5 Motif Batik Papua: Coraknya Yang Khas Kian Diminati Hingga Ke Mancanegara

5 Motif Batik Papua: Coraknya Yang Khas Kian Diminati Hingga Ke Mancanegara
info gambar utama

5 Motif Batik Papua yang Coraknya Diminati hingga ke Mancanegara - Saat ini Papua memiliki harta karun tersembunyi berupa batik yang memiliki karakter yang unik dan mempresentasikan kekayaan alam khas Papua.

Motif batik Papua dikenal memiliki unsur budaya Papua yang kental. Ditambah dengan penggunaan warna-warna cerah dan pola asimetris pada motifnya pun membuat batik satu ini semakin dikenal hingga ke Mancanegara. Bagi Anda yang penasaran dengan corak dan motif batik Papua, simak beberapa motif yang dominan dan terkenal di Papua:

5 Motif Batik Papua yang Paling Populer

1. Motif Asmat

motif batik papua batik asmat
info gambar

Motif asmat termasuk salah satu motif batik Papua terpopuler. Penamaannya diambil dari suku asli yang menghuni pulau Papua yaitu Asmat. Batik ini didominasi dengan corak ukiran yang khas seperti patung duduk kayu. Sedangkan warna batiknya juga memiliki ciri khas yaitu menggunakan warna tanah yang merah kecokelatan.

Baca juga: 7 Motif Batik Jawa Barat yang Sarat Makna Simbolis

2. Motif Cendrawasih

motif batik papua cenderawasih
info gambar

Motif batik yang populer selanjutnya adalah motif cendrawasih. Ini dikarenakan burung cendrawasih dijadikan sebagai ikon untuk pulau satu ini. keindahan dan ekor yang dimiliki burung cendrawasih sangat menggambarkan keadaan yang ada di pulau ini.

Warna batiknya lebih didonimasi dengan warna hijau, merah serta kuning keemasan. Batik ini juga memberikan kesan tegas dan gagah pada orang-orang yang memakainya.

Baca juga: Yuk, Kenali Motif Batik Kalimantan dan Filosofinya

3. Motif Prada

motif batik papua prada
info gambar

Motif prada menggambarkan kemegahan dan kemewahan lewat sentuhan garis emas. Batik ini didominasi oleh warna merah dan hitam. Biasanya produksi motif batik prada ini memakai bahan benang yang berkualitas terbaik seperti dasar sutera atau bahan kain santung yang teksturnya mirip seperti katun dan sutera.

4. Motif Sentani

motif batik asmat corak batik sentani
info gambar

Bagi yang menyukai kesederhanaan, motif batik Papua satu ini merupakan pilihan tepat. Batik sentani dikenal dengan motifnya yang sederhana. Motif batik sensasi menampilkan alur berupa batang kayu yang melingkar dan diberikan sentuhan berupa garis emas. Batik ini mempunyai filosofi tersendiri yaitu mempresentasikan tanah papua yang kaya akan hasil buminya.

5. Motif Kamoro

motif batik papua kamoro
info gambar

Motif kamoro menjadi salah satu motif batik yang terkenal di Papua. Batik kamoro mendapatkan inspirasi dari keindahan alam papua. Motifnya menggambarkan simbol patung berdiri yang sedang membawa tombak. Jika dilihat dari sisi penggunaan warnanya terlihat lebih berani misalnya kombinasi hijau, biru, hitam dan merah muda.

Ciri Khas Batik Papua Yang Membuatnya Terlihat Unik

Papua memiliki batik yang khas seperti di wilayah lain yang ada di Nusantara. Hanya saja yang berbeda adalah ciri khas dari batik ini yang didominasi dengan motif dan kombinasi warna berbeda. Jika sebagian besar motif batik Yogyakarta atau motif Jawa Tengah dibuat simetris, maka berbeda dengan motif Papua yang justru lebih asimetris.

Berikut beberapa ciri khas batik Papua yang membuatnya tampak unik:

  1. Menampilkan motif berwarna cerah dan terang seperti merah, kuning dan hijau.
  2. Warna cerah dipadukan dengan motif etnik sehingga terlihat lebih eksotis.
  3. Motif batiknya memperlihatkan unsur alam dan juga arkeologi yang ada di tanah Papua.
  4. Motif batiknya menorehkan lambang arkeolog dan sejarah di dalamnya

Lokasi Pembuatan Batik Papua

Lokasi pembuatan batik di Papua terpusat di dua tempat yaitu di Raja Ampat, Papua Barat dan yang paling besar ada di ibukota Papua yaitu Jayapura dimana di sana terdapat Desa Batik.

Di Desa Batik Anda akan menemukan para produsen batik yang membuka lokakarya dan juga memamerkan produk mereka disana. Di sini Anda dapat membeli kain batik nan cantik atau bagi Anda yang berminat juga dapat berpartisipasi dalam proses pembuatannya langsung di tempat tersebut.

Baca juga: Mengenal Batik Klasik dan Modern, dari Sejarah, Teknik, dan Motif

Demikian informasi seputar motif batik papua yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga bisa memberikan wawasan baru terkait ragam batik di indonesia dan menambah kecintaan Anda terhadap warisan budaya kita yang satu ini.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini