Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Mainan miniatur mobil Hot Wheels yang digandungi anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia | Shutterstock @Twin Design

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Selain komoditas ekspor seperti mobil dan motor, nyatanya Indonesia juga menjadi manufaktur ekspor bagi barang-barang sekunder, sebut saja boneka, tas, jam, sepatu, dan beberapa perkakas interior.

Nah, berikut deretan produk-produk buatan Indonsia yang ternyata cukup moncer di luar negeri. Bahkan sebagian dari kita mungkin tak menyangka jika produk itu buatan Indonesia.

1. Produk Boneka dan mainan

Bukan rahasia lagi jika produsen boneka di Indonesia telah menjamah pasar dunia sejak lama, dan kualitasnya pun diakui sebagai salah satu yang terbaik.

Lihat saja boneka beberapa hewan endemik asal Inodnesia yang menjadi buah tangan resmi (official merchandise) dalam sidang PPB di New York pada 2019 yang dibuat oleh PT Sunindo Adipersada, seperti Orangutan, Kakatua, Pari Manta, Badak, dan burung Kenari.

Lain itu ada juga beberapa boneka karakter yang dibuat khusus di Indonesia untuk pasar dunia. Beberapa di antaranya adalah;

OZko

Boneka yang diproduksi oleh PT Tri Star International ini nyatanya telah menembus pasar Eropa dan Amerika Serikat.

OZko juga beberapa kali ikut pameran boneka bertarap internasional, sebut saja North American International Toys Fair di New York 2019 dan Spielwarenmesse Toys Fair di Jerman pada 2019.

Saseme Street

Siapa tak kenal Saseme Street, karakter boneka dari berbagai hewan yang telah mendunia yang populer di layar kaca sejak era 90-an.

Diproduksi secara massal oleh PT Sunindo Adipersada yang bekerjasana dengan Living Puppets GmBH asal Jerman, boneka ini cukup populer dan menembus pasar dunia. Lihat saja karakter boneka Elmo yang tak ada yang mengenalnya.

Famnig Hjarta

Boneka berbentuk hari dengan sepasang tangan (Famnig Hjarta) ini tentu familiar jika kita mengunjungi salah satu ritel furnitur bertaraf internasioanl, IKEA.

Yup, boneka IKEA buatan Indonesia yang dibuat sejak 2004 ini telah diekspor ke 389 ritel IKEA pada 48 negara di seluruh dunia.

Barbie dan Hot Wheels

Nama boneka Barbie dan mainan Hot Wheels tentu tak bisa lepas dari masa kecil kita. Siapa sangka boneka dan mainan ikonik itu adalah buatan Indonesia.

Adalah PT Mattel Indonesia yang memproduksi dua mainan top dunia ini sejak 1992 dan hingga kini merek dagang dari kedua merek ini tak pernah lepas dari anak-anak kecil di seluruh dunia.

Khusus untuk Hot Wheels, karena kualitasnya miniatur kendaraan ini telah memiliki industri hobi tersendiri yang omzetnya tak main-main.

Di Indonesia, Hot Wheels menjadi primadona dalam penyelenggaraan pameran hobi Indonesia Diecast Expo (IDE) yang digelar sejak 2015.

2. Produk Aksesori

Selain produk boneka dan mainan yang kesohor hingga ke mancanegara, beberapa produk aksesori buatan Indonesia juga tak kalah saing dengan produk aksesori buatan negara lain.

Boleh jadi tak sadar kita membelinya saat melancong ke negara lain, padahal produk itu adalah asli buatan Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

Sabbatha

Merek dagang Sabbatha asal Bali adalah produsen tas ikonik yang dibuat dengan memadukan batu alam dan perak. Soal banderolnya tak main-main, yakni mulai 5 juta rupiah hingga 20 juta rupiah. Beberapa di antaranya ada juga yang berbanderol hingga ratusan juta rupiah karena kombinasi batu alam dan peraknya yang unik.

Lazimnya, para sosialita pun tak segan memamerkan tas ikonik Bali ini dalam acara-acara mewah berkelas internasional, atau sebagai teman tangan saat pelesir ke leuar negeri.

Dowa

Lalu ada Dowa, tas rajut buatan tangan-tangan terampil para pengrajin di Yogyakarta. Siapa sangka, tas tangan yang dibanderol mulai Rp200 ribu hingga jutaan rupiah ini telah merambah pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Bagteria

Kombinasi kristal Swarovsky dan gold platted menjadi ciri khas nan unik pada produk tas Bagteria. Karena keunikannya tersebut, Jepang menjadi negara dengan tujuan ekspor terbesar tas yang dibuat dengan tekstur khusus ini. Lain itu, pasar Eropa dan Amerika juga tak kalah meminati tas tangan ini.

Matoa

Tak terhitung jumlah jam tangan populer yang kerap dipakai oleh kalangan pebisnis, miliuner, maupun pejabat top dunia. Sebut saja merek Rolex yang melegenda.

Tapi, jika membicarakan jam tangan yang dibuat dari kayu oven yang dikombinasikan dengan kayu olahan, mata dunia akan menuju pada produk Matoa, merek dagang asli Indonesia.

Matoa cukup populer pada beberapa negara tropis di daratan Asia, sebut saja Jepang dan Malaysia. Sementara warga di belahan dunia lain, seperti di Negeri Paman Sam dan Benua Biru juga tak mau kalah mengenakan jam tangan unik asal Bandung ini. Di dua benua itu, nyatanya nama Matoa cukup moncer.

Ni Luh Jelantik

Produk sepatu asal Bali ini juga tak kalah memikat mata dunia. Sebut saja daratan Eropa yang menjadi pengguna terbanyak produk ini. Karena keunikannya, aktris Hollywood, Julia Robert, pernah menggunakannya saat menghadiri pentas acara bertaraf internasional.

3. Produk desain interior

Magno

Magno merupakan produk berbahan dasar kayu yang menjadi desain dasar produk radio berdesain klasik (vintage). Rata-rata Magno dibuat dari kayu Mahoni, Pinus, maupun Sonokeling. Beberapa produk di antaranya bahkan dijadikan barang koleksi oleh para kolektor barang antik.

Magno memang kurang banyak terlihat di ritel-ritel dalam negeri, karena 95 produknya diekspor untuk kebutuhan mancanegara. Tak heran jika kita bisa menemui produk ini dijual di daratan Eropa seperti di Milan, Italia, atau di New York, AS.

Bangga banget bukan?

Lukis Chair

Produk kursi yang dibuat dari rajutan rotan ini nyatanya cukup memikat pasar negara mode, Italia. Beberapa kafe-kafe yang intagramable maupun tempat-tempat wisata di Italia, lazim menggunakan kursi buatan Indonesia ini.

Selain unik, kaya unsur alam, dan praktis, soal ketahanan menjadi nilai tambah tersendiri produk ini.

Medulla

Merek dagang Medulla mengkhususkan produknya menjadi penopang interior dalam ruangan. Terbuat dari kayu yang kaya dengan unsur alam hutan tropis di Indonesia, karya-karya Medulla cukup moncer di beberapa negara Eropa, sebut saja Belanda, Spanyol, dan tentunya Italia.

Keramik Essenza

Kuat dengan karakter batu alam yang kokoh, produk Essenza menjadi salah satu bahan baku lantai untuk perkantoran maupun gedung-gedung di daratan Eropa.

Diproduksi sejak 2003 oleh PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk, Essenza merambah pasar Italia dan 25 negara di benua biru lainnya.

Baca juga:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga42%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli14%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi12%
Pilih TerpukauTerpukau22%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Ditemukan Rempah Indonesia di Romawi Kuno, Bukti Awal Pemicu Kolonialisme Sebelummnya

Ditemukan Rempah Indonesia di Romawi Kuno, Bukti Awal Pemicu Kolonialisme

Kontingen Garuda UNIFIL Bantu Korban Ledakan Beirut, Lebanon Selanjutnya

Kontingen Garuda UNIFIL Bantu Korban Ledakan Beirut, Lebanon

Mustafa Iman
@mustafa_iman

Mustafa Iman

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.