4 Pulau Pulau Terluar Indonesia Yang Jarang Diekspos

4 Pulau Pulau Terluar Indonesia Yang Jarang Diekspos
info gambar utama

Pulau Terluar atau biasanya digabung kedalam kelompok Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) ialah pulau-pulau yang luasnya kurang dari 2000 km2 dan memiliki titik-titik dasar koordinat geografis yang menghubungkan garis pangkal laut kepulauan sesuai dengan hukum internasional dan nasional.

Pemerintah Indonesia baru saja menetapkan sebanyak 111 pulau yang tersebar di 22 provinsi sebagai pulau-pulau kecil terluar (PPKT) milik Republik Indonesia (RI).

Melansir laman KKP bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari 17.508 gugusan pulau mempunyai tiga perbatasan darat serta 10 perbatasan maritim dengan negara tetangga.

Dari belasan ribu pulau tersebut, terdapat 92 pulau kecil yang berhadapan langsung dengan negara tetangga, serta 12 pulau kecil diantaranya yang ditetapkan sebagai pulau-pulau kecil.

Umumnya pulau-pulau terluar dan terkecil jarang berpenghuni karena selain akses yang sulit juga luas wilayah yang tak menunjang.

Namun berbeda dengan pulau berikut ini yang mana selain letaknya sebagai pulau terluar Indonesia, ia juga berpenghuni bahkan ada yang memiliki bandara kecil.

Apa sajakah pulau-pulau tersebut? Yuk simak ulasan singkat berikut ini.

1. Pulau Weh : Pulau Paling Terluar Indonesia di Sebelah Barat

Pulau terluar di sebelah barat adalah Pulau Weh. Pulau tersebut merupakan salah satu dari 111 pulau kecil terluar Negara Republik Indonesia yang terletak di Laut Andaman.

Pulau yang berada di ujung barat Indonesia ini menyimpan potensi besar untuk dijadikan kawasan pariwisata. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam.

Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam yaitu Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau ini juga diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan langka.

2. Pulau Liki : Pulau Paling Terluar Indonesia di Sebelah Timur

Pulau Liki adalah pulau terluar bagian Timur Indonesia yang terletak di samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Papua Nugini. Ia bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Sarmi, Papua.

Pulau ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik di utara dan masuk gugusan kepulauan Kumamba yang terdiri tiga pulau: Liki, Armo, dan Kosong.

Luas Pulau Liki sendiri adalah 13 kilometer persegi dengan jumlah masyarakatnya hanya 271 jiwa atau 66 kepala keluarga. Penduduk yang mendiami pulau ini tercatat berasal dari suku besar Sobey.

Sebagian besar kegiatan masyarakat pulau Liki adalah seorang nelayan dengan hasil laut ikan tuna, ikan kakap merah dan ikan tenggiri yang langsung dijual ke pasar di Distrik Sarmi.

3. Pulau Miangas : Pulau Paling Terluar Indonesia di Sebelah Utara

Pulau Miangas merupakan pulau terluar di sebelah utara Indonesia yang juga jarang terkekspos. Secara administratif, ia berada di kecamatan khusus Miangas, kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Miangas disebut sebagai wilayah khusus karena posisinya terletak diujung paling utara dari wilayah negara Republik Indonesia yang berbatasan dengan Philipina. Pulau ini juga berfungsi sebagai pos pelintas batas Indonesia dengan Philipina yang dikenal dengan sebutan Border Cross Agreement (BCA).

Pulau Miangas dengan luas 3,2 Km2, yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Filipina, dapat ditempuh sekitar 2 jam dengan menggunakan pesawat dari Kota Manado.

4. Pulau Rote : Pulau Paling Terluar Indonesia di Sebelah Selatan

Pulau Rote adalah pulau paling selatannya Indonesia yang terletak di Perairan Laut Sawu dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Di sisi Timur pulau ini berbatasan dengan Laut Timor, sebelah utaranya berbatasan dengan Pulau Timor dan Laut Sawu sedangkan sebalah baratnya berbatasan dengan Laut Sawu dan Pulau Sabu.

Pulau Rote secara administratif merupakan wilayah Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Rote juga termasuk Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) dengan populasi 165.807 jiwa dengan luas pulau 1.222,8 Km2.

Untuk kalian yang ingin mampir ke Pulau Rote ini dapat diakses menggunakan pesawat ataupun kapal cepat dari Kota Kupang menuju Kabupaten Rote Ndao.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini