Wisata Danau Batur Bali, Keindahan di Kaki Gunung Batur

Wisata Danau Batur Bali, Keindahan di Kaki Gunung Batur
info gambar utama

Bali memang tidak main-main menawarkan surga dengan keindahan alamnya. Mulai dari pantai, Air Terjun Leke-Leke, Perbukitan Campuhan, Savana Tianyar, dan kali ini yaitu danau yang indah nan eksotis.

Danau Batur yang berada di Kabupaten Bangli, Bali ini merupakan sebuah danau kawah yang berada di kaki Gunung Batur. Jika kamu mengunjungi tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan keindahan Danau Batur sekaligus Gunung Batur.

Danau Batur sendiri berkembang dengan salah satu legenda masyarakat yang menceritakan terbentuknya suatu danau oleh Kebo Iwa. Legenda ini diawali dengan hidupnya pasangan suami istri yang telah lama berumah tangga namun belum dikaruniai seorang anak. Dengan doa dan segala usaha yang mereka lakukan ternyata membuahkan hasil, dan terlahirlah bayi yang kuat dengan nafsu makan yang luar biasa atau setara dengan 10 orang dewasa.

Legenda Kebo Iwa asal mula Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Sang bayi pun tumbuh dewasa dengan tubuh besar dan nafsu makan yang meningkat. Bayi tersebut diberi nama Kebo Iwa yang artinya paman kerbau. Namun sayangnya, orang tua bayi tersebut tidak sanggup untuk mencukupi kebutuhan makan Kebo Iwa.

Saat Musim Paceklik tiba ternyata amarah kelaparan Kebo Iwa semakin menjadi dan mulai meresahkan warga dengan memakan hewan ternak milik warga. Para warga pun menyusun siasat untuk melenyapkan Kebo Iwa. Warga memerintahkan Kebo Iwa untuk menggali sumur dengan iming-iming makanan yang banyak.

Suatu ketika saat ia sedang beristirahat dari pekerjaannya, Kebo Iwa tertidur di dalam galian sumurnya sendiri. Pada saat itulah warga mulai melempar batu kapur yang lama kelamaan menimbun tubuh Kebo Iwa. Dan luapan air sumur yang digali Kebo Iwa pun semakin meninggi hingga akhirnya membanjiri desa dan membentuk danau yang dinamakan Danau Batur. Dan tumpukan batu kapur yang dilempar warga desa ajaibnya juga semakin meninggi menjadi Gunung Batur.

Nah, menarik bukan legenda dari Danau Batur ini?

Selain legendanya yang terkenal, keindahan Danau Batur berlatarkan Gunung Batur juga tentunya akan membuat kamu lebih terpesona dengan keindahannya.

Oleh karena itu, yuk simak informasi mengenai Danau Batur dari Bali ini!

Daya Tarik Danau Batur

Danau Batur adalah danau kawah di Kintamani, Kabupaten Bangli di Bali, terletak sekitar 30 km di timur laut Ubud di Bali. Danau itu berada di dalam kaldera gunung berapi aktif, Gunung Batur, terletak di sepanjang, aktivitas vulkanis Cincin Api Pasifik.

Destinasi Danau Batur berada di sekitar kawasan Gunung Batur yang terletak di ketinggian mencapai 1.050 mdpl dengan luas sekitar 16 km2 dan kedalaman sekitar 51 meter.Danau ini juga memiliki aliran air yang tenang dengan warnanya yang agak kebiruan yang disebabkan adanya pantulan langit sehingga membuat danau ini sangat cantik.

Dan yang unik dari danau ini adalah warna air danau ini yang dapat berubah-ubah. Hal ini dikarenakan pengaruh senyawa belerang yang ada di dasar danau, sehingga danau ini terkadang bisa berwarna sedikit kebiruan, kehijauan, dan kekuningan. Indahnya fenomena berubahnya warna air danau inilah salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Danau Batur.

1. Global Geopark Network

Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali mendapat penghargaan dari UNESCO

Keindahan Danau Batur juga membuat UNESCO menetapkannya sebagai kawasan Global Geopark Network. Pokoknya, kamu tidak akan menyesal jika berkunjung ke Danau Batur deh, karena pemandangan indahnya yang mampu menyihir mata.

Baca Juga: Menikmati Kesunyian dan Keindahan Air Terjun Leke - Leke Bali

2. Berendam Air Panas

Mandi air panas saat berwisata ke Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Walaupun kamu tidak bisa berenang di Danau Batur, kamu dapat menikmati air panas ditengah sejuknya kawasan Gunung Batur yang tepat bersebelahan dengan Danau Batur. Pemandian air panas alami ini berasal dari kawah Gunung Batur sendiri, dan ada dua tempat pemandian air panas yang bisa kamu datangi, yaitu Batur Natural Hot Spring dan Toya Devasya Hot Spring Wellness Resort. Kedua pemandian air panas tersebut menyediakan pemandian air panas alami dengan pemandangan Danau Batur secara langsung.

3. Berkeliling dengan Perahu

Menaiki perahu saat berwisata ke Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Tidak lengkap rasanya jika keindahan alam seindah Danau Batur tidak abadikan. Kamu bisa mengelilingi Danau Batur menggunakan perahu sembari menikmati cantiknya pemandangan danau berlatarkan gunung ini.

4. Berkunjung ke Museum Geopark

Museum Geopark di kawasan Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Kamu juga dapat belajar secara cuma-cuma di Museum Geopark yang berjarak hanya 10 menit dari Danau Batur. Museum ini menjadi pusat informasi mengenai kondisi dan edukasi Geopark di Indonesia. Museum ini terdiri dari dua lantai, lantai satu menyajikan keragaman geologi, sedangkan lantai dua menyajikan keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya, serta di lantai dua juga terdapat auditorium.

Baca Juga: Menikmati Alam Perbukitan Bali Di Bukit Campuhan

5. Menginap dan Menikmati Kuliner

Kuliner resto apung di Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Setelah lelah mengeksplor spot-spot menarik di Danau Batur, kamu juga dapat beristirahat di resort sekitar Danau Batur. Tidak hanya itu, beberapa resort-resort ini juga menawarkan restoran apung dengan pelayanan yang ramah serta tarif yang terjangkau.

6. Berkunjung ke Pura Ulun Danau Batur

Pura Ulun Batur berwisata ke Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Di kawasan Danau Batur terdapat Pura Ulun. Salah satu Pura Kahyangan Jagat yang menjadi pura terpenting di Bali dan bertindak sebagai pemelihara harmoni dan stabilitas seluruh pulau. Selain itu Pura ini termasuk pura air besar yang ada di Bali.

Selain yang disebutkan tadi, ada banyak spot wisata lainnya yang bisa kamu nikmati selama berkunjung ke Danau Batur. Dan sangat disarankan bagi kamu untuk berkunjung ke Danau Batur pada pagi hari. Lalu setelah puas berkeliling menikmati daerah wisata di kawasan Danau Batur, sebelum pulang kamu bisa mampir ke Desa Penglipuran Bangli, salah satu desa wisata yang pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru dan predikat desa terbersih di dunia.

Baca Juga: Bercengkerama Dengan Monyet Di Sangeh Monkey Forest Bali

Lokasi dan Rute Menuju Danau Batur

Lokasi saat berwisata ke Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Danau Batur bertempat di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dan untuk mencapai lokasi tersebut, kamu perlu menempuh jarak 63 km dengan waktu tempuh 2,5 jam jika kamu berangkat dari pusat Kota Denpasar. Danau Batur juga dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Dan bagi kamu yang ingin mengeksplor dan tidak mempunyai kendaraan, juga dapat menyewa jasa rental motor maupun mobil yang tersedia di daerah sekitar kawasan Danau Batur ini.

Perlu dicatat ya, untuk menuju Danau Batur ini cukup berkelok-kelok dan penuh tanjakan. Sehingga kamu harus mempersiapkan kondisi mesin yang baik dan tentunya kondisi tubuh yang prima.

Harga Tiket Masuk Danau Batur

Pemandangan dari kejauhan Danau Batur Bali di kaki Gunung Batur, danau alam indah di Pulau Bali

Kamu bisa menikmati syahdunya pemandangan Danau Batur hanya dengan Rp 15.000 per orangnya. Dan untuk tarif parkir kendaraan roda dua kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 5.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000.

Wisata Danau Batur ini tidak memiliki batasan jam operasional, sehingga kamu bisa dengan nyaman memanjakan mata kamu menikmati pemandangan Danau Batur sesuka hati. Kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit serta matahari terbenam dengan berlatarbelakang Gunung Batur disini.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini