Komunitas Kejar Kebaikan Hadir untuk Dampak Berkelanjutan

Komunitas Kejar Kebaikan Hadir untuk Dampak Berkelanjutan
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Banyak kita jumpai macam-macam komunitas yang tersebar di sekitar kita. Komunitas tersebut memilki banyak jenis tujuan dan kepentingan, mulai dari menyuarakan isu lingkungan, sosial, kesehatan sampai dengan isu kesetaraan gender. Dari banyak nya tujuan dan kepentingan tersebut, apakah ada yang benar-benar bisa menghasilkan dampak baik yang berkelanjutan? Maka dari itu, Komunitas Kejar Kebaikan hadir dan menjawab pertanyaan tersebut. Mari, kita kupas lebih lanjut profil dari Komunitas Kejar Kebaikan.

Awal Mula Terbentuknya Komunitas

Komunitas Kejar Kebaikan sendiri, dibentuk pada tanggal 20 Januari 2020. Berawal dari niat baik beberapa pemuda-pemudi di Bekasi yang memiliki satu tujuan sama dan ingin terealisasikan, maka lahirlah sebuah komunitas sosial yang diberi nama Komunitas Kejar Kebaikan. Sebuah komunitas yang menebarkan dampak kebaikan dan aksi nyata peduli sosial yang berkelanjutan. Sesuai dengan namanya, komunitas ini bertujuan untuk mewujudkan generasi pemuda yang  kreatif, empati dan peduli terhadap sesama serta lingkungan sekitar dalam mengejar kebaikan yang sesuai dengan pedoman nilai-nilai yang ada di masyarakat.

 Aksi Nyata Berbagi Kebaikan Sebagai Langkah Awal Kegiatan

Pada saat awal terbentuk komunitas, kegiatan utama yang menjadi fokus program kerja yaitu Care For Smile(C4S). Program ini merupakan kegiatan berbagi kebaikan dan kebahagian kepada orang lain. Kegiatan berbagi ini, biasanya dilakukan seminggu sekali dengan membuka donasi pada akun media sosial komunitas serta melibatkan para donatur tetap. Setelahnya, donasi dapat didistribusikan berupa makanan, sembako ataupun uang tunai kepada sasaran yang berhak menerima.

Kegiatan Pertama Berbagi Kebaikan

Kegiatan Care For Smile(C4S) di Yayasan Yatim Piatu | Foto: Instagram Kejar Kebaikan
info gambar

Komunitas Kejar Kebaikan untuk pertama kalinya, membuka donasi untuk berbagi kebaikaan kepada Yayasan Yatim Piatu Insan Bhakti Pertiwi Bekasi pada tanggal 25 Januari 2020. Donasi yang telah terkumpul akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak berupa pakaian seragam sekolah baru dan bantuan tunai serta nasi kotak untuk makan siang. Selain itu donasi yang terkumpul juga, akan digunakan untuk melengkapi fasilitas Yayasan Yatim Piatu Insan Bhakti Pertiwi dengan memberikan beberapa kipas angin untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang nyaman dan kondusif.

Berbagi Kebaikan untuk Mereka yang Terdampak Pandemi

Berbagi Sembako bagi Warga Terdampak Pandemi | Foto: Instagram Kejar Kebaikan

Pada Maret 2020, pemerintah mengumumkan kasus pertama Covid-19 muncul di Indonesia. Semua masyarakat dianjurkan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah tak terkecuali bekerja. Hal ini sangat berdampak bagi ekonomi masyarakat kecil, yang hanya mengandalkan aktivitas bekerja di luar rumah. Komunitas Kejar Kebaikan melakukan aksi nyata dengan berbagi sembako kepada masyarakat kecil yang terdampak. 

Awali Kebaikan di Pagi Hari dengan Berbagi Sarapan

Berbagi Nasi Bungkus | Foto: Dokumentasi Panitia Kegiatan
info gambar

Kegiatan berbagi nasi bungkus yang biasa diadakan rutin di Minggu Pagi ini, merupakan program kegiatan mingguan Komunitas Kejar Kebaikan untuk berbagi kebaikan dan semangat memulai aktifitas yang diawali dengan sarapan pagi. Biasanya, kegiatan berbagi nasi bungkus ini, lebih diarahkan kepada sasaran penerima yakni para supir ojek, pemulung, tukang sapu, pedagang kecil serta tukang pengakut sampah.

Berdampak Sosial Berkelanjutan dengan Berbagi Ilmu kepada Anak Marjinal

Kegiatan Keterampilan di Kelas Kreasi | Foto: Dokumentasi Panitia Kegiatan
info gambar

Selain berbagi kebaikan berupa makanan atau uang tunai. Komunitas Kejar Kebaikan juga melakukan aksi nyata yang berdampak berkelanjutan, dengan membuka kelas belajar untuk anak-anak marjinal. Pada saat ini, ada dua tempat belajar berbeda yang sudah berjalan dan terlaksana dengan baik. Tempat belajar pertama diberi nama Taman Belajar yang berlokasi di Prima Harapan Regency, Bekasi dan yang kedua dengan nama Kelas Kreasi yang berlokasi di Teluk Buyung, Bekasi, Jawa Barat. Program kegiatan mengajar ini terlaksana di hari Sabtu-Minggu pada sore hari. Anak marjinal di komunitas ini disebut dengan adik asuh, dan saat ini total keseluruhan adik asuh yang bergabung sekitar 60 orang, dengan berbagai jenis jenjang Pendidikan mulai dari Pra-SD sampai SMP. Kegiatan yang dilakukan biasanya berupa calistung, menggambar, membuat seni kriya serta keterampilan menari maupun bela diri.

Selain itu, Komunitas Kejar Kebaikan juga berupaya ikut mewujudkan nilai mencerdaskan anak bangsa. Salah satunya yakni dengan program beasiswa dari Komunitas Kejar Kebaikan. Program ini dibuat dengan tujuan untuk membantu adik asuh yang mengalami putus sekolah, akibat dari ekonomi keluarga yang tidak stabil, supaya bisa kembali melanjutkan kembali sekolahnya. Sampai saat ini sudah ada satu adik asuh yang terbantu dengan program beasiswa penuh dari Komunitas Kejar Kebaikan. Adapun dana dari program beasiswa ini, dihimpun dari para donatur tetap serta membuka donasi lewat media sosial. Untuk kedepannya, komunitas ini diharapkan dapat terus membantu anak marjinal lainnya, yang mengalami hal serupa, untuk bisa kembali melanjutkan sekolahnya.

Terbuka Untuk Berkolaborasi dengan Komunitas Lain

Festival Pohon Berkolaborasi dengan Berbagai Komunitas se-Bekasi | Foto: Langit7
info gambar

Selain kegiatan berbagi, Komunitas Kejar kebaikan juga turut berkolaborasi dengan berbagai komunitas lainya. Salah satu nya yakni sukses menggelar kegiatan dengan bertemakan isu lingkungan. Dengan mengajak kolaborasi bersama Komunitas Bangun Kota serta 30 komunitas lainnya yang ada di Bekasi, membuat sebuah acara Festival Pohon “Beks To Nature” sebagai wujud memperingati hari pohon sedunia.

Untuk Langkah selanjutnya, Komunitas Kejar Kebaikan terus berupaya menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bisa berdampak baik dan berkelanjutan, tidak hanya pada bidang sosial tetapi juga bidang lainnya. Serta menjadi wadah anak muda untuk bisa berkembang dan berkarya dengan menciptakan sebuah program kegiatan yang mensejahterakan masyarakat.

 

Referensi:Instagram @kejarkebaikan | Hasil Wawancara Tim Komunitas Kejar Kebaikan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini