Fakta Barang Buatan Indonesia yang Banyak Merambah Pasar Luar Negeri

Fakta Barang Buatan Indonesia yang Banyak Merambah Pasar Luar Negeri
info gambar utama

Di media sosial Twitter belakangan viral mengenai pengalaman dari salah seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Imre Nagi, yang tanpa sengaja membeli barang buatan Indonesia di luar negeri.

Lebih detail, Imre Nagi membagikan kejadian lucu saat berkunjung ke Amerika Serikat. Ia bercerita bahwa dirinya membeli sebuah boneka beruang dengan kostum NASA dari sebuah museum di DC, AS. Namun tak disangka, ternyata boneka yang dimaksud merupakan produk buatan Indonesia yang dibuat di Cianjur, Jawa Barat.

Menjadi bahan perbincangan, unggahan tersebut sontak banyak mengundang reaksi dan komentar beragam dari masyarakat di jagat maya. Tak sedikit dari mereka yang mengungkap cerita serupa, di mana saat tengah berlibur ke luar negeri dan ingin membeli barang atau oleh-oleh, rupanya barang dimaksud merupakan buatan Indonesia.

Meski sudah banyak yang mengetahui, tapi memang masih ada segelintir kalangan yang belum tahu jika hingga saat ini ada berbagai macam produk buatan Indonesia yang memang berhasil dijual dan tembus ke pasar internasional.

Beberapa jenama atau brand ternama global bahkan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi untuk beberapa produk mereka.

Apa saja barang atau produk buatan Indonesia yang selama ini sebenarnya banyak dijual ke luar negeri dalam skala industri?

Ekspor Mainan Anak dari Indonesia Tembus 343 Juta Dolar AS

Sepatu untuk brand ternama

Ilustrasi pabrik sepatu | panpote/Shutterstock
info gambar

Jenis barang satu ini mungkin menjadi salah satu yang sudah umum diketahui, mengenai proses produksinya yang dilakukan di Indonesia, tapi dijual untuk pasar luar negeri. Beberapa perusahaan atau jenama sepatu populer dunia yang dikenal mengandalkan proses manufaktur atau pembuatan di Indoensia di antaranya Nike dan Adidas.

Untuk jenama Nike misalnya, disebutkan bahwa pada tahun 2021 lalu sekitar 30 persen dari seluruh pasang sepatu Nike yang terjual di dunia merupakan buatan Indonesia. Hal tersebut diungkap oleh Joseph Warren, selaku Presiden Direktur Nike Indonesia.

"Tahun lalu kita meningkatkan produksi sampai 60 juta pasang kenaikan dalam setahun. Dan kita membawa 200 juta pasang tahun lalu. ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah selama 34 tahun," ujarnya, mengutip CNBC Indonesia.

Salah satu pusat produksi dari sepatu ini berada di Tangerang, biasanya hasil dari produksi tersebut akan dijual untuk pasar di negara Belgia, Jepang, China, Amerika dan Argentina.

Sepatu Brodo, dari Kamar Kos ke Panggung Dunia

Boneka dan mainan anak

Ilustrasi mainan anak | effy_setyorini/Shutterstock
info gambar

Salah satu jenis barang lain buatan Indonesia yang juga telah merambah pasar luar negeri cukup luas adalah boneka dan mainan anak. Boneka yang viral di media sosial Twitter baru-baru ini hanya satu dari sekian banyak produk yang terjual ke luar negeri.

Faktanya, di tahun 2020 saja nilai ekspor mainan anak buatan Indonesia telah menembus nonimal 343 juta dolar AS atau setara Rp4,9 triliun.

Sementara itu dari segi produk, beberapa boneka yang diproduksi nyatanya memang dibuat atas permintaan dari sejumlah jenama ternama.

Beberapa di antaranya sebut saja boneka Sesame Street yang terkenal lewat karakter elmo, dan diminta proses produksinya oleh Living Puppets GmBH asal Jerman. di Indonesia produk boneka ini dibuat oleh PT Sunindo Adipersada yang berada di Bogor.

Lain itu ada juga produksi mainan lain yang tak kalah populer seperti Barbie dan Hot Wheels, yang diproduksi oleh PT Mattel Indonesia sejak tahun 1992.

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini