahun, dan bernama Jane Callista. Lebih detail, remaja kelahiran 1 Januari tahun 2008 tersebut memenangkan kompetisi menyanyi internasional "Sanremo Junior World Finals" ke-13, yang berlangsung di Teatro Ariston, Sanremo, Italia.

Bukan kompetisi ringan, Sanremo Junior sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi internasional bergengsi di dunia tarik suara, yang berada di bawah naungan UNICEF. Tak bisa dianggap sepele, karena para peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah perwakilan terpilih dari masing-masing negara, dan telah melalui proses seleksi ketat dari panitia serta juri.

Denden Gonjalez, Penyanyi Rock Asal Bandung yang Memukau Panggung The Voice Bulgaria

Bersaing dengan peserta dari 20 negara asal 3 benua

Melalui unggahan di akun instagram pribadi miliknya, Callista mengumumkan kabar membahagiakan tersebut sekaligus mengucap kebahagiaan yang dirasakan.

"Indonesia Juara! Sangat bersyukur atas pencapaian ini sebagai Juara Dunia World Grand Prix Winner of Sanremo Junior 2022, dan juga Juara 1 Alice Artemis Vigano Award di Teatro Ariston, Sanremo - Italia," tulis Callista antusias.

Callista menjadi pemenang pertama dan World Grand Prix Champion dengan suara bulat dari para juri, dan berhasil mengalahkan pesaing dan para finalis lain yang merupakan representatif terpilih dari berbagai negara, meliputi 20 negara dari 3 benua.

Bukan kali pertama, sebenarnya Callista sendiri sudah beberapa kali memenangkan kompetisi bernyanyi di dalam dan luar negeri. Namun kemenangan kali ini tetap menjadi prestasi yang membanggakan bagi remaja tersebut, karena level kompetisi Sanremo Junior memiliki kesan prestise tersendiri.

"Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bertemu para finalis yang sangat berbakat dari berbagai negara di dunia. Selain mendapat teman baru, kami juga saling bertukar cendera mata dari negara kami masing-masing," cerita Callista, mengungkap pengalamannya mengikut kompetisi tersebut.

Lebih jelas diketahui, dalam hal cendera mata yang dimaksud, rupanya Callista telah menyiapkan tas lukis dari Klaten dan boneka wayang secara khusus untuk rekan sesama peserta.

Malea Emma, Aktris Cilik Keturunan Indonesia dalam Film Science-Fiction “After Yang”

Diakui musisi ternama Italia

Tak hanya membawa kabar baik dan membanggakan bagi Indonesia, bakat mengagumkan yang dimiliki oleh Callista nyatanya juga diakui oleh presiden dewan juri Mr. Franco Fasano, yang merupakan sosok musisi ternama di Italia.

Pada sebuah wawancara yang dimuat dalam koran nasional Italia La Stampa, dirinya memuji bakat yang dimiliki oleh Callista.

"Peserta asal Indonesia ini, Jane Callista, adalah yang paling mengesankan saya dalam beberapa tahun terakhir. Sanremo Junior, sangat impresif, memiliki aksi panggung dan cara menyanyi yang sangat baik. Selain selaras, dia juga seorang aktris, mengingatkan saya kepada sosok artis legendaris Judy Garland. Meskipun usianya masih muda tapi dia penuh percaya diri," pujinya.

Mendapat kesempatan dan berhasil mempersembahkan prestasi yang membuat kagum, Callista juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberinya dukungan untuk tampil di kompetisi Sanremo Junior World Finals 2022.

"Terima kasih juga untuk Kedutaan Besar RI di Roma, Italia. Saya sangat tersanjung dan terhormat atas doa dan dukungan yang diberikan," tutur Callista.

Yang menarik, Callista rupanya bukan sosok pertama asal Indonesia yang berhasil membuktikan jika tanah air memiliki penyanyi berbakat dengan suara emas yang mengagumkan lewat kompetisi tersebut. Salah satu penyanyi muda populer di Indonesia saat ini, yaitu Lyodra Ginting, juga pernah menyabet gelar juara di kesempatan yang sama, pada tahun 2017 lalu.

Lebih muda, kala itu Lyodra bahkan meraih prestasi tersebut saat usianya masih menginjak 13 tahun. Tak jauh berbeda dengan Callista, dirinya juga bersaing dan berhasil mengalahkan 22 peserta lain yang berasal dari 18 negara.

Lyodra, Remaja 13 Tahun yang Berhasil Memenangkan Kompetisi Soloist di Italia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini