Yuk, Nikmati Danau Toba dengan Empat Aktivitas Asyik Ini

Yuk, Nikmati Danau Toba dengan Empat Aktivitas Asyik Ini
info gambar utama

Danau Toba merupakan salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang memiliki keindahan alam nan luar biasa. Danau vulkanik terbesar di dunia ini termasuk sepetak surga yang ada di Sumatra Utara.

Wisatawan bisa menikmati lanskap alam indah Danau Toba dengan beberapa aktivitas fisik asyik yang bisa meningkatkan kesehatanmu. Aktivitas fisik yang bisa meningkatkan kesehatan adalah olahraga, apalagi kalau kegiatan ini dilakukan sambil jalan-jalan atau berlibur, pasti perjalananmu akan semakin seru.

Saat ini aktivitas olahraga sambil berwisata atau lebih dikenal dengan nama sport tourism sedang tren. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meyakini potensi destinasi wisata berbasis olahraga (sport tourism) mampu menjadi pendongkrak pemulihan ekonomi tanah air.

“Saya meyakini bahwa sport tourism menjadi destinasi wisata yang memenangkan (ekonomi) Indonesia usai pandemi ini,” ujar Sandiaga.

Bagaimana Kawan GNFI? Siap mencoba aktivitas asyik yang bisa menyehatkanmu? Sebelum itu, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan secara LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia. Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan.

Kabar gembira! Stitch Challenge diperpanjang hingga 23 September, jadi jangan lupa ikutan, ya! Cek informasi selengkapnya di akun Instagram @pesona.indonesia dan raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Peresmian Creative Hub dan Persiapan F1 Boat Race di Danau Toba

Yuk, nikmati Danau Toba dengan 4 aktivitas asyik ini!

1. Paralayang di Bukit Gajah Bobok, Danau Toba

Wisata Pralayang (@Kemenpar)
info gambar

Kawan GNFI yang punya nyali besar patut mencoba aktivitas asyik yang satu ini. Paralayang adalah olahraga rekreasi dengan cara melayang dari tebing dan sebagainya dengan menggunakan parasut termodifikasi.

Aktivitas asyik ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menikmati keindahan Danau Toba dari atas langit. Kawan GNFI bisa terbang dari atas bukit Gajah Bobok untuk melihat pemandangan Danau Toba yang indah.

Kawan GNFI juga bisa menikmati Panorama Simalem, Air Terjun Sipiso-piso, Maulana Café, Sopo Juma, Loken, Air Terjun Sidompak, dan masih banyak lagi. Setelah terbang selama 10 menit (jika cuaca bagus), kamu akan mendarat di Wisma Sibayak Tongging.

Aktivitas paralayang ini berada di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Perlu diketahui, bukit Gajah Bobok yang menjadi titik take off paralayang adalah spot camping yang digemari di Sumatera Utara. Jadi sebelum terbang, kawan GNFI boleh camping terlebih dahulu.

Untuk sampai ke destinasi sport tourism ini, kamu perlu menempuh jarak 110 km dari Medan atau setidaknya menghabiskan 3,5 jam perjalanan. Untuk menikmati aktivitas asyik ini, kamu harus reservasi terlebih dahulu di akun Instagram @kuliki_paralayang_karo yang dibuka setiap hari. Bila sudah melakukan reservasi, Kawan GNFI bisa mengabadikan momen terbang ini dengan menggunakan kamera gopro.

Lestarikan Lingkungan dan Pariwisata di Toba, Annette Horschmann: Impian Saya Jadi Nyata

2. Mengelilingi Pinggiran Danau Toba dengan Sepeda

Bersepeda di Danau Toba (@Kemenpar)
info gambar

Tuk-Tuk Siadong adalah sebuah kelurahan yang merupakan pusat wisata di Pulau Samosir, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Untuk menuju ke sini, Kawan GNFI perlu menghabiskan waktu perjalanan yang cukup panjang, tapi waktu tersebut akan terbayar tuntas kalau sudah sampai di Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong.

Desa wisata ini menawarkan berbagai pemandangan indah dan atraksi budaya yang sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menjelajahi desa wisata ini adalah dengan bersepeda.

Menghabiskan waktu sore dengan bersepeda berkeliling Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong begitu menyegarkan dan sangat disarankan, karena kamu akan melihat pemandangan danau yang indah di sepanjang rutenya. Jangan khawatir soal menyewa sepeda, karena setiap hotel dan penginapan yang berada di desa wisata ini memiliki persewaan sepeda.

Harga sewa sepedanya pun bervariasi. Ada yang menyewakan sepeda berdasarkan jam dan ada yang menawarkan sewa sepeda untuk seharian, sehingga kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.

Selain bersepeda berkeliling desa wisata, kamu juga bisa mengambil rute lain yaitu rute menuju ke dermaga Simanindo dan menyeberang ke Tigaras, di rute ini Kawan GNFI bisa menemukan petualangan seru lainnya, seperti berburu suvenir di Tigaras.

Bukit Sibea-Bea, Pilihan Destinasi Wisata Religi di Sumatra Utara

3. Seru-seruan di Atas Banana Boat

Caption
info gambar

Tidak jauh dari Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong, ada kegiatan seru lain yang bisa kamu temukan yaitu merasakan sensasi menembus air dengan kecepatan tinggi sambil mengendarai banana boat di permukaan Danau Toba yang luas.

Wahana petualangan ini bisa menjadi pilihan untuk seru-seruan bersama sahabat atau keluarga. Untuk menikmati sport tourism ini, kamu bisa menemukan jasa sewa perahu karet berbentuk pisang (banana boat) dengan kapasitas 8 orang ini di setiap pantai sepanjang Simanindo. Aktivitas asyik ini bisa memantik adrenalinmu dan keseruannya bisa membuat ketagihan, lho.

4. Menantang Danau Toba dengan Speedboat

Berkeliling dengan speedboat (@Kemenpar)
info gambar

Sama halnya dengan banana boat, olahraga air satu ini juga wajib dicoba! Karena, kamu bisa memacu andrenalin-mu dengan berkendara mengelilingi permukaan Danau Toba menggunakan speedboat.

Kamu bisa berpetualang selama 1 jam naik speedboat berkapasitas 10 orang. Beberapa rute yang ditawarkan, yaitu rute menuju ke Air Terjun Situmurun, Parapat, dan Batu Hoda.

Agar bisa menikmati olahraga air ini kamu wajib melakukan reservasi terlebih dahulu melalui akun Instagram @susurdanautoba. Speedboat Susur Danau Toba ini menawarkan 2 pelayanan lokasi yaitu Senin sampai Minggu, beroperasi di Samosir, Desa Marlumba, Kecamatan Simanindo. Sedangkan Sabtu dan Minggu, pelayanan ini juga beroperasi di Parapat, tepatnya di Wisma Bahari.

Gimana? Sudah siap mencoba aktivitas-aktivitas asyik di atas untuk menikmati keindahan alam Danau Toba? Sebelum merencanakan perjalanan, pastikan kamu sudah vaksin booster dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kamu dapatkan dengan cara mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini