Hanya Ada 7 di Dunia, Indonesia Jadi Lokasi Terbaru Hyundai Motorstudio

Hanya Ada 7 di Dunia, Indonesia Jadi Lokasi Terbaru Hyundai Motorstudio
info gambar utama

Indonesia nampaknya sudah mememiliki posisi istimewa tersendiri bagi pabrikan mobil asal Korea Selatan, yakni Hyundai. Baik dari segi pangsa pasar, hingga lokasi yang strategis sebagai pusat manufaktur sejumlah lini kendaraan terbaru yang mereka andalkan.

Setelah memutuskan untuk memproduksi Ioniq 5 dan Hyundai Creta di tanah air, kali ini mereka kembali memilih Indonesia untuk menjadi lokasi selanjutnya dari experience center eksklusif yang dimiliki, yakni Hyundai Motorstudio.

Jadi fasilitas ke-7 yang dihadirkan secara global, experience center kali ini detailnya berlokasi di kawasan pusat perbelanjaan Senayan Park, Jakarta. Dalam kurun waktu tiga hari sejak pertama kali dibuka pada, Kamis (9/6/2022), experience center tersebut kabarnya sudah dikunjungi oleh sebanyak 5.000 orang yang antusias dengan fasilitas ini.

Diproduksi Massal, Hyundai Creta Siap Ramaikan Industri Otomotif Nasional

Suguhkan potret mobilitas berkelanjutan di masa depan

Hadir dengan rancangan yang sengaja dibuat untuk menarik minat kalangan anak muda atau lebih tepatnya milenial dan Gen Z (MZ), fasilitas ini dibangun dengan interior yang menampilkan rangkaian film yang membuka wawasan dengan tajuk ‘The Clean Mobility Vision’.

Thomas Schemera selaku Executive Vice President and Head of Customer Experience Division Hyundai Motor mengungkap, jika Motorstudio tidak hanya sebatas menjadi lokasi pameran produk, melainkan juga kaya akan pengalaman yang akan membuka sudut pandang masyarakat Indonesia mengenai konsep mobilitas berelanjutan.

“Indonesia merupakan pusat strategi mobilitas masa depan dari Hyundai Motor di kawasan Asia Tenggara (ASEAN),” pungkas Thomas.

Lebih lanjut, President Director Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha, juga menjelaskan jika kehadiran Motorstudio ini akan berperan sebagai ruang yang merepresentasikan nilai-nilai yang dibawa Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif.

Ia juga menyambut tingginya antusias masyarakat yang datang untuk mencari tahu lebih detail mengenai keberadaan fasilitas tersebut.

“Motorstudio menghadirkan tampilan dan pengalaman yang lebih jelas tentang visi clean mobility dari Hyundai, yang mana menjawab ketertarikan masyarakat luas terhadap keberlanjutan di masa depan. Penerimaan ini tentunya semakin memperkuat rasa percaya diri kami dalam membangun mobilitas masa depan untuk Indonesia,” ujar Woojune, mengutip Carvaganza.

Dalam keberadaannya, fasilitas ini juga diketahui akan terus mengadakan sesi acara yang dapat mengembangkan minat masyarakat terhadap gaya hidup yang berkelanjutan.

Seperti misalnya pada tanggal 18 dan 25 Juni mendatang, di lokasi tersebut akan diselenggarakan ‘Upcycling DIY Workshop’. Yakni acara yang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mempelajari cara membuat gantungan kunci berbahan coffee clay, dan dompet kartu menggunakan material yang dapat didaur ulang.

Hyundai: Mencengkeram Asia Tenggara dari Indonesia

Fasilitas di Hyundai Motorstudio

fasilitas sustainable life drive
info gambar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Indonesia atau lebih tepatnya Jakarta sendiri telah menjadi lokasi ke-7 dan negara ke-4 dibangunnya experience center Hyundai Motorstudio. Sebelumnya, negara pertama yang sudah pasti menjadi lokasi adalah asal pabrikan otomotif ini sendiri yaitu Korea Selatan.

Diketahui jika saat ini ada 4 lokasi Hyundai Motorstudio di Korea Selatan yakni di Kota Goyang, sebagai fasilitas terbesar, Seoul, Hanam, dan Busan. Lain itu fasilitas selanjutnya berada di Rusia tepatnya di Ibu Kota Moscow. Kemudian ada pula satu fasilitias yang berada di China lebih tepatnya Beijing.

Masing-masing lokasi biasanya memiliki daya tarik dan pusat pengalamannya sendiri, seperti misalnya di Beijing terdapat instalasi penunjuk indeks kualitas udara, lengkap dengan filtrasi udara dalam ruangan. Lain itu di lokasi yang sama juga terdapat gambaran mengenai energi masa depan berupa sel bahan bakar hidrogen.

Sementara itu di Seoul, terdapat fasilitas untuk mengeksplor kendaraan listrik dari Hyundai yakni Ioniq Lab. Untuk di Indonesia, terdapat sejumlah fasilitas yang bahkan bisa mengedukasi pengunjung dengan anak yakni Ioniq 5 Charging Station Workshop, pada fasilitas ini pengunjung bisa memperlihatkan bagaimana cara kerja pengisian daya kendaraan listrik.

Selain itu, pengunjung juga bisa menjajal fasilitas Sustainable Life Drive secara gratis. Lebih detail, pengunjung dapat mencoba pengalaman mengendarai mobil ramah lingkungan dan merasakan seperti apa infrastruktur pengisian daya listrik yang ada.

Dalam praktiknya, mereka yang mencoba fasilitas ini akan berkendara dengan jarak sekitar 9,5-19,5 kilometer di sekitar kawasan Senayan Park. Adapun kendaraan listrik yang akan digunakan nantinya adanya Hyundai KONA atau Ioniq 5.

Mengenal Hyundai Ioniq, Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini