Indeks Kebahagiaan Meningkat, Ini Daftar Provinsi Paling Bahagia di Indonesia

Indeks Kebahagiaan Meningkat, Ini Daftar Provinsi Paling Bahagia di Indonesia
info gambar utama

Badan Pusat Statistik (BPS) kembali mengukur tingkat kebahagiaan di Indonesia melalui Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK). Pada SPTK 2021, BPS menemukan hasil yang menggembirakan. Pasalnya, indeks kebahagiaan masyarakat Indonesia naik sebesar 0,80 poin dari survei sebelumnya, yakni mencapai 71,49.

Pengukuran yang dilakukan selama tiga tahun sekali itu berhubungan dengan upaya pembangunan nasional. Tujuannya ialah melihat persepsi masyarakat tentang apa yang mereka rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Umumnya, pembangunan diukur secara makro dengan ukuran yang objektif, seperti pertumbuhan ekonomi. Namun, pengukuran makro saja belum cukup karena tidak ada ukuran subjektivitas dari apa yang dirasakan oleh masyarakat terhadap hasil pembangunan.

Seni Hidup Bahagia, Suatu Cara Untuk Mencapai Kehidupan yang Lebih Damai

Perjalanan Pengukuran Indeks Kebahagiaan di Indonesia

Pengukuran indeks kebahagiaan di Indonesia sejatinya telah dimulai sejak 2012. Pada saat itu, uji coba SPTK dilakukan sebanyak dua kali dan diukur dengan menggunakan satu dimensi, yakni kepuasan hidup (life satisfaction). Pada tahun 2013 dan 2014 uji coba kembali dilakukan dengan dimensi pengukuran yang sama dan target sampel yang lebih masif.

Dimensi pengukuran indeks kebahagiaan Indonesia mengalami perluasan pada SPTK 2017 dan 2021. Hal tersebut karena adanya perkembangan kerangka kerja (framework) kebahagiaan internasional. Indeks kebahagiaan kemudian diukur melalui tiga dimensi penyusun, yakni kepuasan hidup atau life satisfaction (personal dan sosial); perasaan atau affect; dan makna hidup atau eudaimonia.

Pada tahun 2021, SPTK dilakukan dengan metode sampel Two Stage One Phase Sampling. Sampel yang dibutuhkan berjumlah 75.000 rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi. Perlu digaris bawahi, anggota rumah tangga yang dipilih menjadi responden ialah kepala rumah tangga atau pasangannya (suami/istri).

Indeks Kebahagiaan Indonesia 2021

Dari hasil SPTK 2021 didapati bahwa indeks kebahagiaan dari dimensi kepuasan hidup personal masyarakat Indonesia mencapai 70,26, sementara dimensi kepuasan hidup sosial berada pada angka 80,07. Lebih jauh, indeks dimensi perasaan mencapai 65,61 dan dimensi makna hidup mencapai 73,12.

SPTK 2021 juga menemukan bahwa penduduk perkotaan memiliki indeks kebahagiaan lebih tinggi dibandingkan penduduk desa. Adapun indeks kebahagiaan penduduk kota ialah sebesar 71,73 dan penduduk desa sebesar 71,17. Artinya, indeks kebahagiaan antara penduduk kota dan desa di Indonesia memiliki selisih 0,56 poin.

Inilah 5 Cara Hidup Bahagia menurut Riset Sains Terbaru!

Selain itu, SPTK 2021 mendapati bahwa penduduk dengan rentang umur 25–40 tahun memiliki indeks kebahagiaan paling tinggi (72,39). Menyusul di urutan kedua, penduduk dengan rentang umur di bawah 24 tahun (71,92). Kemudian, di urutan ketiga dan keempat ditempati oleh penduduk rentang umur 41–64 tahun (71,42) dan penduduk di atas 65 tahun (69,47).

Secara umum, penduduk dengan penghasilan tinggi memiliki nilai indeks kebahagiaan yang lebih tinggi pula. Dapat dilihat dari data SPTK 2021 bahwa penduduk dengan pendapatan rumah tangga lebih dari Rp7.200.000 mencapai indeks kebahagiaan sebesar 77,15. Kecenderungan yang sama juga ditemukan pada SPTK 2017.

10 Provinsi dengan Indeks Kebahagiaan Tertinggi

Indeks kebahagiaan selanjutnya dikelompokkan berdasarkan provinsi di Indonesia. Dari data yang dirilis BPS, provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi umumnya berada di luar pulau Jawa. Peringkat sepuluh besar didominasi oleh provinsi dari pulau Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Papua. Lebih rinci, berikut daftarnya.

  • Maluku Utara (76,34)
  • Kalimantan Utara (76,33)
  • Maluku (76,28)
  • Jambi (75,17)
  • Sulawesi Utara (74,96)
  • Kepulauan Riau (74,78)
  • Gorontalo (74,77)
  • Papua Barat (74,52)
  • Sulawesi Tengah (74,46)
  • Sulawesi Tenggara (73,98)
Menilik Indeks Kebahagiaan Indonesia 2021, Maluku Utara Jadi Provinsi Paling Bahagia

BPS menjelaskan, terdapat tiga provinsi dengan peningkatan indeks kebahagiaan terbesar. Mereka ialah Jambi, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara, masing-masing naik sebesar 4,72 poin, 3,44 poin, dan 3,00 poin. Di lain sisi, ada pula provinsi yang mengalami penurunan indeks kebahagiaan, seperti Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, DKI Jakarta, Banten, Bali, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Timur.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini