Atlet Muda Badminton Indonesia, Cantika Berhasil Sabet Kemenangan Victor Denmark 2022

Atlet Muda Badminton Indonesia, Cantika Berhasil Sabet Kemenangan Victor Denmark 2022
info gambar utama

Atlet-atlet kebanggaan Indonesia tentu tak perlu diragukan lagi. Sudah banyak atlet Indonesia yang berhasil menyabet gelar juara dalam ajang kompetisi atau turnamen internasional. Salah satunya pada atlet badminton.

Dapat dikatakan badminton Indonesia selalu jadi pusat perhatian. Mengingat kala itu pasangan ganda putra juara dunia yang di dapatkan oleh badminton asal Indonesia, Gideon-Kevin. Kali ini, waktunya pemain tunggal putri yang unjuk gigi.

Ardini Cantika Putri merupakan satu dari atlet badminton nasional binaan IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA). Cantika mengikuti ajang turnamen Victor Denmark Open Junior U17 di Odense Denmar. Victor Denmark digelar selama tiga hari, mulai pada 19-23 Oktober 2022 silam.

Cantika sukses raih juara pertama yang sebelumnya sempat tertinggal pada gim pertama, tetapi ia pandai membalikan keadaan sehingga berhasil memutar nasib. Di babak semifinal, ia menghadapi atlet dari tuan rumah, Julie Da Costa Carlsen. Ketika laga final pun kembali dipertemukan atlet Denmark, Marie Viscovich.

Sungguh prestasi yang luar biasa, mengingat Cantika sendiri baru menginjak umur 16 tahun. Sebagai informasi Kawan, Cantika lahir pada 13 November 2006, ia begitu menggemari olahraga bulutangkis sejak masih menginjak jenjang SD ketika kala itu melihat sang ayah yang sedang bermain badminton di lapangan depan rumah.

Melansir dari Tribun Tangerang, ketika kelas 3 SD Ayah Cantika memasukannya ke klub bulutangkis dibawah naungan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) agar bakat Cantika dapat tersalurkan dengan baik.

Perjalanan Cantika hingga dapat menjadi perwakilan kejuaraan internasional bermula pada tahun 2021, ia berhasil mandapatkan beasiswa dari IndiHome Gideon Badminton Academy. IGBA adalah wadah bagi pengembangan atlet atau para talenta muda badminton Indonesia.

IGBA pun turut melibatkan atlet badminton terkemuka Indonesia, Marcus Gideon untuk ikut membagikan pengalaman maupun keahliannya dalam menyabet kok bulutangkis. Kemenangan pertama Cantika ada pada capaian podium di kejuaraan tunggal IPBSI Jakarta Selatan Home Tournament.

Di tahun 2022, Cantika meraih kembali podium di kejuaraan tunggal Pulau Intan 2nd Home Tournament PBSI Jakarta Selatan. Kemudian saat ini masih di tahun yang sama Cantika sukses sabet kemenangan Denmark Junior U17.

Dari pencapaian tersebet sebagai bukti atas kerja keras selama latihan, semangat, dan sifat pantang menyerah Cantika untuk berlayar hingga kancah internasional. Wiwit Luhardi, ayah Cantika bahkan tak pernah memintanya untuk menang, melainkan untuk bermain dengan baik dan jangan cepat menyerah.

Informasi baru yang beredar, Cantika bersama atlet badminton lainnya akan menyiapkan diri untuk terjun pada turnamen yang akan datang, yaitu Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior U17 International Challenge 2022 di mana Indonesia akan jadi tuan rumah pada 1 November mendatang.

Keberhasilan Cantika dalam mengharumkan nama Indonesia patut dibanggakan. Tak hanya Indonesia saja yang bangga, keluarga, kerabat, hingga diri sendiri tentu ikut rasakan kemenangan. Tak kalah pentingnya, nama badminton Indonesia lagi-lagi makin diketahui mancanegara.

Apa yang dicapai Cantika turut jadi motivasi bagi Kawan semua. Siapapun pasti mampu dan bisa untuk mengasah kemampuan yang dimiliki. Asalkan Kawan berinisiatif, bersungguh-sungguh untuk mau mencapainya.

Jangan sampai Kawan hanya memendam bakat yang dimiliki. Kesempatan di luar sana begitu banyak dan terbuka lebar. Jangan lupakan juga beasiswa yang bertebaran bisa Kawan coba ikuti. Doakan Cantika dan atlet lainnya kembali sukses menyabet juara, ya, Kawan!

Referensi: Instagram @indihome | MSN |

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini