Bertualang Ke Kanawa dan Kenawa, Mutiara Eksotis di Timur Indonesia

Bertualang Ke Kanawa dan Kenawa, Mutiara Eksotis di Timur Indonesia
info gambar utama

Sudah bukan rahasia lagi jika wilayah Indonesia Timur memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dikenal dengan wisata eksotis, ada banyak tempat yang dapat dijelajahi, dari pulau-pulau tak berpenghuni, taman nasional, pantai-pantai dengan hamparan pasir putih yang elok, perbukitan, hingga pegunungan.

Selain Labuan Bajo, Kepulauan Kei, Sumba, dan Raja Ampat, ada juga pulau yang tak kalah cantik yaitu Kanawa dan Kenawa. Meski namanya sekilas nampak sama, keduanya ada di wilayah yang berbeda. Kanawa merupakan pulau kecil yang terletak di perairan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pasangan Kenawa berada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lantas, apa perbedaan kedua pulau tersebut dan apa saja daya tarik yang dimiliki keduanya? Berikut penjelasannya:

Selain Pulau dan Pantai, Ini 5 Destinasi Wisata Unik yang Ada di Batam

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa | @Ikram Razak Shutterstock
info gambar

Kenawa hanyalah pulau kecil dengan luas sekitar 15 hektare yang tak berpenghuni. Dengan garis pantai membentang sejauh 1,73 kilometer, pulau ini cenderung hening karena jauh dari keramaian dan suasananya pun masih sangat alami.

Berkunjung ke Pulau Kenawa, wisatawan akan disambut dengan hamparan padangan savana yang eksotis dengan ilalang-ilalang tinggi. Pulau ini juga memiliki bukit kecil yang cocok untuk menikmati momen seperti matahari terbit dan terbenam. Dari atas bukit, Anda juga bisa melihat luasnya laut, perahu nelayan yang tengah melaut, hingga lalu-lintas kapal feri yang membawa penumpang ke Sumbawa. Bahkan dari bukit ini bisa tampak megahnya Gunung Rinjani.

Pulau Kenawa memang bukan tempat wisata yang mudah diakses. Perlu sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke pulau ini. Pengunjung dapat berangkat dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur kemudian naik kapal feri sekitar dua jam sampai ke Pelabuhan Pototano. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan menggunakan kapal kayu dari dermaga dekat Pototano sampai ke Kenawa.

Bertualang ke Pulau Kenawa, Anda dapat puas menikmati pemandangan yang disajikan, mendaki bukit, duduk santai di dermaga, mengambil foto, atau menyelam di perairannya.

Karena pulau ini tidak berpenghuni, memang tidak ada seorang pun yang tinggal di sana sehingga tidak ada listrik dan bangunan-bangunan seperti penginapan atau rumah makan. Bagi wisatawan yang ingin menginap di Kenawa tentunya diperbolehkan, namun bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri. Sementara itu untuk penginapan terdekat ada di daerah Pototano, Labuhan Lombok, atau Labuhan Pandan.

Ditetapkan Jadi Kota Kreatif Gastronomi, Apa Saja yang Menarik di Salatiga?

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa | Wikimedia Commons
info gambar

Pulau Kanawa dikenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya. Mengunjungi pulau ini, mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan berupa laut yang biru kehijauan, pasir pantai yang putih bersih, dan pulau nan asri yang terbentang luas.

Lokasi pulau ini sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo dan dekat dengan beberapa objek wisata seperti Pantai Sembilan, Taka Makassar, Pulau Komodo, dan Pulau Rinca. Biasanya Pulau Kanawa juga masuk ke dalam paket perjalanan wisata Labuan Bajo. Pulau Kanawa juga merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo.

Di Pulau Kanawa, wisatawan dapat menjelajah bawah laut dengan snorkeling atau diving dan menyaksikan langsung keindahan terumbu karang serta berbagai biota laut dari yang berukuran kecil hingga besar. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat langsung kuda laut, mola-mola, hiu paus, pari manta, hingga giant parrot fish.

Kebanyakan biota laut besar di perairan Kanawa tidak terlalu agresif sehingga relatif aman untuk berinteraksi dengan mereka. Namun, Anda juga bisa menyelam dengan ditemani pemandu demi keamanan selama di bawah laut.

Pengelola pulau pun memiliki dive centre bersertifikat PADI, di mana wisatawan dapat menyewa alat selam beserta pemandu. Ada pula paket-paket diving ke spot favorit seperti Manta Point, Batu Bolong, Pulau Tatawa, Pulau Siaba, serta paket snorkeling ke Pulau Sebayur, Pulau Sebolo, dan Pulau Kelor.

Bagi yang tidak bisa menyelam, tak perlu khawatir karena Anda juga bisa melihat berbagai biotalaut seperti kepiting, kelomang, dan bintang laut ketika air laut surut. Biasanya pada momen tersebut, banyak hewan laut yang terjebak di pantai. Kemudian di sekitar pantai pun pengunjung bisa melihat sisa ganggang merah yang membuat pantai di Kanawa sekilas berwarna merah muda.

Tak jauh dari pantai, ada sebuah bukit yang dihuni berbagai burung-burung cantik. Biasanya bukit ini jadi tempat favorit pengunjung untuk menikmati matahari terbit dan terbenam, hingga memandang bintang saat malam.

Di pulau ini terdapat fasilitas penginapan berupa bungalow yang terhubung dengan dermaga kayu. Untuk beristirahat setelah lelah menjelajah pulau, Anda juga bisa bersantai di hammock yang dipasang di bawah pohon.

Untuk menuju Pulau Kanawa, wisatawan dapat lewat jalur udara langsung ke Labuan Bajo. Kemudian, dilajutkan dengan naik perahu motor kurang lebih 45 menit. Pilihan lain adalah melalui jalur laut dari Lombok atau Sumbawa.

Menyusuri Sungai-Sungai dengan Pemandangan Eksotis di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini