Sabet Perunggu, Indonesia Bersinar Lagi di Ajang MTQ Internasional

Sabet Perunggu, Indonesia Bersinar Lagi di Ajang MTQ Internasional
info gambar utama

Belum lama juara di Maroko dan Kuwait, kini nama Indonesia kembali bergema di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat dunia. Kali ini giliran putra asal Kalimantan Selatan Muhammad Rizqon dan putri dari NTB Yuni Wulandari Hasim yang sukses membawa pulang medali perunggu pada kompetisi Internasional di Malaysia, 19-24 Oktober 2022.

Melansir dari kemenag.go.id, dalam lomba yang bertajuk Majelis Tilawah dan Menghafal Al-Qur'an Antarbangsa tersebut, lantunan ayat suci Alquran dari kedua anak negeri ini berhasil mengungguli 36 peserta dari 28 negara.

"Alhamdulillah, ini kabar gembira untuk kita semua. Semoga menjadi inspirasi bagi generasi milenial untuk terus mengukir prestasi," ucap Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Selasa (25/10/22).

Kamarudin melanjutkan, kehadiran para pemenang baru ini diharapkan mampu membantu menyebarkan nilai kemuliaan Alquran dengan mengajak masyarakat belajar dan mengamalkan perilaku toleransi, kerukunan, serta hormat-menghormati.

Indonesia Borong Piala di MTQ Internasional 2019

Pada waktu yang bersamaan, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zaya menambahkan, keterlibatan Indonesia dalam sejumlah kompetisi MTQ tingkat Internasional menunjukkan komitmen negara sebagai kiblat kajian keislaman dunia.

"Target Kemenag bukan hanya menjadi juara, tetapi menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia insya Allah siap menjadi salah satu kiblat peradaban dunia," ungkap Zayadi.

Dua medali teranyar itu menambah rentetan prestasi anak bangsa pada 2022. Sepanjang tahun ini, Indonesia telah menjuarai MTQ Internasional di 6 negara.

Diketahui 3 minggu sebelumnya, qari kebanggaan Sumatra Barat Dasrizal M. Nainin berhasil memperoleh juara 1 dalam MTQ Internasional di Kuwait, sementara Farhan Muhammadi asal Medan memenangkan kompetisi serupa di Maroko. Oleh sebab itu, kemenangan kali ini pantas dianggap sebagai kado terindah untuk bangsa setelah beberapa delegasi secara bergantian, pulang dengan membawa kemenangan dari Rusia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Maroko, Kuwait, dan Malaysia.

Pebalap Sepeda Gunung Indonesia Berprestasi di Kejuaraan Internasional Korea Selatan

Prestasi Internasional yang Membanggakan dari Para Pelajar di Kudus

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini