Menilik Produktivitas Lahan Sawah yang Masih Tersisa di Jakarta

Menilik Produktivitas Lahan Sawah yang Masih Tersisa di Jakarta
info gambar utama

Jakarta sangat identik dengan daerah perkotaan yang modern dan padat pemukiman. Bahkan, ada anggapan bahwa lahan kosong di Jakarta sudah tidak ada lagi karena sudah tertutupi oleh beton dan aspal. Apalagi gedung-gedung tinggi dan pembuatan infrastruktur baru terus berkembang seiring dengan jumlah penduduknya yang semakin banyak.

Dengan begitu, orang-orang akan berpikir bahwa wilayah Jakarta hanya sebatas bangunan saja. Tak mungkin ada lagi lahan-lahan pertanian seperti di desa.

Memang, anggapan Jakarta sebagai kota metropolitan yang terkesan 'sumpek' ini bisa dikatakan benar adanya. Tetapi, bila Anda menganggap Jakarta tak punya lahan persawahan, maka Anda salah. Padahal, saat ini Jakarta masih memiliki lahan padi yang masih rutin untuk dipanen.

Fakta yang cukup unik bukan? Bahkan warga Jakarta sendiri masih banyak yang mengetahui bila di kota tempat tinggalnya masih bisa ditemukan sawah.

Lalu, di mana lokasi dari ladang sawah tersebut?

Sistem Mina Padi, Kombinasi Lahan Sawah dengan Budidaya Ikan yang Menguntungkan Para Petani

Cakung, Cilincing, Kembangan, dan Kalideres

Sawah di Jakarta | timur.jakarta.go.id
info gambar

Lokasi sawah tersebut berada di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur dan Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Dua wilayah yang berada di arah timur laut Jakarta. Selain itu, ada pula lahan yang ada di Kecamatan Kalideres dan Kecamatan Kembangan di Jakarta Barat.

Tak cuma karena Jakarta masih memiliki sawah, fakta kalau daerah sawah yang masih tersisa di wilayah Jakarta ada di Cakung dan Cilincing juga mungkin membuat orang-orang tidak menyangkanya. Sebab, kedua tempat tersebut sangat identik sebagai kawasan industri. Apalagi dengan banyaknya pabrik-pabrik dan truk berukuran besar yang berlalu lalang di kedua daerah tersebut.

Mari kita bahas sawah yang berada di Cilincing terlebih dahulu.

Lokasi lahan pertanian di daerah ini bisa Anda temui membentang luas sepanjang wilayah Rorotan hingga Marunda. Daerah ini merupakan wilayah yang memiliki lahan pertanian paling luas di Jakarta dengan luas sekitar 300 hektare.

Sekarang, kita bahas mengenai sawah yang ada di Cakung. Untuk ladang padi yang ada di daerah ini, lokasi tepatnya berada di Kelurahan Ujung Menteng.

Meskipun berada dalam kota administratif yang berbeda, sebenarnya Cakung berbatasan secara langsung dengan Cilincing. Kedua daereah tersebut dihubungkan oleh Jalan Cakung-Cilincing atau yang sejak 2021 berganti nama menjadi Jl. Syech Nawawi Al-Bantani, yang ramai dilalui oleh kendaraan besar.

Di kawasan Cakung, lahan sawah tersebut bisa Anda temui di kawasan Ujung Menteng. Sawah yang ada di daerah ini sebenarnya merupakan sebuah sawah abadi yang berada di bawah pengelolaan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP).

Artinya, lahan sawah tersebut memang diproyeksikan sebagai lahan yang memang difokuskan untuk penelitian dan pengembangan pertanian, khususnya di wilayah Jakarta.

Sementara untuk yang ada di Kalideres dan Kembangan, masing-masing bisa Anda temui di daerah Semanan dan Joglo Baru.

Pohon Daluang: Penghasil Kertas Kelas Dunia yang Bawa Kesejahteraan

Masih Produktif

Per tahun 2019, total lahan pertanian di Jakarta berada di angka 414 hektare. Namun sebagaimana tercatat oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jakarta, per tahun 2021, angka ini turun menjadi 354,54 hektare. Alasan penurunan ini karena saat pandemi lahannya diubah menjadi tempat pemakaman umum.

Meskipun mengalami berbagai hambatan seperti hama, irigasi, serta alih fungsi lahan, sawah yang tersisa tersebut masih produktif, khususnya yang berada di Kecamatan Cilincing. Menurut BPS Jakarta Utara sebagaimana dilansir dari Antara, produksi padi di wilayah tersebut mencapai 1.969 ton sejak awal tahun 2022 hingga September.

Sementara itu di wilayah Kalideres dan Kembangan, sampai akhir 2021 wilayah tersebut menghasilkan padi sebanyak 7,6 ton dan 12 ton.

Bibit sawah ini sendiri banyak yang bersumber dari lahan sawah abadi yang ada di Cakung sebagai pusat penelitian dan pengembangan pertanian di Jakarta. Per Februari 2022 kemarin, ada sekitar 19,5 ton padi yang diproduksi.

Botram, dari Tradisi Makan Bersama di Sawah hingga Sampai ke Meja Restoran

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini